Menu

Honda CBR150R

Diperbarui: 13 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Honda CBR150R adalah motor terbaru Honda yang dikabarkan akan hadir dengan sejumlah pembaharuan. Salah satu yang membuatnya istimewa dan menarik sekali untuk dimiliki adalah karena adanya fitur keselamatan Anti Lock Braking System (ABS).

Lalu soal desain, Honda ternyata telah mendesainnya lebih agresif.

Tak heran jika pada akhirnya motor sport terbaik ini menjadi pionir penggunaan ABS di kelasnya. Karena kompetitornya seperti Suzuki GSX-R150 dan Yamaha R15 ternyata masih belum membawa fitur ABS.

Sebenarnya, fungsi dari fitur ABS ini tidak lain untuk mencegah roda terkunci otomatis ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak.

Apabila roda tidak terkunci, maka pengendara masih bisa kendalikan arah laju motor dengan baik. Sehingga yang demikian diharap agar mampu menghindari terjadinya kecelakaan di depan.

Honda CBR150R Terbaru

Honda CBR150R Terbaru

Review Honda CBR150R Terbaru Hadir dengan Desain Agresif

Ada kabar baik nih buat Anda para pecinta motor Honda, untuk produk terbarunya ini Honda hadirkan grafis terbaru ke CBR150R. karakternya kini jadi lebih agresif dan berdesain garis cukup tajam.

Tujuan dari hal tersebut tidak lain untuk kuatkan konsep total control yang dibawanya. Setidaknya akan ada 3 opsi kelir, yakni Matte Black, Hond Racing Red, dan Victory Black Red.

Honda CBR150R Matte Black memiliki grafis dngan warna oranye yang menempel di bagian sayap-sayapnya hingga tangki.

Warna tersebut memang sengaja digunakan untuk menciptakan tampilan kuda besi semakin mentereng. Lalu untuk Victory Black Red sendiri akan tetap mengkombinasikan antara warna merah dengan hitam, hanya saja kini warna merahnya tersebut melebar hingga ke tangki bensin.

Ada kaitannya dengan spesifikasi Honda CBR150R, ternyata tidak ada yang berubah.

Motor Honda tersebut masih tetap mengandalkan mesin 150 cc, satu buah Silinder berteknologi DOHC dan pendingin cairan.

Kemudian untuk jantung mekanisnya ternyata mampu mengeluarkan torsi maksimum 14.4 Nm pada putaran 7.000 rpm dan dengan tenaga maksimum 16.8 Hp pada putaran 9.000 rpm.

Tentu saja yang demikian membuat motor sport ini semakin mampu dalam menghemat konsumsi bahan bakar hingga 39.72 Kpl.

Lalu untuk ukuran roda tetapnya adalah 100/80-17 inch di depan dan 130/70-17 inch di belakang.

Karet bundar yang turut disematkan Honda pada CBR150R sudah menggunakan teknologi tubeless. Jadi lebih praktis ketika harus melakukan penggantian karena bocor.

Namun demikian, suspensi depan pada motor Honda terbaru ini masih andalkan Teleskopik dan untuk bagian belakangnya sendiri mengandalkan Monoshock dengan sistem Pro-Link.

Kedua suspensi tersebut bisa diatur tingkat kekerasan bantingannya sesuai dengan preferensi para pengendara.

Fitur Unggulan Honda CBR150R

Honda CBR150R yang digadang-gadangkan menjadi salah satu motor sport dengan desain terbaik yang menyerupai Moto GP ini ternyata memiliki banyak fitur andalan.

Penasaran dengan fitur unggulan dari Honda ini ? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. New Visor and Front Cover

Salah satu bagian paling mengagumkan dari Motor ini adalah di bagian Depan. Honda CBR150R menggunakan New visor yang dilengkapi dengan cover dibagian depannya.

Rasakan sensasi motor racing sesungguhnya dengan desain visor dan front cover baru yang lebih sporty

New Visor and Front Cover

New Visor and Front Cover

2. New Panel Meter Color

Fitur lama yang juga ada pada Honda CBR150R adalah Panel Instrumen Digital dan sistem pencahayaan LED.

Guna fitur Panel Instrument Digital ini nanti akan memberikan informasi yang komprehensif kepada pengendara. Selain itu juga membuat penampilan Honda CBR150R semakin modern dan keren.

Fungsi LED sendiri adalah bisa menghemat daya listrik dan membuat visibilitas berkendara jadi lebih baik lagi khususnya saat malam hari.

Salah satu bagian terpenting dari motor adalah Panel Meter.

Honda CBR150R hadir dengan tampilan terbaru dengan menggunakan panel indikator full digital yang lebih sporty dan mewah dilengkapi dengan berbagai informasi yang di butuhkan oleh pengendara.

New Panel Meter Color di Honda CBR150R

New Panel Meter Color

3. New Wavy Disc Brake

Lalu mengenai pengeremannya sendiri, rem cakram memang sudah disematkan pada kedua roda Honda CBR150R.

Pembaharuannya adalah dari sisi desain yang kini dibuat lebih bergelombang. Honda percaya bahwa tampilannya tersebut akan terlihat semakin sportif dibandingkan sebelumnya.

Desain cakram dan velg baru menambah image racing yang lebih keren dan sporty. Tak hanya desain yang bagus, ternyata ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.

 

New Wavy Disc Brake

New Wavy Disc Brake

4. New Adjustable Front & Rear Suspension

Suspensi bagian depan dan belakang yang bisa diatur sesuai dengan kenyamanan pengendara menjadikan Honda CBR150R sebagai salah satu motor sport yang nyaman digunakan di berbagai kondisi jalanan.

Pengguna dapat dengan mudah mengatur suspensi sesuai dengan tingkat kenyamanan mereka masing-masing.

New Adjustable Front Rear Suspension

New Adjustable Front Rear Suspension

5. DOHC 6- Speed Engine

Memberikan performa yang lebih bertenaga dengan akselerasi yang responsif namun tetap efisien dengan teknologi PGM-FI untuk sensasi berkendara yang lebih menyenangkan.

DOHC Speed Engine

DOHC Speed Engine

6. New Anti Lock Braking System And New Emergency Stop Signal

Melesat lebih bebas dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) sehingga memberikan pengereman yang lebih stabil untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak atau kondisi jalan licin. Dan Juga fitur baru Emergency Stop Signal yang memberikan sinyal lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak untuk memberikan peringatan kepada kendara lain.

Tidak hanya unggul karena memiliki fitur ABS untuk memberikan keselamatan penuh kepada pengendara, Honda CBR150R ini juga sudah disematkan fitur ESS atau Emergency Stop Signal.

Dengan menggunakan fitur tersebut maka motor Honda ini akan mampu mengaktifkan lampu Hazard pada saat rem dioperasikan mendadak.

Tujuan dari disematkan fitur ESS tidak alin untuk memberi peringatan kepada pengendara lain di bagian belakang agar menghindari tabrakan.

New Anti Lock Braking System And New Emergency Stop Signal

New Anti Lock Braking System And New Emergency Stop Signal

7. All LED Lighting System

Desain lampu depan yang tajam dilengkapi tren terbaru LED yang paling unggul di kelasnya

All LED Lighting System

All LED Lighting System

8. Innovative Truss Frame

Desain rangka teralis dengan penyangga mesin dari bahan alumunium dirancang untuk menunjang mesin dan menghasilkan keseimbangan antara kekuatan dan kelenturan.

Innovative Truss Frame

Innovative Truss Frame

Kemudian untuk desain peleknya sendiri ternyata tidak lagi dibuat miring-miring.

Honda memilih bentuk ‘Y’ lurus. Jika dilihat sekilas memang mirip tampilan pelek Suzuki GSX-R150.

Pembaharuan tampilan Honda CBR150R adalah upaya yang pastinya akan terus tingkatkan untuk memberikan nilai plus bagi para pecinta motor sport Full Fairing.

Dimana para konsumennya menginginkan sebuah motor yang sportif, kaya fitur modern, berperforma tinggi, dan mampu memberikan kegembiraan pada pengendara serta kemudahan saat mengendalikan motor dengan kecepatan maupun kelincahan di berbagai jalanan.

Kelebihan dan Kekurangan Honda CBR150R

Honda CBR150R tidak hanya nurut dan lincah pada saat ada di sirkuit, di jalan raya pun juga asyik.

Motor dengan bobot 135 kg tersebut terasa mudah diarahkan. Belum lagi dimensinya lebih ramping dan memiliki radius belok setang yang lebar sehingga memudahkan pengendara saat selap-selip.

Selain itu, motor Honda terbaik ini juga akan mampu menikung kencang dengan sangat stabil, semua itu tentu saja berkat rancangan sasis diamond teralis yang dipadukan dengan suspensi prolink dan ban lebar.

Tapi kekurangan Honda CBR150R ini adalah kalau pengendara jalan sendirian akan kurang nyaman pada saat melibas speed trap suspensi belakang yang terasa agak keras.

Mesin baru yang dirancang adalah Bore X Stroke Square berdimensi 57.3 x 57.8 mm.

Karakternya memang lebih enak digunakan harian dibandingkan Honda CBR150R lama yang overbore.

Semenjak 4.000 rpm sudah terbilang nendang banget, sehingga buka gas sedikit pun akan mampu mendapatkan dorongan yang kuat.

Semakin digeber, maka putaran mesin Honda CBR150R dengan Throttle Body 30 mm ini akan cepat melesat hingga 9.500 rpm.

Tepat setelah Peak Power 14.77 dk pada putaran 9.200 rpm.

Sangat disayang sekali, sistem transmisi manual enam percepatan Honda CBR150R ternyata masih belum dilengkapi dengan fitur sama sekali.

Perbedaan Honda CBR150R vs CB150R

Perbedaan antara Honda CBR150R dengan CB150R terlihat cukup jelas dari segi harga, yang mana untuk Honda CB150R ini dibanderol dengan harga berkisar Rp 27-28 juta Rupiah.

Sementara itu untuk Honda CBR150R sendiri dihargai sekitar Rp 34 – 39 juta rupiah.

Secara spesifkasi, Honda CB150R memiliki mesin 149.1 cc, lalu untuk Honda CBR150R memiliki mesin berkapasitas 149.16 cc.

Pada motor Honda CBR150R sudah disematkan rem cakram bergelombang atau yang juga disebut dengan Wave Disc, baik itu pada roda depan maupun belakang.

Demikian bisa membuat motor Honda ini terlihat semakin sporty.

Selain itu, dengan model cakram yang seperti ini maka akan membuatnya mampu melepaskan panas lebih cepat dibandingkan cakram pada Honda CB150R yang belum mengadopsi cakram bergelombang.

Selain itu, pada Honda CB150R sudah dibekali dengan material aluminium yang bisa dilepas pasang dengan mudah, sementara itu pada Honda CBR150R masih mengandalkan Footstep Pipa material besi yang dilas dengan rangka.

Body bagian belakang Honda CB150R memiliki lubang untuk aliran udara, lalu pada Honda CBR150R tidak ada. Jika dibandingkan dengan Honda CBR150R,CB150R ternyata memiliki stang yang lebih rendah dan kurang lebar.

Makanya, Honda telah menyempurnakannya dengan memberikan stang kemudi yang lebih tinggi dan lebar pada Honda CBR150R. Dengan begitu pengendara akan dibuat semakin nyaman saat berkendara.

Spesifikasi Honda CBR150R

Spesifikasi lengkap motor honda CBR150R adalah sebagai berikut.

Mesin
Tipe Mesin4-Langkah, DOHC – 4 Katup
Kapasitas Mesin149,16 cc
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Diameter X Langkah57,3 x 57,8 mm
Tipe TranmisiManual, 6 kecepatan
Rasio Kompresi11,3 : 1
Daya Maksimum12,6 kW (17,1 PS / 9.000 rpm )
Torsi Maksimum14,4 Nm (1.47 kgf.m / 7.000 rpm )
Tipe StarterElektric Starter
Tipe KoplingWet
Sistem Pendingin Mesin
Tipe RangkaDiamond (Truss) Frame
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link)
Ukuran Ban Depan100/80 – 17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang130/70 – 17 62P(Tubeless)
Rem DepanCakram Hidrolik
Rem BelakangCakram Hidrolik
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1.983 x 694 x 1.038 mm
Tinggi Tempat Duduk787 mm
Jarak Sumbu Roda1.311 mm
Jarak Terendah Ke Tanah166 mm
Curb Weight135 kg
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar12 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas1,1 Liter
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau AkiMF Wet 12V 5Ah
Sistem PengapianFull Transisterized
Tipe BusiNGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Warna Honda CBR150R

Honda resmi merilis empat varian terbaru Motor Honda CBR150R yang digadang-gadangkan menjadi motor sport terbaik dengan desain sporty.

1. Matte Black

Matte Black adalah varian warna yang Honda keluarkan untuk mereka yang menyukai warna hitam. Dengan jenis warna matte, diharapkan para pengguna akan mendapatkan kesan elegan dan sporty.

Tak heran jika warna ini menjadi warna yang paling banyak dicari oleh para pemburu motor sport karena dibalut dengan striping berwarna orange yang menjadikan motor ini terlihat gagah dan garang

Matte Black

Matte Black

2. Moto GP Edition

Varian motor yang satu ini terinspirasi dari salah satu olahraga balapan yaitu motoGP.

motor ini di desain dengan warna yang khas dengan motor yang sering digunakan oleh Lorenzo, pembalap MotoGP dunia yang namanya sudah tidak asing lagi didengar.

Bagi anda pecinta MotoGP dan ingin mendapatkan kesan layaknya MotoGP, varian warna yang satu ini wajib untuk dicoba.

Moto GP Edition

Moto GP Edition

3. Honda Racing Red

Varian warna selanjutnya yaitu Honda Racing Red, seperti namanya motor ini didominasi dengan warna merah dengan campuran putih di beberapa bagiannya.

Warna yang satu ini menjadi salah satu varian warna terbaik yang banyak diburu para pecinta motor sport loh.

Didasari dengan warna merah menjadikan motor ini terlihat lebih anggun dan memukau.

Honda Racing Red

Honda Racing Red

4. Victory Black Red

Varian warna yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan varian warna sebelumnya. Hanya saja, varian warna yang satu ini didominasi dengan warna hitam dengan balutan berwarna merah.

Tak heran jika motor ini menjadi motor idaman semua orang karena kombinasi warnanya yang sangat mewah dan elegan.

Warna Honda CBR150R Populer Victory Black Red

Victory Black Red

Harga Honda CBR150R Terbaru

Setelah kita membahas lengkap tentang Honda CBR150R, selanjutnya bagian yang paling ditunggu adalah bagian harga.

Motor Honda CBR150R ini mempunyai beberapa varian harga sesuai dengan warna yang dipilih.

Adapun harga Honda CBR150R terbaru yang sudah rilis di Indonesia adalah sebagai berikut

TipeHarga
CBR150R StandarRp. 34.263.000
CBR150R RepsolRp. 35.162.000
CBR150R Racing RedRp. 34.962.000
CBR150R ABSRp. 38.263.000
CBR150R Racing Red ABSRp. 38.962.000
CBR150R Repsol ABSRp. 39.163.000
Harga Motor Honda Lainnya

Harga Bekas Honda CBR150R 

TipeHarga
CBR150R StandarBelum Tersedia
CBR150R RepsolBelum Tersedia
CBR150R Racing RedBelum Tersedia
CBR150R ABSBelum Tersedia
CBR150R Racing Red ABSBelum Tersedia
CBR150R Repsol ABSBelum Tersedia

Demikian ulasan lengkap berita seputar motor sport keluaran dari Honda CBR150R ini.

Semoga artikel ini dapat membantu kita untuk lebih yakin memilih motor ini sebagai motor sport pilihan dan impiannya.

Semoga Bermanfaat~

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *