Menu

Honda CB150 Verza

Diperbarui: 15 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Hadirnya Honda CB150 Verza dengan membawa sederetan kelebihan seakan menjawab teka-teki yang sempat muncul. Pasalnya, Honda menciptakan motor terbarunya ini sebagai versi pembaharuan dari motor sport andalannya.

Honda CB150 diyakini akan hadir dengan sejumlah improvisasi yang diyakini akan mampu memikat para penggemar motor sport di Indonesia.

Meskipun demikian, Honda tetap tidak merubah desain CB150 tersebut secara menyeluruh, pembaharuan Honda CB150 ini akan terlihat pada sektor body yang terbukti mampu mendongkrak tampilan motor tersebut semakin gahar.

Tetapi pastinya juga masih ada banyak lagi penyegaran dan pembaharuan yang dilakukan Honda pada CB150. Penasaran, seperti apa saja penyegarannya? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Review Honda CB150 Verza Terbaru, Cocok untuk Penggemar Motor Sport di Indonesia

Apabila membahas mengenai spesifikasi Honda CB150, maka Anda akan menemukan banyak sekali penyegaran dan pembaharuan yang tentu saja akan semakin membuat Anda ingin segera memilikinya.

Honda CB150 tersebut adalah salah satu motor sport Honda terbaik dengan penjualan terbanyak di Indonesia.

Meksipun bukan termasuk produk motor Honda terbaru, karena memang sudah diriliskan secara resmi pada tahun 2012 lalu. Motor ini alami berbagai perubahan hingga akhirnya menjadi salah satu motor unggulan Honda.

Jika dilihat dari segi desain, Honda CB150 dibuat penuh garis-garis yang tajam hingga membuat penampilannya lebih agresif. Lalu untuk sisi gagahnya sendiri hadir lewat penggunaan rangka teralis. Ini adalah salah satu pembeda dari kompetitornya, yakni Yamaha V-Ixion, Suzuki GSX-S150, dan Yamaha Xabre.

Rangka teralis tersebut bahkan diklaim tidak hanya sekadar memperindah dan mempercantik penampilan, tetapi juga bisa membuat pengendara lebih stabil saat menggunakannya bermanuver di berbagai medan.

Kemudian untuk sistem pencahayaannya sendiri ternyata masih sama seperti pada Honda CBR150R, yakni dilengkapi dengan lampu LED, baik di bagian depan maupun belakang, dan lampu sein.

Kelebihan dari penggunaan jenis lampu ini adalah bisa membuat sistem kelistrikan motor jadi lebih stabil. Honda CB150 dibekali dengan mesin berkapasitas 150 cc yang diklaim sebagai pengembang mesin motor Honda yang berlaga pada MotoGP.

Mesin yang tersemat di dalamnya akan mampu hasilkan torsi pada puncak 13.8 Nm di putaran 7.000 rpm, dan dengan tenaga maksimum 16.6 Hp pada putaran 9.000 rpm.

Mesin satu Silinder yang berpendingin cairan pada Honda CB150 tersebut bahkan dikombinasikan pula dengan sistem transmisi manual pada enam percepatan.

Apabila Anda tertarik untuk memiliki motor Honda terbaik yang berdimensi 2.019 x 719 x 1.039 mm dan berjarak sumbu roda 1.293 mm dengan bobot 136 kg tersebut, maka Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp 25 juta rupiah.

Fitur Unggulan Honda CB150 Verza

Kehadiran Honda CB150 ini memng menjadi terobosan besar yang dilakukan oleh perusahaan AHM (Astra Honda Motor).

1. Modern Round Head Lamp

Desain lampu bulat yang modern dilengkapi multireflector, menghasilkan pencahayaan yang maksimal dan menjadikan kamu lebih berkarakter

Modern Round Head Lamp Honda CB150 Verza

Modern Round Head Lamp

2. Secure Key Shutter

Tidak hanya itu saja, Honda CB150 juga sudah dilengkapi dengan fitur unggulan lainnya, seperti sistem pengalaman kunci yang bermagnet atau Magnetic Key Shutter, sehingga membuat motor Honda ini tampil lebih modern dan keren sekaligus praktis serta efektif sekali dalam mengurangi resiko pencurian motor.

Sistem kunci dengan cover bermagnet dengan cover penutup yang kuat untuk mengurangi resiko pencurian

Secure Key Shutter

Secure Key Shutter

3. Full Digital Panelmeter

Panelmeter full digital dengan desain yang modern, tampil lebih informatif dan fungsional.

Hadir dengan panel meter yang berlatarkan grafik berwarna putih yang membuatnya terlihat semakin sporti. Honda CB150 juga mendapat dukungan Panel Digital Futuristik.

Panel Digital Futuristik ini akan menampilkan informasi yang cukup lengkap, seperti Trip Meter, Speedometer, Odometer, Cloc, dan Fuel Meter dalam satu tampilan layar.

Full Digital Panelmeter disematkan ke dalam Honda CB150 Verza

Full Digital Panelmeter

4. Adjustable Dual Rear Suspension

Suspensi ganda yang dapat diatur tingkat kelembutannya agak lebih nyaman meredam setiap guncangan

Adjustable Dual Rear Suspension

Adjustable Dual Rear Suspension

5. New Tough Fuel Cap

Tampil lebih tangguh dengan desain tutup tangki terbaru yang aman dan fungsional.

Bagaimana tidak, produk motor terbarunya tersebut secara langsung memiliki ciri khas pada bagian depannya sebagai motor naked sport terbaik di tahun ini.

Ciri khas yang paling menonjol pada Honda CB150 adalah motor ini di desain dengan menggunakan rangka yang inovatif bertipe Truss atau Trellis.

Rangka tersebut terbilang cukup ringan tetapi tetap memiliki kekuatan yang tinggi.

Rangka yang tersemat pada Honda CB150 ini dibuat khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link.

Bahkan juga berguna untuk mengurangi getaran mesin secara optimal.

Efek positifnya adalah mampu hasilkan kestabilan, kelincahan, dan juga kenyamanan selama berkendara, baik dalam kota atau pun luar kota.

New Tough Fuel Cap

New Tough Fuel Cap

6. New Sporty Muffler

Desain cover muffler terbaru berwarna hitam, tampil semakin macho dan keren.

Salah satu hal menarik dari Honda CB150 ini adalah motor tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang tidak jauh berbeda dengan punyanya Honda CBR150R, yakni sistem suspensi belakang Pro-Link.

Fitur tersebut nanti akan dapat menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan. Lalu untuk kendalikan kecepatan, model ini ternyata sudah dilengkapi dengan rem cakram ganda.

Rem yang dibawanya tersebut akan mampu menghasilkan tenaga pengereman lebih maksimal di segala kondisi jalan.

Honda bahkan sudah melengkapinya dengan vleg racing palang enam pola bintang berukuran 17 inch dan punya penampang palang berbentuk ‘U’. Velg racing pada Honda CB150 tersebut bahkan sudah dibalut dengan ban tipe tubeless.

New Sporty Muffler

New Sporty Muffler

7. More Tough Efficient 150cc PGM-FI

Mesin 150cc yang lebih tangguh & responsif berstandar emisi Euro-3 lebih irit bahan bakar, ramah lingkungan dan hemat biaya perawatan

More Tough Efficient cc PGM FI

More Tough Efficient cc PGM FI

8. New Muscular Shroud

Tampil dengan desain Shroud baru yang lebih keren dan maskulin, menyempurnakan ketangguhan dan lebih percaya diri

New Muscular Shroud

New Muscular Shroud

Kelebihan dan Kekurangan Honda CB150 Verza

Tidak hanya unggul dari sektor desainnya saja, bagian setang Honda CB150 ini juga mendapat sentuhan yang tidak kalah menariknya.

Honda telah membuat setang CB150 tersebut menjadi lebih lebar, yakni 20 mm dari sebelumnya. Lalu untuk jangkauannya sendiri dipangkas menjadi 20 mm lebih pendek.

Selain hal tersebut, tinggi setang yang dibawnya dibuat lebih rendah hingga 7 mm.

Dengan kelebihan Honda CB150 tersebut maka pengendara akan lebih nyaman lagi saat menggunakannya sehari-hari.

Kelebihan lain Honda CB150 adalah sudah ditambahkannya tombol Passing yang tidak akan Anda temukan di generasi sebelumnya.

Fitur Passing yang tersemat pada Honda CB150 ini akan memungkinkan pengendara bisa memberikan sinyal pada saat ingin menyalip kendaraan yang ada di depannya.

Sektor pengereman Honda CB150 juga menjadi perhatian. Kini Honda telah membekali sport terbarunya tersebut dengan piringan cakram model wave.

Tidak hanya terlihat lebih menarik, keuntungan dari penggunaan piringan cakram model wave ini adalah pelepasan panas akan jadi lebih cepat dibandingkan piringan cakram standar.

Dengan begitu Anda pun akan jadi semakin percaya diri di jalanan.

Dari berbagai kelebihan yang ditawarkan, salah satu kekurangan Honda CB150 yang sangat disayangkan sekali adalah belum disematkannya teknologi Enggine Cut Off.

Ini merupakan jenis teknologi yang diklaim menjadi kesempurnan berkendara pada sebuah motor yang tidak bisa tertandingi oleh kompetitornya.

Selain itu, Honda CB150 ternyata juga masih belum dilengkapi dengan fitur Under Cowl sehingga membuat bagian mesinnya sangat terbuka.

Pastinya cukup awan sekali ketika terjadi benturan. Apabila Honda menyematkan fitur Under Cowl, maka permukaan mesinnya akan lebih bersih karena setiap kotoran yang menempel akan terhalangi.

Lalu dari segi harga, Honda CB150 ditawarkan sekitar Rp 26 juta rupiah.

Banderolan tersebut dianggap terlalu mahal untuk kelas motor sport 150 cc.

Karena rata-rata harga motor sport 150 cc yang dijual di pasaran dalam negeri ditawarkan dibawah Rp 25 juta rupiah.

Spesifikasi Honda CB150 Verza

Bicara soal spesifikasi, tentu ada beberapa hal penting dan berbeda yang di sematkan ke dalam Honda CB150 Verza. Yuk simak informasi spesifikasi lengkapnya sekarang juga.

Mesin
Tipe Mesin4 langkah, SOHC, Satu Silinder
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah57,3 x 57,8 mm
Tipe Tranmisi5 Tingkat Kecepatan
Rasio Kompresi9,5:1
Daya Maksimum9,59kW (13,04 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum12,73 Nm (1,30 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe StarterPedal dan Elektrik
Sistem Pendingin MesinPendingin Udara
Pola Perpindahan Gigi1-N-2-3-4-5
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe RangkaDiamond Steel
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangAdjustable Dual Rear Suspension
Ukuran Ban Depan80/100 – 17 M/C 46P (CW: Tubeless dan SW: with Tube)
Ukuran Ban Belakang100/90 – 17 M/C 55P (CW: Tubeless dan SW: with Tube)
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Ganda
Rem BelakangTromol
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi2.056 x 742 x 1.054 mm
Tinggi Tempat Duduk773 mm
Jarak Sumbu Roda1.318 mm
Jarak Terendah Ke Tanah156 mm
Curb Weight129 kg (Cast Wheel), dan 128 kg (Spoke Wheel)
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar12,2 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas1,0 Liter (Penggantian Periodik)
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau AkiMF Wet 12V 3.5Ah
Sistem PengapianFull Transisterized
Tipe BusiNGK CPR9EA-9

Warna Honda CB150 Verza

Urusan warna, honda telah menghadirkan 3 varian warna terbaru untuk motor sport CB150 ini. Adapun varian warna yang bisa dimiliki adalah sebagai berikut.

1. Macho Matte Black (CW)

Macho Matte Black merupakan varian warna pertama yang dirilis oleh pihak Honda untuk motor CB150 Verza ini.

Motor dengan varian warna ini di dominasi dengan warna hitam dengan aksen stiker berwarna merah.

Motor ini telah menggunakan Casting Wheel sebagai bentuk bannya dengan tetap menggunakan warna hitam di bagian velg nya.

Bagi anda yang ingin terlihat macho, pilihan warna yang satu ini adalah yang tepat.

Warna Honda CB150 Verza Terbaik - Macho Matte Black CW

Macho Matte Black CW

2. Bold Red (CW)

Varian warna selanjutnya bernama Bold Red, dari namanya kita tahu bahwa motor ini menggunakan kombinasi warna merah dan hitam di bagian depan dan belakangnya.

Perpaduan warna ini menghasilkan sesuatu yang elegan dan maskulin.

Guna menambah kejantanan motor ini, honda menyematkan velg berjenis Casting Wheel (CW).

Bold Red CW

Bold Red CW

3. Masculine Black (CW)

Masculine Black adalah varian warna motor Honda CB150 Verza selanjutnya dengan konsep warna dan gaya yang mirip dengan Macho Matte Black.

Salah satu pembeda hanya dari bahan dan jenis cat yang dihasilkan.

Jika Macho Matte Black menggunakan jenis warna matte, sedangkan varian yang satu ini lebih mengarah ke warna glossy.

Masculine Black CW

Masculine Black CW

4. Masculine Black (SW)

Varian warna yang ini sebenarnya sama saja dengan yang sebelumnya, perbedaannya hanya terletak di bagian velg.

Untuk varian masculine black, ada dua jenis velg ban yang tersedia di pasaran yaitu : Casting Wheel (CW) dan Spoke Wheel (SW).

Spoke Wheel adalah jenis velg ban yang menggunakan jari-jari.

Untuk urusan warna, komposisi, dan aksen tidak ada bedanya dengan seri casting wheel.

Masculine Black SW

Masculine Black SW

 

Harga Honda CB150 Verza Terbaru

Bicara soal harga, motor sport yang satu ini memiliki harga tersendiri loh. Berikut adalah harga resmi Honda CB150 Verza Terbaru di Indonesia.

TipeHarga
CB150 Verza Spoke BaruRp. 19.938.000
CB150 Verza Spoke BekasBelum Tersedia
CB150 Verza CW BaruRp. 20.589.000
CB150 Verza CW BekasBelum Tersedia
Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar Motor Honda CB150 Verza, nantikan artikel menarik lain seputar otomotif hanya di Motomobi.id

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *