Menu

Honda ADV 150

Diperbarui: 19 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Apabila dilihat dari sisi tampangnya, Honda ADV 150 ini memang tampak cukup menggiurkan dan menarik sekali untuk dimiliki.

Desainnya yang khas, layaknya motor tualang yang hadir dengan suspensi jenjang, ban dual purpose, dan ground clearance tinggi, motor tersebut pastinya pas banget diandalkan untuk bermanuver sehari-hari.

Gaya yang seperti ini tentu saja menjadi yang paling istimewa sebab belum pernah ada sebelumnya di skutik bongsor khusus kelas 150 cc.

Menariknya, motor Honda terbaru tersebut ternyata juga dibekali dengan fitur yang berlimpah.

Beberapa diantaranya ada panel instrumen digital berukuran besar, bagasi yang luas dan bisa muat helm full face, idling stop sistem (ISS), combi brake system (CBS), socket charger, adjustable windshield, dan tak ketinggalan pula ada anti loc braking system (ABS) yang akan memberikan jaminan keselamatan bagi penggunanya.

Review Honda ADV 150 Motor Skutik Terbaik

Honda kembali lagi meriliskan produk motor terbarunya di ajang tahunan pameran otomotif, GIIAS 2019.

Diberi nama Honda ADV 150, inilah skutik bongsor terbaik Honda yang diklaim akan hadir dengan beragam fitur.

Skutik tersebut hadir dengan gaya adventure, jadi diharapkan agar menjadi petarung hebat untuk kelas 150 cc yang saat ini mulai digemari oleh masyarakat Indonesia.

Honda ADV 150 diklaim menjadi motor skutik pertama di Indonesia berjenis adventure 150 cc.

Apabila berbicara mengenai desainnya, lekukan bodi motor skutik Honda tersebut memang dibuat lebih tajam sehingga tampak lebih futuristik dan modern.

Lalu di bagian depannya sendiri sudah terpasang lampu LED berdesain sporty yang bakal memberikan kesan agresif.

Pijakan kakinya yang dibuat lebih luas tentu semakin menambah kenyamanan pengguna saat menggunakan Honda ADV 150 ini bermanuver jarak jauh atau pun jarak dekat.

Kemudian untuk dimensinya sendiri, motor skutik tersebut memiliki dimensi 1.950 x 763 x 1.153 mm, dengan jarak sumbu roda 1.324 mm.

Honda ADV 150 memberikan beberapa pilihan warna, seperti tough matte brown, tough silver, tough matte black, tough RD, dan advance red.

Kabar baiknya, ternyata pada Honda ADV 150 Anda juga bisa menemukan fitur adjustable windscreen. Ini merupakan fitur terbaik yang biasanya digunakan pada motor besar.

Sengaja diaplikasikan pada Honda ADV 150 untuk memberikan fleksibilitas bagi para pengguna.

Posisi terendah tentu saja akan membuat visibilitas jadi lebih baik, sementara itu untuk posisi tertingginya sendiri akan memberi perlindungan penuh terhadap terpaan angin, sehingga pas banget untuk perjalanan jauh.

Dibekali pula dengan pilihan fitur ABS dan CBS dengan tiga piston kaliper sehingga membuatnya pengendara semakin merasa nyaman dan aman dalam bermanuver.

Fitur Honda ADV 150

Nah, pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai fitur yang dibawa Honda ADV 150.

Pada skutik bongsor terbaik tersebut memang ada beberapa fitur yang disematkan dengan tingkat kecanggihan yang mumpuni dan fungsional pastinya.

Seperti halnya teknologi rem handal berupa triple pot hydraulic dengan CBS dan ABS.

Hadirnya kedua fitur tersebut pada Honda ADV 150 tentu saja akan membuat motor skutik ini memiliki jaminan keamanan dan keselamatan bagi pengendaranya.

Tidak hanya itu, juga ada panel full digital yang turut disertakan untuk memberikan berbagai informasi kepada pengendara pada saat motor tersebut dikendarai.

Honda juga sudah menyematkan tapered handle bar yang bakal memudahkan pengendara dalam mengendalikan sistem kemudi. Ada pula boks konsol yang bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang.

Disertai pula dengan DC power charger sehingga Anda tak perlu khawatir lagi akan kehabisan daya smartphone saat di perjalanan.

Tidak sampai di situ saja, spesifikasi Honda ADV 150 ini juga menawarkan bagasi yang lebih luas, yakni 28 liter sehingga membuatnya sanggup untuk meletakkan satu buah helm full face.

Kelebihan Honda ADV 150

Salah satu kelebihan Honda ADV 150 yang membuat Anda harus memilikinya adalah adanya fitur unggulan yang disematkan Honda pada ADV 150 tersebut, yakni ESS atau emergency stop signal.

Skutik berbodi bongsor satu ini merupakan model ke-5 Honda yang sudah mengaplikasikan ESS.

Fitur tersebut pada dasarnya dimiliki oleh deretan motor besar Honda, pertama ada Honda Gold Wing, X ADV 750, CBR 150R, dan Frica Twin.

Meskipun demikian ternyata tidak semua varian Honda ADV 150 yang memiliki fitur ESS, hanya tipe ABS saja yang memiliki fitur ESS.

Karena memang yang demikian ada kaitannya dengan modulator, varian CBS ini tidak memiliki modulator pengereman seperti ABS.

Fitur ESS memang dibuat khusus untuk Honda ADV 150. Sebab untuk membuat ESS butuh modulator yang berbeda. Fitur ESS ini juga hanya ada pada Honda ADV 150 dan belum dimiliki Honda PCX 150.

ESS sendiri adalah fitur yang bisa menyalakan sinyal darurat pada saat pengendara melakukan panic brake atau pengereman secara mendadak.

Fitur ini nanti akan mengedipkan semua lampu sein secara cepat dan tepat pada saat mengerem mendadak.

Beda halnya dengan hazzard yang memiliki jeda sedikit lama bahkan kadang kalanya juga disertai dengan keluarnya bunyi.

Sementara itu pada ESS akan berkedip dengan sangat cepat dan memiliki jeda lebih sedikit tiap kedipannya.

Kekurangan Honda ADV 150

Apabila berbicara mengenai mesin, Honda ADV 150 ini ternyata masih menggunakan jantung mekanis mirip kepunyaan Honda PCX.

Menggunakan teknologi pendingin cairan, SOHC, dan Esp.

Ukuran bore X storke-nya pun ternyata masih tetap 57.3 x 57.9 mm. Lalu untuk rasionya sendiri juga sama dengan PCX, yakni 10.6 : 1.

Dengan mesin yang masih sama seperti PCX, performa yang ditawarkan Honda pada ADV 150 ini tentu saja tidak akan berbeda jauh.

Hanya saja memang skutik bongsor tersebut memiliki torsi puncak sedikit lebih besar dari PCX. Di atas kertas momen puntirnya mampu mencapai 13.2 Nm pada putaran 6.500 rpm dan tenaga maksimalnya 14.7 PS pada putaran 8.500 rpm.

Apabila dibandingkan dengan NMAX, performa Honda ADV 150 ini ternyata masih kalah telak.

Skutik tersebut mampu memuntahkan torsi puncak 14.4 Nm pada putaran 6.000 rpm dan tenaga maksimalnya 15.09 PS pada putaran 8.000 rpm.

Kekurangan ini tentu saja sangat terasa sekali pada saat pedal gasnya diputar.

Tarikan motor Honda terbaru ini memang sedikit lebih dari dari PCX, tetapi jika dibandingkan dengan NMAX ternyata kalah jauh.

NMAX tersebut tetap memiliki jambakan yang lebih istimewa.

Maklum saja, NMAX selain berkubikasi lebih besar hingga 155 cc, ditambah fitur VVA yang tidak dimiliki motor Honda ADV 150.

Hadir dengan mesin yang berbagi basis dengan Honda PCX, pontensi gredel pastinya ada pada Honda ADV 150.

Meskipun demikian, ternyata Honda mengklaim bahwasannya efek gredek sudah dihilangkan sepenuhnya.

Fitur Unggulan Honda ADV 150

Dijuluki sebagai si raja motor matik jalanan, Honda ADV menyimpan segudang fitur terbaik di dalamnya.

Fitur tersebut tentunya merupakan inovasi dan fitur yang sudah ada. Penasaran dengan fitur terbaru yang ada di Honda ADV 150 ?

Berikut ulasan lengkap seputar fiturnya.

1. Adjustable Windscreen

Wind screen memiliki 2 tingkat ketinggian dan dapat diatur ketinggiannya dengan mudah tanpa perlu membuka baut.

Pelindung angin ini sangat membantu anda yang ingin menikmati perjalanan tanpa harus terkena terjangan angin dari depan.

Tentunya fitur ini sangat membantu anda akan hal tersebut.

Adjustable Windscreen

Adjustable Windscreen

2. Twin Subtank Rear Suspension

Suspensi belakang dilengkapi dengan dua tabung untuk mendapatkan performa rebound suspensi lebih baik dan nyaman.

Honda ADV 150 menjadi motor matik pertama yang memiliki fitur terbaik ini.

Hadirnya Twin Subtank Rear Suspension memberikan kenyamanan anda dalam berkendara di berbagai zona dan jalanan.

Twin Subtank Rear Suspension

Twin Subtank Rear Suspension

3. Full Digital Panel Meter

Panelmeter digital yang memberikan kesan futuristik dan berbagai informasi seperti speedometer, fuelmeter, average fuel consumption, instant fuel consumption, odometer, tripmeter, date, time, battery indicator, outdoor temperature indicator dan oil change indicator.

Penggunaan layar digital pada panel meter sangat membantu pengendara saat ingin mengetahui informasi terkait motor mereka.

Full Digital Panel Meter Honda ADV

Full Digital Panel Meter Honda ADV

4. Wide Tire with Semi Dual Purpose Pattern

Hadir dengan ban lebar berukuran 110/80-14 (F) – 130/70-13 (R) dengan semi dual purpose pattern untuk melewati berbagai kondisi jalan.

Pemilihan ban yang tepat memberikan kenyamanan saat berkendara.

Selain itu, ban merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Sebab salah satu faktor keselamatan terletak di bagian ban depan dan belakang.

Wide Tire with Semi Dual Purpose Pattern

Wide Tire with Semi Dual Purpose Pattern

5. Front and Rear Wavy Disc Brake

Sistem pengereman dengan wavy disc brake pada bagian depan dan belakang untuk memberikan kemampuan pengereman lebih baik dan memberikan kesan agresif pada sepeda motor.

Front and Rear Wavy Disc Brake

Front and Rear Wavy Disc Brake

6. Power Charger in Console Box

Console box untuk menaruh barang dilengkapi dengan DC Power Charger agar selalu terkoneksi saat di perjalanan.

Tidak perlu takut dan khawatir baterai kosong ketika sedang berada di dalam perjalanan.

Power Charger in Console Box Honda ADV

Power Charger in Console Box Honda ADV

7. Honda Smart Key System

Sistem pengoperasian dengan Smart Key untuk meningkatkan keamanan sepeda motor dan memberikan kesan high class pada pemiliknya.

Sebuah sistem keamanan yang sudah diimplementasikan ke dalam bentuk kunci yang canggih.

Honda Smart Key System

Honda Smart Key System

8. LED Headlight with DRL

Sistem pencahayaan Full LED pada headlight, taillight, dan lampu sein untuk kemampuan penerangan lebih baik dan tahan lama.

Tidak tanggung-tanggung, sistem penerangan LED disertai di berbagai sisi. Tak perlu takut dan khawatir ketika berada di tempat yang sepi dan gelap.

LED Headlight with DRL

LED Headlight with DRL

9. LED Tailight with ESS

LED Taillight dengan pattern ESS untuk memberikan kesan tangguh dan futuristik.

Dilengkapi dengan Emergency Stop Signal (ESS) untuk keadaan darurat saat pengereman mendadak di kecepatan tinggi.

Fitur ESS hanya tersedia pada tipe ABS.

LED Tailight with ESS

LED Tailight with ESS

10. 28 Liter Large Utility Box with Seat Stopper

Bagasi lebar dengan kapasitas 28 Liter yang dapat digunakan untuk memasukkan helm dan barang-barang lainnya.

Guna mendukung aktivitas sehari-hari ataupun hobi anda.

28 Liter Large Utility Box with Seat Stopper

28 Liter Large Utility Box with Seat Stopper

11. Tapered Handle Bar

Memberikan kesan sporti dan kenyamanan dalam berkendara di perkotaan atau jarak jauh.

Tapered Handle Bar

Tapered Handle Bar

 

Spesifikasi Honda ADV 150

Bicara soal spesifikasi, motor matik terbaik di dunia ini punya informasi yang menarik untuk anda.

Mesin
Tipe Mesin4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
Sistem Suplai Bahan BakarPGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah57,3 x 57,9 mm
Tipe TranmisiOtomatis, V-Matic
Rasio Kompresi10,6 : 1
Daya Maksimum10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
Tipe StarterElektrik
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
Frame
Tipe RangkaDouble Cradle
Tipe Suspensi DepanTelescopic
Tipe Suspensi BelakangTwin Subtank Rear Suspension
Ukuran Ban Depan110/80 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang130/70 – 13 M/C Tubeless
Rem DepanHydraulic Disc
Rem BelakangHydraulic Disc
Sistem PengeremanTriple Pot Hydraulic, CBS ( untuk tipe CBS ), Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS)
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk795 mm
Jarak Sumbu Roda1.324 mm
Jarak Terendah Ke Tanah165 mm
Curb Weight132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe ABS – ISS )
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar8 L
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 L ( Penggantian Periodik )
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau AkiMF 12 V – 5 Ah
Sistem PengapianFull Transisterized
Tipe BusiNGK MR8K-9

Pilihan Warna Honda ADV 150

Sama seperti tipe motor matik Honda lainnya, Honda ADV 150 hadir dengan banyak varian warna.

Adapun varian warna tersebut adalah sebagai berikut ini.

1. Advance Red ABS Type

Varian warna Advance Red hadir dengan kombinasi warna hitam dan merah.

Warna merah khusus untuk bagian body depan, sedangkan warna hitam hadir untuk body bagian belakang.

Memberikan kesan mewah dan ekslusif bagi anda yang menggunakannya.

Advance Red ABS Type

Advance Red ABS Type

2. Tough Matte Brown CBS Type

Varian warna selanjutnya Tough Matte Brown. Varian warna yang satu ini hanya tersedia untuk tipe CBS.

Tough Matte Brown menggunakan kombinasi warna cokelat dan hitam.

Balutan dua warna tersebut memberikan kesan elegan dan ekslusif bagi anda yang memilih varian yang satu ini.

Tough Matte Brown CBS Type

Tough Matte Brown CBS Type

3. Tough Matte Black CBS Type

Varian warna ini hampir sama dengan varian warna yang sebelumnya.

Perbedaan terletak di warna dasarnya saja. Tough Matte Black menggunakan hitam sebagai warna dominannya.

Dengan kombinasi striping berwarna silver memberikan kesan anggun untuk varian warna motor yang satu ini.

Tough Matte Black CBS Type

Tough Matte Black CBS Type

4. Tough Red CBS Type

Tough Red adalah varian warna yang menggunakan warna merah sebagai basic colornya.

Kombinasi yang cantik dengan dengan warna silver dan hitam menjadikan motor yang satu ini menjadi motor idaman para wanita.

Tough Matte Red CBS Type

Tough Matte Red CBS Type

5. Tough Silver CBS Type

Bagi anda yang ingin terlihat lebih simpel dan elegan, varian warna yang satu ini tentu sangat cocok dijadikan pilihan.

Tough Silver varian warna yang didominasi dengan warna silver hampir diseluruh bodi motor tersebut.

Ada beberapa aksen tambahan hitam yang memberikan nilai lebih sporti dan elegan.

Tough Silver CBS Type

Tough Silver CBS Type

6. Advance Red ABS Type

Varian warna terakhir yang telah resmi diluncurkan oleh honda adalah advance red. Varian ini hanya tersedia untuk tipe ABS.

Dibalut dengan warna merah dengan aksen silver menjadikan motor ini lebih anggun dan menggoda.

Tak heran varian warna yang satu ini menjadi varian yang laris di pasaran.

Tough Matte Red CBS Type

Tough Matte Red CBS Type

 

Harga Honda ADV 150 Terbaru

Bicara soal harga, Motor Matik Terbaik besutan honda ini ternyata memiliki harga yang cukup lumayan loh. Berikut adalah harga resmi Honda ADV Terbaru di Indonesia.

TipeHarga
ADV 150 – CBS BaruRp. 33.500.000
ADV 150 – CBS BekasBelum Tersedia
ADV 150 – ABS BaruRp. 36.500.000
ADV 150 – ABS BekasBelum Tersedia
Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan kita seputar Honda ADV, nantikan artikel otomatotif menarik lainnya hanya di Motomobi.id ya

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *