Menu

Honda CBR250RR

Diperbarui: 17 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Memang ini bukan kali pertamanya Honda CBR250RR berhasil meraih juara ARRC. Di tahun 2018 kemarin pada saat motor sport 250 cc tersebut ditunggangi Gerry Salim, gelar juara Asia ternyata juga sukses direnggutnya di kelas AP250.

Tak butuh waktu lama, Rheza Danica yang juga turut menunggangi CBR250RR berhasil menjadi juara ARRC (Asia Road Racing Championship).

Mungkin karena alasan inilah hingga akhirnya banyak orang menjatuhkan pilihan pada CBR250RR tersebut. Tak salah memang jika motor Honda CBR250RR ini juga menjadi salah satu motor sport Honda paling laris di pasaran.

CBR250RR tidak hanya hadir dengan mesin berkapasitas besar, 250 cc, Honda juga sudah melengkapi dengan beragam fitur unggulan yang siap memanjakan penggunanya dalam berkendara.

Soal jeroan, CBR250RR dibekali dengan spesifikasi yang paling superior jika dibandingkan dengan kompetitornya, Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250.

Dari sektor mesinnya, motor sport tersebut mampu memuntahkan torsi maksimal 23.3 Nm pada putaran 11000 rpm dan tenaga maksimum hingga 38.2 hp pada putaran 12500 rpm.

Review Honda CBR250RR, Motor Sport 250 CC Terbaik yang Berhasil Meraih Juara ARRC

Hadirnya Honda CBR250RR memang mampu mengubah peta balap Asia. Yang mana di kelas AP250 ARRC, sebelumnya memang tidak ada pembalap Indonesia yang berhasil menjadi juara.

Hingga akhirnya di tahun lalu, CBR250RR mengikuti pertandingan tersebut kembali, dimana debut tersebut ternyata berbuah gelar tertinggi di Asia.

Terlepas dari hal tersebut, jika dilihat dari sisi luar CBR250RR ini memang mengusung desain aerodinamis dan lebih menegaskan konsep sporty dan stylish.

Dilengkapi juga dengan dual Headlamp yang berteknologi LED, plus fitur LED DRL atau Daytime Running Lamp sehingga semakin membuat penampilannya lebih garang.

Honda bahkan membuat Headlamp pada motor ini lebih meruncing, layaknya mata elang yang sedang menatap tajam ke depan.

Kemudian di bagian body samping motor, Honda CBR250RR lebih memperlihatkan kesan yang sporty dengan konsep fairing yang membalutnya dengan sempurna.

Khususnya untuk motor sport 250 cc milik Honda tersebut, panel indikatornya dibuat dengan gaya desain yang stylish dan menarik.

Pasalnya, CBR250RR menggunakan setang bermodel Clip On yang cukup rendah, tetapi posisinya masih ada di atas Yoke jadi dari segi ergonominya motor ini akan tampil racy.

Untuk menyempurnakan hal tersebut Honda sudah melengkapinya pula dengan dua buah kabel gas.

Hal menarik lain dari CBR250RR adalah motor sport ini akan membawa mesin Rarallel Twin Cylinder delapan katup, dengan kapasitas mesin hingga 250 cc.

Mesin yang ditanam pada CBR250RR tersebut diprediksikan akan mampu memberi daya dorong 44-94 Tk di putaran 14000 rpm.

Belum lagi dari sisi fitur unggulan yang dibawanya, CBR250RR sepertinya memiliki fitur Throttle by Wire dan Riding mode.

Kedua fungsi fitur tersebut tidak lain untuk membuat pengendara bisa mendapatkan repons mesin dan rasa berkendara yang pas.

Istimewanya lagi, fitur tersebut ternyata tidak dimiliki para kompetitornya.

Fitur Unggulan Honda CBR250RR

Guna mendukung para pengendara saat mengemudikan motor sport ini, Honda juga memberikan beberapa penawaran fitur unggulan yang berteknologi canggih.

Adapun fitur terbaik yang ada di Honda CBR250RR adalah sebagai berikut.

1. Full Digital Meter with Revolution Indicator & Lap

Layar LCD dengan ukuran besar, informatif dan komplit, disertai pengaturan tingkat pencahayaan untuk kenyamanan pengendara.

Honda CBR250RR telah menggunakan Panel Meter yang sudah digital, sehingga memberikan kesan terbaru, canggih dan kekinian bagi para pengendaranya.

Full Digital Meter with Revolution Indicator Lap

Full Digital Meter with Revolution Indicator Lap

2. 3 Step Riding Mode

Kebebasan berkendara lewat 3 sensasi berbeda serta kendali penuh dengan system tuas tanpa kabel yang mengatur keseimbangan kerja mesin dengan sempurna dan tepat.

Nikmati kenyamanan berkendara dengan memilih step riding mode ini.

3 Step Riding Mode

3 Step Riding Mode

3.  Fuel Tank

Tampilan fuel tank yang lebih gagah dan berototot, memberikan efek sporty bagi pengendara.

Dapatkan muatan bahan bakar lebih banyak yang sangat membantu memberikan kenyamanan ketika sedang dalam perjalanan jarak jauh.

Fuel Tank

Fuel Tank

4. LED Tail Lights

Desain bagian belakang yang lebih sporty dengan bentuk lampu LED yang tajam, terang dan menawan.

LED Tail Lights

LED Tail Lights

5. Dual Exhaust Sytem

Memberikan torsi optimal di berbagai rentang putaran, serta suara raungan racy yang dramatis khas suara super sport diberbagai rentang kecepatan.

Tak banyak yang menggunakan dua kenalpot seperti Honda CBR250RR ini loh.

Dual Exhaust Sytem

Dual Exhaust Sytem

6. Aluminum Swing Arm

Dengan material Aluminum, Lebih ringan dan daya tahan kuat. Membuat tampilan Lebih sporty,gagah, kokoh dan membanggakan ketika berada di jalanan.

Aluminum Swing Arm

Aluminum Swing Arm

7. Inverted Front Suspension

Suspensi Upside Down bagian depan memberikan kestabilan dalam bermanuver di tiap tikungan, kendali penuh pun kini ada di tangan Anda.

Inverted Front Suspension Honda CBRRR

Inverted Front Suspension Honda CBR250RR

8. Aggressive Front LED Combination Light

Desain bagian depan yang agresif , dipadukan dengan LED Combination Light, membuat motor ini tampil lebih agresif dan berkarakter.

Aggressive Front LED Combination Light

Aggressive Front LED Combination Light

Dimana fitur tersebut adalah sistem pengereman depan dan belakang yang lebih mengandalkan rem tipe Hidrolik dual Piston dan Single Piston.

Rem yang dimiliki Honda CBR250RR ini nanti akan memberikan kualitas sistem pengereman yang jauh lebih bagus, sehingga pengendara bisa mengontrol laju motornya dengan baik, tentunya yang demikian tersebut juga akan mendukung tingkat keselamatan pengemudinya.

Selain itu, CBR250RR juga dilengkapi dengan fitur Power Mode, yang berguna untuk mengatur keluaran Power lewat ECU yang ditanamkan pada motor ini.

Lalu ada pula Ride by Wire yang sering sekali dijumpai pada motor big bike terbaik Honda.

Kelebihan dan Kekurangan Honda CBR250RR

Berbicara mengenai kelebihan Honda CBR250RR, motor sport ini ternyata memiliki banyak sekali kelebihannya.

Salah satunya adalah motor Honda sport tersebut memiliki kemampuan andal dalam penggunaan bahan bakar meskipun kapasitas mesinnya hanya sebesar 250 cc. Untuk menempuh jarak 32 km, Anda hanya perlu bahan bakar 1 liter saja.

Lalu untuk kelebihan lainnya, CBR250RR punya banyak suku cadang yang mudah ditemukan di seluruh pelosok negeri, karena memang AHM memiliki jaringan cukup luas.

Untuk Riding Position atau Handling-nya sendiri ternyata pas banget untuk para rider, sebab memang tidak membuat setiap pengendara merasa lelah, pegal, dan capek.

Kelebihan terakhir, harga jual kembali Honda CBR250RR tersebut ternyata masih tergolong tinggi sampai sekarang.

Sementara itu untuk kekurangannya sendiri, Honda CBR250RR ternyata memiliki getaran yang diberikan pada saat motor tersebut diajak bermanuver.

Sehingga yang demikian kurang membuat nyaman, apalagi ketika akan berkendara jarak jauh.

Perbedaan Honda CBR150R vs CB150R vs CBR250RR

Soal perbedaan, pastinya masing – masing produk motor buatan Honda akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bahkan terkadang mesin dan fitur yang diusungnya pun berbeda, tak terkecuali pada Honda CBR150R, CB150R, dan CBR250RR. Ketiga motor ini dibekali dengan beragam mesin dan keunggulannya sendiri.

Misalnya pada CB150R vs CBR250RR, dari segi harga keduanya ditawarkan dengan kisaran harga yang berbeda.

Untuk harga Honda CB150R berkisar antara Rp 27-28 juta rupiah, sementara itu untuk CBR250RR dihargai Rp 59-71 juta rupiah.

Secara spesifikasi, CB150R memiliki mesin 150 cc dan CBR250RR memiliki mesin berkapasitas 250 cc.

Kemudian untuk bagian sasis dan suspensinya sendiri, CB150R dibekali dengan suspensi depan Telescopic Fork dan Swing Arm untuk suspensi bagian belakang.

Lain halnya pada CBR250RR yang memiliki suspensi depan Inverted Telescopic Fork dan Swing Arm yang sama untuk suspensi bagian belakangnya dengan CB150R.

Lalu jika melihat perbandingan antara CBR250RR dengan CBR150R sendiri, pertama adalah dari segi harga.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas banderolan harga CBR250RR berkisar antara Rp 59-71 juta rupiah yang ternyata jauh lebih mahal dari CBR150R yang hanya dihargai sekitar Rp 34-39 juta rupiah.

Lalu untuk kapasitas mesinnya, CBR250RR pastinya jauh lebih unggul sebab memiliki kapasitas lebih dari 150 cc seperti yang dimiliki CBR150R tersebut.

Soal kelebihan, CBR250RR adalah salah satu motor sport fairing super canggih dengan Throttle by Wire dan Riding Mode.

Bahkan motor sport unggulan Honda ini juga merupakan rakitan lokal dan memiliki mesin super kencang dan canggih.

Sementara itu pada CBR150R sendiri unggul dari segi tampilan desainnya yang agresif dan menarik, lalu untuk konsumsi bahan bakarnya pun lebih irit.

Sayangnya, Honda CBR250RR dikarenakan lebih canggih dibandingkan CBR150R dan CB150R sehingga dalam hal perawatannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, termasuk pada saat menganti aksesoris pada CBR250RR tersebut.

Meskipun demikian, CBR150R juga tak luput dari kekurangan. Bobot Honda CBR150R terlalu berat, semestinya Honda bisa memangkasnya lagi agar pengguna lebih mudah saat bermanuver, selain itu performa yang diusungnya pun terbilang terlalu biasa dibandingkan CBR250RR.

Spesifikasi Honda CBR250RR

Bicara soal spesifikasi, ini menjadi hal yang sangat menarik ketika ingin diulas di motor sport terbaik yaitu Honda CBR250RR.

Berikut ini adalah spesifikasi terbaik untuk motor sport yang dibuat oleh perusahaan asal Jepang, Honda.

Mesin
Engine Type4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder
Engine Displacement249,7 cm3
Fuel Supply SystemPGM-FI, Throttle Sytem: Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor
Bore X Stroke62,0 x 41,4 mm
TransmissionManual, 6 Speed
Compression Ratio11,5 : 1
Maximum Power28,5 kW (38,7PS) / 12.500 rpm
Maximum Torque23,3 Nm (2,4 kgf.m) / 11.000 rpm
Starting SystemElectric Starter
Clutch SystemMultiplate Wet Clutch with Coil Spring
Cooling SystemLiquid Cooled With Auto Electric Fan
Gear Shift Pattern1-N-2-3-4-5-6
Rangka dan Kaki-Kaki
Frame TypeTruss Frame
Front SuspensionInverted Telescopic Front Suspension
Rear SuspensionAluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
Front Tire Size110/70 – 17 54S (Tubeless)
Rear Tire Size140/70 – 17 66S (Tubeless)
Front BrakeHydraulic Disc, Dual Piston (STD Type & ABS Type)
Rear BrakeHydraulic Disc, Single Piston (STD Type & ABS Type)
Dimensi
Length X Width X Height2.060 x 724 x 1.098 mm
Seat Height790 mm
Wheel Base1.389 mm
Ground Clearance145 mm
Curb Mass168 kg (ABS), 165 kg (STD)
Turning Radius2.900 mm
Kapasitas
Fuel Tank Capacity14,5 liter
Oil Capacity1,9 L (Exchange), Lubricant Type Wet (Pressing and Spray)
Kelistrikan
Battery
Ignition Type
Spark Plug Type
Head Light

Warna Honda CBR250RR

Motor sport yang satu ini mempunyai 4 varian warna yang berbeda.

Varian warna ini tentunya menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh motor sport.

Pasalnya warna berperan penting dari segi penampilan untuk motor sport seperti ini.

1. Bravery Mat Red

Varian warna yang satu ini memilih menggunakan warna Merah sebagai warna dasarnya.

Hanya saja ada beberapa aksen yang menggunakan warna hitam seperti warna spion, velg dan jok motor.

Bravery Mat Red memberikan kesan petarung jalanan yang pemberani.

Bagi anda yang ingin terlihat maskulin, varian warna yang satu ini sangat cocok untuk dipinang.

Varian Warna Honda CBR250RR - Bravery Mat Red

Bravery Mat Red

 

2. Black Freedom

Bagi anda yang menyukai warna hitam, varian warna yang satu ini sepenuhnya dibalut dengan warna hitam.

Mulai dari warna body, velg, spion semua khas dengan warna hitam.

Varian warna ini disebut sebagai black freedom, yang menjadi salah satu varian warna terbaik dengan banyak peminatnya.

Black Freedom

Black Freedom

 

3. Honda Racing Red

Honda Racing Red hadir memenuhi permintaan pasar yang menginginkan varian warna motor yang mirip seperti MotoGP.

Varian warna ini didominasi dengan warna merah sebagai warna dasar body dengan beberapa warna aksen tambahan seperti warna hitam dan putih.

Perpaduan 3 warna ini menghasilkan maha karya terbaik yang sangat elegan.

Tak heran jika Racing Red ini menjadi warna yang sering indent karena banyaknya para peminat.

Honda Racing Red Terbaru

Honda Racing Red Terbaru

4. Mat Gunpowder Black Metallic

Varian warna terakhir yang dirilis Honda untuk motor sport mereka yaitu : Mat Gunpowder Black Metallic.

Varian warna yang satu ini menggunakan warna hitam sebagai dasar motornya, dengan balutan aksen merah di beberapa bagian motor.

Bagi anda yang suka warna hitam dengan beberapa list aksen terbaik, varian black metallic ini sangat cocok untuk anda.

 

Mat Gunpowder Black Metallic

Mat Gunpowder Black Metallic

Harga Honda CBR250RR Terbaru

Bicara soal harga, ternyata harga yang ditawarkan untuk mendapatkan Honda Sport CBR250RR Terbaru ini beraneka ragam.

Hal itu didasari dari perbedaan varian warna. Terdapat beberapa selisih harga yang membedakan antara varian warna yang satu dengan yang lainnya.

TipeHarga
CBR250RR – ABS Bravery Mat RedRp. 71.248.000
CBR250RR – ABS Mat Gunpowder Black MetallicRp. 71.248.000
CBR250RR – ABS Honda Racing RedRp. 71.848.000
CBR250RR – STD Black FreedomRp. 59.955.000
CBR250RR – STD Bravery Mat RedRp. 64.780.000
CBR250RR – STD Mat Gunpowder Black MetallicRp. 64.780.000
CBR250RR – STD Honda Racing RedRp. 65.379.000
Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar Motor Sport Honda CBR250RR yang telah kita bahas sampai ke akar-akarnya. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Motomobi.id ya

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *