Menu

Cara Membayar Pajak Motor Online

Diperbarui: 13 November 2019 oleh MotoMobi

Guna mempermudah layanan masyarakat, kini pembayaran pajak motor bisa dilakukan secara online. Meskipun masih bisa diterapkan hanya beberapa daerah saja. Diantaranya wilayah Jabar, Jatim, DKI Jakarta, Jateng, serta Nanggroe Aceh Darussalam.

Membayar pajak motor secara online tentunya akan sangat praktis, akan tetapi tidak sedikit orang yang belum paham cara membayar pajak motor online yang tepat.

Padahal cara ini bisa dikatakan paling mudah dan praktis. Pengguna tidak perlu repot-repot mengantri berjam-jam di kantor samsat jika ingin membayar pajak motornya. Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah cara membayar pajak motor online.

Cara Membayar Pajak Motor Online

Cara Membayar Pajak Motor Online

Kapan dan Syarat Membayar Pajak Motor

Sebelum membahas tentang cara bayar pajak motor online, sebaiknya pahami dulu hal yang mendasar. Salah satunya tentang kapan seharusnya pemilik motor harus bayar pajak kendaraannya. Sekaligus apa saja syarat yang dibutuhkan, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kapan Harus Membayar Pajak Motor?

Perlu diketahui, pajak motor sebenarnya punya 2 jenis. Ada pajak yang harus dibayar setahun, serta lima tahun sekali. Sesuai aturan yang berlaku, pajak tahunan motor dibayar senilai 1,5% dari harga jual.

Nilai pajaknya juga berkurang tiap tahunnya yang disebabkan karena nilai jual motor yang mengalami penyusutan. Lain halnya dengan pajak motor yang dibayarkan setiap 5 tahun sekali.

Pajak motor ini, mengharuskan pemilik motor untuk mengganti plat sekaligus STNK motornya. Untuk pembayaran pajak motor 5 tahun sekali ini belum bisa dilayani secara online. Jadi kapan pemilik motor membayar pajak kendaraannya?

Tentunya setelah motor digunakan setahun, otomatis pemiliknya wajib membayar pajak sekaligus memperpanjang STNK. Hal ini harus dilakukan, karena jika tidak beberapa resiko akan diterima pemilik motor. Salah satunya motor dianggap illegal sehingga rawan terkena tilang polisi.

Maka usahakan untuk membayarnya tepat waktu.

2. Syarat Membayar Pajak Motor Online

Untuk melakukan pembayaran pajak motor online, tentu ada beberapa persyaratan khusus. Setidaknya persiapkan syarat-syarat tersebut sebaik mungkin. Jika semua persyaratan telah dipersiapkan maka proses pembayaran pajak motor online bisa lebih lancar dan mudah.

Berikut apa saja persyaratan pajak motor online yang wajib dipersiapkan

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK. Siapkan baik yang asli maupun yang fotocopy.
  • Kartu identitas diri, E-KTP yang asli dan masih berlaku. Penting diketahui nama yang tertera pada E-KTP harus sama dengan yang tercantum dalam STNK.
  • Dana atau uang yang disesuaikan dengan nominal pajak.

Persiapkan semua persyaratan tersebut, hingga lengkap. Ketika semuanya sudah lengkap, maka pembayaran pajak motor online siap dilakukan. Langkah-langkahnya akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Cara Membayar Pajak Motor Online

Cara membayar pajak motor online adalah melalui E-SAMSAT. E-Samsat ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh SAMSAT beberapa provinsi untuk mempermudah masyarakat membayar pajak motor secara online.

Meskipun saat ini layanan tersebut hanya bisa dilakukan di beberapa provinsi saja. Berikut langkah-langkah membayar pajak motor online via E-Samsat secara lengkap

1. Buka Situs E-Samsat

Pertama sekali buka situs e-samsat. Penting untuk diketahui, tiap provinsi, memiliki alamat situs yang berbeda-beda. Berikut situs alamat e-samsat sesuai provinsi masing-masing

Layanan ini tidak berlaku untuk pembayaran antar provinsi. Misalkan sedang tinggal di Surabaya tapi punya motor dengan plat Jakarta. Tentu tidak bisa melakukan pembayaran pajak di Surabaya.

2. Isi Data Kendaraan

Setelah situs terbuka, maka pengguna akan disuruh untuk mengisi beberapa data. Usahakan untuk mengisinya dengan benar dan hati-hati supaya tidak salah. Berikut apa saja data yang harus diisi

  • Kota, pilih kota sesuai dengan plat kendaraan. Jika misalnya plat motor malang, maka pilih kota malang.
  • Kantor samsat, tentu setiap kota punya beberapa kantor samsat. Sesuaikan dengan kantor samsat mana motor di awal pembelian dahulu diurus.
  • Nomor polisi, masukkan nomor plat motor.
  • Kode, masukkan kode captcha yang sebelumnya sudah muncul di kotak
  • Terakhir klik tab “cari”.

Jika semua data yang dimasukkan benar, pengguna akan diperlihatkan halaman baru. Isinya informasi kendaraan yang dimiliki pengguna, jumlah pajak yang harus dibayar, atau jumlah denda seandainya sudah lewat jatuh tempo pembayaran.

Bagian bawah akan muncul tab “apakah anda ingin melakukan pembayaran?”. Jika sudah yakin klik tab tersebut.

3. Memilih Kota Tempat Mengambil Nota Pajak Motor Online

Sebelum membayar melalui internet banking, ada tahapan lain pada cara membayar pajak motor online yaitu mengisi form lagi. Form tersebut nantinya akan berguna sebagai bukti pengambilan nota pajak. Diserahkan pada samsat sesuai tempat tinggal pengguna. Berikut data apa saja yang harus diisi pada form

  • Kota, pengguna cukup memasukkan nama kota sesuai dengan tempat dimana ingin mengambil nota pajak.
  • Kantor samsat , pilih saja kantor samsat yang berada di area paling dekat dengan tempat tinggal.
  • Nama bank, pilih nama bank yang akan digunakan sebagai media pembayaran
  • Layanan, pengguna tinggal pilih membayar via apa, misalnya klik saja internet banking
  • Kode bayar, klik tab kode bayar pada layar maka akan muncul tab “print”, lalu klik
  • Muncul informasi kode bayar, jumlah uang yang harus dibayarkan, lengkap dengan alamat samsat untuk mengambil nota pajaknya.

4. Melakukan Proses Pembayaran Pajak Motor Online

Lanjut dengan proses pembayaran pajak motor. Sesuaikan dengan nominal yang sudah ditentukan. Bisa melalui internet banking, ATM, maupun M-Banking tergantung selera. Berikut cara membayar pajak motor online melalui bank selengkapnya

  1. Buka menu Bayar, kemudian pilih multi payment.
  2. Setelah itu silahkan pilih kantor samsat yang disesuaikan dengan tempat tinggal pengguna.
  3. Pada kolom bawah akan muncul tab kode pembayaran, silahkan isi.
  4. Kode pembayaran tersebut didapatkan dari pendaftaran melalui e-samsat sebelumnya.
  5. Tinggal klik tab Lanjutkan. Maka otomatis proses pembayaran akan berjalan.
  6. Setelah itu akan muncul bukti transaksi yang menunjukkan pengguna telah melakukan pembayaran.
  7. Lakukan proses print out bukti-bukti pembayaran yang ada. Hasil print out itu nantinya berfungsi sebagai bukti sah.
  8. Pada tahap terakhir akan ditukarkan dengan nota pajak kendaraan motor yang baru.

Sebagai informasi, penukaran nota pajak kendaraan ini ada batas waktunya. Batas waktu yang ditetapkan adalah 7 hari setelah print out bukti pembayaran dilakukan.

Disarankan setelah melakukan print out bukti pembayaran, segeralah mengkonfirmasi ke kantor samsat yang sudah dipilih.

Hal ini untuk menghindari lupa sehingga harus melakukan proses pembayaran kembali.

5. Mengambil Nota Pajak Di Kantor Samsat

Langkah terakhir cara membayar pajak motor online adalah mengambil nota pajak. Pengguna bisa  mengambilnya di kantor samsat sesuai dengan yang sudah didaftarkan ketika proses awal pembayaran.

Ada beberapa hal yang harus dibawa ketika akan mengambil nota pajak di kantor samsat.

Diantaranya yaitu bukti transaksi pembayaran (print out), E-KTP, serta jangan lupa untuk membawa STNK asli. Ketika sampai di samsat yang dituju, serahkan semua hal tersebut pada petugas loket pembayaran. Setelah diperiksa petugas, nota pajak kendaraan akan langsung diberikan.

Cara membayar pajak motor online seperti ini sangat mudah, efektif dan cepat. Pengguna tidak perlu repot mengantri di kantor samsat yang sangat menghabiskan waktu.

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda ingin membayar pajak motor secara online. Pastikan tidak telat agar tidak mendapatkan denda dan pelanggaran lainnya. Semoga Bermanfaat~

Share This Post
Kategori:
Tips Otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *