Menu

Honda CRF150L

Diperbarui: 12 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Mencari motor off-road ringan dan ramping terbaik di 2019? Honda CRF150L adalah salah satu pilihannya. Di pasar otomotif Indonesia, setidaknya ada tiga varian terbaik yang masing – masing memiliki peruntukkan berbeda.

Selain Honda CRF150L, juga ada Honda CRF250 Rally dan Honda CRF1000L Africa Twin. Namun demikian, khusus untuk Honda CRF150L ditawarkan dengan banderolan harga yang lebih terjangkau. Bagaimana tidak, untuk membelinya Anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 33 juta rupiah saja.

Ya, Honda CRF150L memang menjadi pilihan yang paling pas untuk Anda yang menginginkan motor off-road ringan dan ramping.

Kabar baiknya, motor Honda terbaru tersebut bahkan mampu menerabas jalur tersulit sekalipun.

Kuda besi terbaik ini bahkan memiliki bobot 122 kg dan dengan dimensi 2119 x 793 x 1153 mm.

Mau tahu informasi menarik lainnya seputar motor off-road Honda tersebut? Simak selengkapnya di sini.

Motor Honda CRFL

Motor Honda CRFL

Honda CRF150L, Motor Trail Terbaik yang Menjadi Pesaing Kawasaki KLX150

Sebagai salah satu pesaing terberat Kawasaki KLX150, ternyata Honda membanderol motor trail terbaiknya tersebut dengan kisaran harga yang lebih terjangkau.

Bagaimana tidak, untuk memilikinya Anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 31 juta rupiah.

Kuda besi terbaik Honda ini memang ditujukan untuk siapa saja, khususnya bagi Anda yang berminat dengan petualangan.

Tak perlu menjadi penunggang motor trail yang profesional jika Anda ingin mengendarai Honda CRF150L. Anda sebagai pemula pun dijamin bisa asyik berkendara bersamanya.

Honda CRF150L memiliki body yang lebih ramping dan berbobot ringan, yakni 122 kg.

Ditambah lagi dengan penggunaan suspensi depan Upside Down ukuran 37 mm, Honda CRF150L pastinya akan sanggup membuat rasa berkendara jadi lebih stabil di segala medan.

Sektor mesin motor trail milik Honda ini sudah dilengkapi dengan kapasitas 149.15 cc SOHC satu silinder.

Lalu untuk jantung mekanisnya sendiri ternyata sudah mampu memuntahkan kemampuan maksimalkanya pada putaran mesin rendah hingga menengah.

Hal ini tentu saja akan sangat menunjang kehebatannya pada saat berkendara off road.

Lebih lanjut lagi mengenai komponen ban paculnya yang berukuran 2.75-21 inch di depan dan 2.1-18 di bagian belakang, memaksimalkan cengkeraman ketika berada di medan tanah.

Ditambah lagi dengan adanya sistem pengereman yang sudah menggunakan cakram gelombang pada kedua rodanya.

Ukuran cakram depan 240 mm dan 220 pun di belakang. Honda CRF150L bahkan sudah dibekali dengan berbagai teknologi terkini. Panel Instrumen Digital yang berbentuk ringkas dan praktis adalah salah satunya.

Tidak hanya itu, Honda CRF150L juga sudah menggunakan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi. Meskipun demikian banyak orang beranggapan bahwasannya karburator adalah komponen yang paling cocok dan ideal untuk penggunaan off road.

Meskipun demikian, kenyataannya karburator kini sudah ditinggalkan. Berbagai jenis motor trail terbaik di tahun ini dari berbagai pabrikan lainnya sudah menggunakan sistem injeksi.

Menurut Honda sendiri, teknologi injeksi memiliki keuntungan tersendiri, yakni lebih mudah beradaptasi di segala kondisi cuaca, bahkan lebih irit dan memiliki daya kerja yang stabil.

Motor Honda CRF150L bahkan sah-sah saja untuk digunakan di jalan raya, sebab memiliki lampu depan, sein, rem, dan spion. Hanya saja kemampuan berkendara di jalanan beraspal ternyata masih dipertanyakan, karena pan pacul yang digunakan sebagai standar.

Motor trail CRF150L ini ternyata memiliki sistem asupan bahan bakar injeksi yang memang dibuat lebih modern.

Sehingga yang demikian membuat distribusi bahan bakarnya lebih terkontrol ketika mengalirkan kombinasi antara asupan udara dengan bahan bakar dalam ruang bakar.

Hanya dengan bermodalkan kubikasi yang besar, 149.15 cc, motor trail Honda CRF150L ini bisa menompang daya dan torsi lebih optimal jika dibandingkan Kawasaki KLX150.

Hal tersebut terlihat dari performa tenaganya yang mampu menyentuh 12.75 dk dengan torsi 12.43 Nm.

Jika dibandingkan dengan Kawasaki KLX150 yang ada di level 11.5 dk dengan torsi 11.3 Nm.

Honda bahkan sudah membekalinya dengan suspensi depan bertipe Upside Down. Dengan suspensi depan tersebut jelas andal dalam memberikan respon ketika bekerja meredam guncangan.

Tidak hanya itu, tipe Upside Down juga memiliki estetika yang jauh lebih keren. Kabar baiknya, Panel Instrumen Digital yang disematkan di dalamnya juga cukup inovatif di kelasnya. Informasi mengenai kecepatan, jarak perjalanan, dan jumlah bahan bakar di tangki pun disajikan dalam angka-angka digital. Mode case speedometernya pun tampak begitu kokoh dan mengesankan motor dual purpose.

Jika dibandingkan dengan penggunaan sistem injeksi dan karbu, ternyata sampai sekarang masih jari kontroversial sebagai kekurangan. Para pemain motor cross atau adventure lebih suka menggunakan sistem karburator.

Meskipun demikian, sistem injeksi diklaim lebih ramah lingkungan, apalagi terkait emisi. Pun sistem injeksi yang mendapat sokongan PGM-FI, terus sesuaikan distribusi bahan bakar sesuai suhu lingkungan.

Minimnya varian menjadi salah satu kekurangan Honda CRF150L. Motor trail tersebut tidak memiliki varian lain yang membedakan antara spesifikasi dan peruntukannya.

Apabila Anda berminat untuk membelinya, maka Anda hanya akan diberi dua pilihan varian warna, yakni warna hitam dan merah-putih.

Jumlah tersebut tentu tidak sebanding dengan total warna yang ditawarkan Kawasaki KLX150 yang memiliki lebih dari 5 varian warna.

Honda CRF150L, Motor Off-Road Ringan dan Ramping Terbaik

Khususnya untuk motor trail kelas 150 cc, Honda memang terbilang masih baru.

Nama motor terbarunya tersebut, Honda CRF150L, pada dasarnya sudah diriliskan di tahun 2018 kemarin.

Dimana peluncuran Honda CRF150L sekaligus menjadi ancaman bagi kompetitornya, yakni Kawasaki KLX150.

Maklum saja, Kawasaki memang sudah cukup lama ada di kelas motor trail terbaik di dunia. Sebagai salah satu perusahaan di bidang otomatif yang bukan kali pertamanya mengganggu segmen yang sudah nyaman ditempati Kawasaki tersebut.

Penasaran, kira-kira seistimewa apa sih Honda CRF150L sehingga menjadi pesaing berat Kawasaki KLX150?

Mari temukan jawaban selengkapnya di bawah ini.

Review Honda CRF150L

Pertama, kita akan membahas bagian desain motor off-road milik Honda ini terlebih dulu. Sebagaimana dengan segmentasinya, motor off-road terbaik ini secara fisik membawa desain sporty dan garang khas motor trail masa kini.

Pada saat kali pertamanya Anda melihat body motor tersebut aura khas motor adventure pastinya akan langsung terasa.

Terlihat lebih garang, sebab motor Honda CRF150L ini tampak tanpa Headlamp dengan posisi spakbornya lebih tinggi.

Meskipun Mini Fairing yang dibuatnya agak kaku, tetapi tangki bahan bakar yang dibawanya ternyata mampu menampung kapasitas bahan bakar hingga 7.2 liter.

Semakin sempurna dengan blok mesin terbuka yang membuat motor ini mampu memperlihatkan aura kegaharannya.

Tidak hanya unggul dari segi desain, motor trail Honda tersebut diklaim mampu melibas jalanan off road yang berkarakter keras sekalipun.

Disisi lainnya, tidak ketinggalkan pula adanya dukungan segmentasi dari motor off-road tersebut sebagai motor adventure terbaik masa kini.

Honda telah merancang dimensi Honda CRF150L dengan ukuran Ground Clearance yang cukup tinggi, yakni 285 mm. Sehingga dapat dipastikan pengemudinya tidak perlu lagi khawatir saat melalu jalanan off-road dengan banyaknya bebatuan besar.

Lalu tempat duduknya sendiri dibuat lebih tinggi yakni 869 mm, ini pastinya akan membuat pengguna yang berpostur pas-pasan terasa kesulitan pada saat mengendalikan keseimbangan dikondisi motor berhenti.

Soal mesin, Honda off-road CRF150L tersebut sudah menggunakan mesin berkapasitas 149.15 yang berteknologi SOHC tanpa pendingin cairan.

Lalu pada bagian jantung mekanisnya sendiri, mesin yang tersemat pada Honda CRF150L tersebut ternyata mampu memuntahkan torsi hingga 12.43 Nm pada putaran 6500 rpm dan dengan tenaga maksimum 12.91 Ps di putaran 8000 rpm.

Kemudian untuk sistem transmisinya sendiri adalah enam percepatan manual.

Jantung mekanisnya yang dimiliki motor Honda tipe off-road tersebut dirasa lebih dari cukup untuk melibas jalanan off-road yang sulit.

Apalagi motor ini juga sudah mendapat tunjangan rangka semi Double Cradle dan suspensi Upside Down 37 mm di bagian depan, serta Monoshock Pro Link di bagian belakang.

Kemudian untuk rodanya sudah menggunakan ukuran 2.75 – 21 di depan dan 4.1 – 18 di belakang. Kedua rodanya tersebut dilengkapi pula dengan pelek jari-jari. Juga ada rem cakram pada keduanya guna meningkatkan kualitas pengereman secara mendadak.

Fitur Unggulan Honda CRF150L

Fitur unggulan Honda CRF150L yang pertama adalah Ground Clearance-nya yang dibuat lebih tinggi, yakni 285 mm, sehingga membuatnya lebih mudah pada saat melewati jalanan dengan kontur beragam.

Lalu untuk bobotnya sendiri, Honda CRF150L ini ternyata memiliki bobot yang lebih ringan, yakni 122 kg.

Selain itu pastinya masih ada banyak lagi fitur menarik lainnya yang bisa ditemukan pada Honda CRF150L, mulai dari ban pacul, suspensi depan tipe Upside Down dan berdiamter 37 mm, pelek berukuran besar dan berbahan aluminium, serta ada rem cakram bergelombang pada kedua roda.

Motor trail Honda terbaik tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur Panel Instrumen Digital yang compact.

Tapi sangat disayangkan sekali ternyata panel tersebut memberikan informasi yang sangat terbatas sekali, yakni sebatas kecepatan, kapasitas bahan bakar, dan jarak perjalanan.

Seharusnya, motor trail honda ini sudah dilengkapi dengan informasi posisi gigi transmisi, konsumsi bahan bakar, dan lain-lain.

Meksipun demikian pastinya masih ada banyak sekali penyesuaian yang bisa dilakukan pengendara. Misalnya stang depan yang dapat diatur ketinggiannya dalam dua pilihan.

Lalu pada Sepatbor belakang dan karet pijakan kaki yang bisa dibongkar pasang untuk penunggangan yang lebih aktif. Sampai dengan tempat penyimpanan rahasia yang ada di sisi kiri body.

Honda bahkan sudah memberikan jantung mekanis berkapasitas 149.15 cc pada satu silinder SOHC. Mesin yang disematkan Honda pada CRF150L ini pastinya bisa memuntahkan torsi hingga 12.43 Nm pada putaran 6.500 rpm dan bertenaga maksimum 12.91 Ps pada putaran 8.000 mm.

Mesin yang dibawa motor trail tersebut bahkan diklaim irit konsumsi bahan bakar, sebab penggunaan sistem penyemprotan injeksi. Honda mengklaim kalau CRF150L miliknya tersebut akan mampu menghemat daya hingga 39 Kpl.

Fitur unggulan lengkapnya sudah kita list seperti berikut ini.

1. Digital Panel Meter

Tampilan speedometer yang lebih compact dan akurat membuat informasi berkendara lebih mudah terbaca.

Digital Panel Meter Honda Terbaru

Digital Panel Meter Honda Terbaru

2. Compact Headlight

Disain headlight yang membentuk sudut tajam sehingga memberikan kesan petarung, fearless dan siap menaklukkan semua medan

Compact Headlight

Compact Headlight

3. New Taillight

Desain lampu belakang yang tajam, sporty dan compact memberikan kesan agresif

New Taillight

New Taillight

4. Wavy Disc Brake

Penggunaan rem cakram wavy depan 240mm dan belakang 220mm yang lebih besar dikelasnya memberikan performa pengereman yang optiomal di segala kondisi

Wavy Disc Brake

Wavy Disc Brake

5. Powerfull Engine 150cc PGM-FI

Mesin 150cc yang paling bertenaga dikelasnya, dilengkapi dengan sistem injeksi yang memberikan performa off-road tinggi tanpa kompromi saat melakukan eksplorasi di alam bebas

Powerfull Engine cc PGM FI

Powerfull Engine 150cc PGM-FI

6. Long Travel Inverted From Fork

Suspensi depan Inverted terbesar dikelasnya dengan ukuran diameter pipa 37mm dan panjang stroke 225mm, memberikan performa, handling dan maksimal dan lebih stabil saat melewati berbagai medan jalan. Tampilan juga menjadi semakin gagah dan berkelas dengan adanya gold color anodize pada tabung suspensi.

Long Travel Inverted From Fork

Long Travel Inverted From Fork

7. Aluminium Rims

Penggunaan velg aluminum memberikan bobot yang ringan dan kekuatan optimal untuk terus berpetualang dalam semua kondisi

Aluminium Rims

Aluminium Rims

8. From Tire and 18 inch Rear Tire

Ukuran ban dan velg yang besar (21 inch untuk bagian depan : 18 inch untuk bagian belakang), serta ban dual purpose yang bisa diandalkan dan siap untuk diajak berpetualang di berbagai kondisi jalan (on-road & off-road)

Honda CRF150L adalah produk motor off-road atau motor trail Honda yang memang terbilang baru untuk pasar otomotif di Indonesia.

Peluncuran Honda CRF150 ternyata menjadi ancaman bagi Kawasaki KLX150. Bagaimana tidak, kedua motor ini sama-sama ada di kelas motor adventure bermesin 150 cc.

Berbeda dengan motor unggulan Honda lain, CRF150L ini ternyata lebih istimewa sebab diklaim mampu melibas semua karakter jalanan dengan lihai.

Tentu saja semua itu berkat hadirnya fitur-fitur canggih yang begitu fungsional yang disematkan Honda pada CRF150L tersebut.

Keberadaan fitur unggulan Honda CRF150L ini bahkan menjadi salah satu keunggulan atau kelebihan tersendiri yang dimiliki motor off-road buatan Honda.

Ada kaitannya dengan hal tersebut, CRF150L dilengkapi dengan fitur pengereman bertipe Hydraulic Disc dan Leading Drum.

Kedua fitur ini nanti akan memastikan motor off-road yang Anda miliki siap menunjang keselamatanmu dengan optimal.

Selain itu, Honda off-road terbaik ini ternyata sudah dilengkapi pula dengan suspensi handal dari Showa yang akan memberikan kenyamanan bagi pengguna saat berkendara.

Tentunya dengan beragam fitur yang diusungnya tersebut tidak heran jika pengguna akan merasa nyaman dan keselamatannya pun juga jadi lebih terjamin.

Kelebihan dan Kekurangan Honda CRF150L

Jika berbicara mengenai kelebihan Honda CRF150L, motor ini ternyata memiliki sistem asupan bahan bakar injeksi yang lebih modern daripada karburator.

Model distribusi bahan bakar tersebut pastinya lebih terkontrol dengan baik untuk mengalirkan kombinasi asupan udara dan bahan bakar dalam ruang bakar.

Pun dengan responsivitasnya sendiri, dengan ECU yang berfungsi maksimal tentu jadi lebih baik lagi.

Dengan bermodalkan mesin berkubikasi yang besar, 149.15 cc sehingga membuatnya mampu menompang daya dan torsi yang lebih baik lagi jika dibandingkan dengan rivalnya, yakni KLX150.

Kabar baiknya, performa tenaga CRF150L bahkan mampu menyentuh hingga 12.75 dk dengan torsi 12.43 Nm. Jika dibandingkan dengan rivalnya tersebut yang ada di level 11.5 dk dengan torsi 11.3 Nm.

Sementara itu untuk bagian suspensinya sendiri hadir dengan tipe Upside Down yang jelas jauh lebih handal dalam memberikan respon pada saat bekerja meredam guncangan. Tidak hanya itu, suspensi tersebut juga memiliki estetika yang lebih keren.

Keunggulan lainnya ada pada panel instrumen digital yang turut tersemat pada motor off-road milik Honda ini, yang ternyata cukup inovatif di kelasnya.

Informasi mengenai kecepatan, jumlah bahan bakar di tangki, hingga jarak perjalanan ternyata disajikan dalam angka-angka digital yang terlihat jelas.

Mode case Speedometer yang dimilikinya juga terlihat lebih kokoh dan mengesankan motor dual purpose.

Parameter injeksi dan karbu pada dasarnya sampai saat ini amsih menjadi kontroversial sebagai kekurangan.

Bagi penggemar motor adventure atau cross, kebanyakan lebih suka sistem karburator. Model ini dianggapnya lebih mudah di setting pada saat menjelajah.

Meskipun demikian, sistem injeksi diklaim jauh lebih ramah lingkungan, apalagi jika membahas mengenai emisi.

Pun sistem injeksi dengan sokongan PGM F1 yang akan terus menyesuaikan distribusi bahan bakar sesuai atmosfer atau suhu lingkungan.

Jika dibandingkan dengan motor trail milik kompetitornya, ternyata Honda CRF150L ini memiliki varian yang sangat minim sehingga menjadi salah satu kekurangannya.

CRF150L tidak memiliki varian lain yang bisa membedakan antara spesifikasi dan peruntukannya.

Apabila berminat membeli Honda CRF150L, Anda hanya memiliki dua pilihan warna, yakni hitam dan merah.

Jumlah varian warna tersebut tentu tidak sebanding dengan jumlah warna Kawasaki KLX150 yang memiliki lebih dari 5 varian warna.

Spesifikasi Honda CRF150L

Adapun spesifikasi lengkap dari motor Honda CRF150L ini adalah sebagai berikut.

Mesin
Tipe MesinAir Cooled, 4 Stroke, SOHC
Kapasitas Mesin125 cc
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection System)
Diameter X Langkah52,4 x 57,9 mm
Tipe TranmisiManual, 4 Speed
Rasio Kompresi9,3 : 1
Daya Maksimum6,9 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum11 Nm / 5.250 rpm
Tipe StarterElectric
Tipe KoplingWet, Multiple Clutch
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe RangkaBackbone, Steel
Tipe Suspensi DepanShowa, 31 mm Inverted Telescopic Fork
Tipe Suspensi BelakangShowa, Twin Shock
Ukuran Ban Depan120/80-12 65J
Ukuran Ban Belakang130/80-12 69J
Rem DepanHydraulic, Single 220 mm disc with ABS
Rem BelakangHydraulic, Single 190 mm disc
Sistem PengeremanABS 1 Channel
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1.710 x 755 x 1.029 mm
Tinggi Tempat Duduk776 mm
Jarak Sumbu Roda1.155 mm
Jarak Terendah Ke Tanah160 mm
Curb Weight107 kg
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar5,6 liter
Kapasitas Minyak Pelumas0,9 liter (Periodic Exchange)
Kelistrikan
Sistem PengapianFull Transistorized, Battery
Tipe BusiNGK CPR6EA-9 / DENSO U20EPR9
Lampu DepanHi 10,1 W x 1 LED – Low 5,1 W x 1 LED

Warna Honda CRF150L

Meskipun memiliki dua varian warna, yakni merah – putih dan hitam, tetapi Honda CRF150L ini tetap menarik untuk dimiliki.

Digadang-gadang sebagai motor trail terbaik yang siap meluncur di pasaran Indonesia, Honda CRF150L tersebut dipastikan akan menjadi pesaing berat Kawasaki KLX150.

Simak Warna terbaru dan lengkapnya berikut ini.

1. Extreme Black

Extreme Black merupakan varian warna pertama yang diberikan Honda untuk kamu para pecinta warna hitam.

Pasalnya varian warna ini di dominasi dengan warna hitam dengan aksen stiker berwarna merah dan putih.

Hal tersebut lantas memberikan kesan maskulin dan ekstrim bagi yang menggunakannya.

Honda CRF150L Warna Extreme Black

Honda CRF150L Warna Extreme Black

2. Extreme Red

Varian warna selanjutnya memiliki konsep dan desain yang sama dengan varian sebelumnya.

Varian kedua ini dinamakan sebagai extreme red, sebuah warna yang didominasikan dengan warna merah.

Kesan merah memberikan nilai penantang dengan kombinasi warna putih di beberapa bagiannya.

Honda CRF150L Warna Extreme Red

Honda CRF150L Warna Extreme Red

Harga Honda CRF150L Terbaru

Bagi anda yang penasaran dengan Harga Honda CRF150L Terbaru ini, simak dengan teliti harga dari setiap variannya ya.

Harga Motor Honda Monkey Terbaru
Honda CRF150L- Extreme Black BaruRp. 33.637.000
Honda CRF150L- Extreme Black BekasBelum Tersedia
Honda CRF150L- Extreme Red BaruRp. 33.637.000
Honda CRF150L- Extreme Red BekasBelum Tersedia
Daftar Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar Honda CRF150L si Motor trail yang dapat dijadikan kuda besi di segala medan berat sekalipun. Nantikan artikel menarik lainnya seputar motor hanya di motomobi.id yaa

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *