Menu

Honda PCX 150

Diperbarui: 14 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Jika dilihat sekilas, Honda PCX 150 ini memiliki body dengan desain modern dan mewah sehingga menarik sekali untuk dibeli. Selain itu, Honda juga sudah membekalinya dengan beragam kelebihan atau keunggulan.

Fitur yang disematkan di dalamnya pun berlimpah melalui sistem pencahayaan yang secara keseluruhan berteknologi LED, juga ada panel instrumen digital, charger smartphone, dan yang tidak kalah menariknya motor Honda terbaik ini ternyata juga berbekal sistem keamanan Keyless, lho.

Sistem Keyless yang dimilikinya akan memberikan jaminan kepada para pemilik motor dari kejadian pencurian. Tak ketinggalan pula ada remote super pintar yang sudah terintegrasi dengan kedua fitur unggulan Honda PCX 150, Alarm dan Answer Back System.

Menilik lebih jauh mengenai bagian desainnya, PCX 150 memang terasa begitu mewah dari bentuk lampu depan maupun belakangnya.

Selain itu, warna body motor ini pun mantap. Tertarik untuk memilikinya? Simak dulu yuk, review selengkapnya seputar Honda PCX 150 berikut.

Review Honda PCX 150, Motor Honda Terbaik Berbekal Sistem Keamanan Keyless Terkini

Sistem Keyless memang menjadi salah satu fitur unggulan Honda PCX 150. Bagaimana tidak, dengan sistem Keyless tersebut maka akan memudahkan motor untuk diaktifkan.

Cara kerja sistem ini adalah Anda hanya perlu simpan remote ke dalam saku, lalu kenop ditekan dan diputar ke posisi ‘On’, baru kemudian Anda bisa menekan tombol Starter.

Kenop pintar yang dimiliki PCX 150 ini bahkan bisa digunakan untuk mengunci setang atau membuka bagasi.

Sementara itu di dalam remote pintarnya sendiri sudah dibenamkan dua buah fitur canggih, yakni Alrm dan Answer Back System.

Khususnya untuk fitur Alarm berguna untuk mencegah maling, dan fitur Answer Back System sendiri digunakan untuk memudahkan pencarian motor di lokasi parkir.

Agar keamanan motor ini semakin paripurna, sistem Keyless yang dimilikinya diintegrasikan dengan Immobilizer.

Fungsinya tidak lain untuk memastikan hanya remote bawaan motor saja yang bisa digunakan mengaktifkan motor tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, bagasi yang dimiliki Honda PCX 150 pun terbilang luas bahkan bisa digunakan untuk menyimpan helm full face

Honda bahkan mengklaim, kalau bagasi PCX 150 ini mampu menampung hingga 28.8 liter barang. Itu artinya selain bisa menyimpan helm, Anda juga bisa menyimpan berbagai alat berkendara lainnya dengan mudah.

Kemudian dari segi desain, Honda PCX 150 ini memiliki desain yang bertema mewah.

Hal ini tampak dari parasnya yang sudah dilengkapi dengan Daytime Running Light. Juga ada pula aksen Chrome di bagian setang dan lampu belakang LED.

Lalu untuk ukuran roda motornya sendiri dibuat lebih besar dibandingkan NMAX. Honda membekali PCX 150 dengan pelek berukuran 14 inch di depan maupun belakang.

Kesan mewah dan istimewa pun terlihat dari pilihan warna yang ditawarkan motor Honda ini.

Selain itu, catnya didominasi oleh warna mengkilap, seperti Wonderful White, Brilliant Black, dan Glamour Gold. Namun demikian, motor Honda tersebut hanya satu yang mengusung tema Doff, yakni Majestic Matte Red.

Lebih lanjut lagi mengenai peletakkan Power Outlet pada motor Honda PCX 15 yang ada di bagian laci kiri kompartemen depan.

Gunanya tidak lain untuk mengisi daya baterai HP dan sebagai sumber tenaga peranti navigasi. Namun demikian, untuk menggunakannya Anda perlu menambahkan konektor terlebih dulu.

Alarm adalah salah satu fitur bawaan PCX 150 yang tidak kalah menariknya untuk dibahas.

Di tengah maraknya pencurian kendaraan bermotor, fitur ini pastinya akan sangat berguna sekali untuk mencegah maling membobol motor Anda.

Untuk menggunakannya mudah sekali, Anda hanya perlu menekan tombol Set di remot dengan begitu motor akan mengeluarkan suara yang diikuti dengan kedipan lampu sein jika motor tergoyang atau pun berpindah tempat.

Fitur Unggulan honda PCX 150

Hadir sebagai motor matik terbaik di kelasnya, Honda PCX 150 memiliki beberapa fitur unggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh motor matik pada umumnya.

Honda PCX 150 pada dasarnya dikenal sebagai salah satu motor Honda terbaik yang mendapat sedikit perubahan. Misalnya saja dari sisi mesinnya, motor PCX 150 ini mengunakan mesin berkapasitas 150 cc sehingga hal tersebut akan membuat ruang pacunya lebih gagah dan garang, sebab Honda juga telah mengandalkan SOHC tipe empat langkah.

Dilengkapi pula dengan sistem pendingan cairan dan teknologi eSP.

Seperti yang diketahui, teknologi eSP tersebut berperan penting dalam menjaga suhu mesin agar selalu dingin dan stabil. Kabar baiknya, fitur lain yang diusung skutik Honda ini juga terbilang lebih canggih dan mumpuni, guna menunjang keselamatan dan kenyamanan pengguna dalam bermanuver.

Bukan tanpa alasan, mengingat motor Honda jenis matik premium ini akan dibekali dengan beberapa fitur unggulan yang fungsional.

Adapun fitur-fitur keren lainnya adalah sebagai berikut.

1. Full Digital Panel Meter

Panel indikator full digital dengan tampilan yang canggih dan informasi lengkap yang meliputi Smart Key indicator, Idling Stop indicator, Trip meter, Fuel Consumption indicator, jam digital dan ABS indicator (*ABS indicator khusus tipe ABS).

Digital Panel ini sangat membantu anda untuk membaca data yang ada di motor dengan mudah, cepat dan akurat.

Tentunya dengan adanya panel digital ini memberikan kesan modern dan kekinian bagi motor matik keluaran terbaru ini.

Full Digital Panel Meter

Full Digital Panel Meter

2. LED Headlight

Honda PCX 150 telah menggunakan lampu dengan sistem pencahayaan LED, yang membuat motor ini akan menghasilkan pancaran lampu lebih terang dari biasanya.

Keberadaan lampu berteknologi LED di bagian depannya pun ternyata mampu memberikan penerangan yang maksimal, terutama saat berkendara di malam hari.

Lampu LED tentunya memberikan kesan elegan dan gagah bagi yang melihatnya.

LED Headlight Honda PCX

LED Headlight Honda PCX 150

3. LED Tailight

Tak hanya menggunakan sistem pencahayaan LED di lampu bagian depan, Honda PCX 150 juga telah menggunakan LED Tailight di bagian belakangnya yang membuat lampu menjadi lebih terang dan stylish.

LED Tailight Honda PCX

LED Tailight Honda PCX

4. Rear Disc Brake

Bicara soal keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, Honda PCX 150 setelah telah menggunakan sistem pengereman canggih yang berfungsi untuk meningkatkan performa pengereman yang lebih nyaman aman stabil dan menghindari slip yang terjadi di ban baik di jalanan yang normal dan licin.

Rear Disc Brake

Rear Disc Brake

 

5. Anti Lock Braking System (ABS).

Tak cukup hanya dengan Rear Disc Brake, PCX 150 juga telah menyematkan sistem pengereman canggih dengan meningkatkan kestabilan dan keamanan yang biasa disebut dengan anti lock braking system

Sistem ini dapat melakukan pengereman terbaik ketika pengguna melakukan pengereman secara mendadak di jalanan.

Sistem pengereman canggih yang meningkatkan kestabilan dan keselamatan dalam pengereman. *Khusus tipe ABS

Anti Lock Braking System ABS

Anti Lock Braking System ABS

6. Power Charging

Fitur kekinian yang tidak kalah pentingnya yaitu power charging, sebuah fitur yang sangat membantu anda ketika harus berada dan berpergian dengan jarak yang jauh.

Dengan adanya fitur power charging ini kita dapat dengan mudah melakukan pengisian baterai smartphone tanpa harus takut baterai habis.

Sekedar info bahwa penggunaan daya maksimal untuk power charging ini adalah 12 W ( 12 V 1 A )

Power Charging

Power Charging

7. Smart Key System

Sebuah teknologi canggih yang dikendalikan oleh remote, dimana tidak lagi memerlukan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin dan mengunci stang.

Terintegrasi dengan Immobilizer, sistem keamanan Anti Theft Alarm dan Answer Back System untuk mempermudah mencari posisi motor di lokasi parkir.

Sebuah fitur keamanan yang sangat membantu menghindari terjadi pencurian sepeda motor.

Smart Key System Honda PCX

Smart Key System Honda PCX

8. Large Luggage

Dengan bobot yang lebih besar dibandingkan motor matik sejenisnya, Honda PCX memiliki bagasi dengan kapasitas 28,8 liter yang telah dilengkapi dengan stop seater di bagian depan.

Kapasitas bagasi yang besar ini dapat menampung barang-barang penting yang tidak boleh dilupakan seperti jaket, jas hujan dan helm Adapun spesifikasi lengkap Honda PCX 150 yang dapat kita ketahui adalah sebagai berikut.

Large Luggage

Large Luggage

Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX 150

Meskipun dilengkapi dengan sistem pengereman yang lebih baik melalui penyematan cakram di bagian belakang dan Anti Lock Braking System (ABS), tak berarti rem Honda PCX 150 tanpa kekurangan.

ABS yang diberikan motor ini ternyata hanya ada satu channel di roda depan saja.

Tentu saja yang demikian dianggap kurang maksimal jika dibandingkan dengan Yamaha NMAX yang memiliki ABS dua channel pada kedua rodanya.

Sementara itu jika dilihat dari tampilan luarnya, motor ini memang memiliki keunggulan tersendiri, yakni di desain ala Moge.

Tidak hanya itu, PCX 150 juga membawa fitur canggih yang lebih lengkap. Mendapat dukungan mesin responsif dan gahar sehingga membuatnya pas diandalkan saat bermanuver di jalanan yang padat sekalipun.

Meskipun bahan bakarnya sangat irit dan memiliki sistem pengereman optimal, sparepate Honda PCX 150 ini ternyata sangat minim.

Bahkan motor tersebut terbilang kurang lincah dan gesit.

Jok bagian belakangnya yang dibuat lebih kecil sehingga dirasa kurang apalagi jika motor ini akan digunakan berkendara dengan jarak jauh atau berpetualang.

Perbedaan Honda PCX 150 vs PCX Hybrid

Meskipun jenis motor Honda PCX ini menjadi salah satu yang paling laris di pasaran, ternyata masih banyak yang belum memahami perbedaan Honda PCX 150 dan PCX Hybrid.

Jika dilihat dari segi dimensinya, kedua motor ini memang tidak memiliki perbedaan yang berarti.

Honda PCX masing-masing memiliki dimensi 1923 x 745 x 1107 mm dan jarak sumbu antara roda sekitar 1131 mm.  

Meskipun memiliki ukuran dimensi yang sama, ternyata kedua motor Honda ini memiliki bobot yang berbeda.

Honda PCX Hybrid memiliki bobot lebih berat sekitar 4 kg dari PCX 150 versi standard.

Jika PCX 150 standar memiliki bobot 132 kg, maka PCX Hybrid memiliki bobot 136 kg.

Perbedaan lainya bisa dijumpai dari segi tampilan eksteriornya, dimana PCX Hybrid memiliki aksen Hybrid Blue di bagian body.

Spesifikasi Lengkap Honda PCX 150

Adapun spesifikasi lengkap Honda PCX 150 yang dapat kita ketahui adalah sebagai berikut.

Mesin
Tipe Mesin4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Diameter X Langkah57,3 x 57,9 mm
Tipe TranmisiOtomatis, V-Matic
Rasio Kompresi10,6:1
Daya Maksimum10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm
Tipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Sistem Pendingin MesinBerpendingin Cairan
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe RangkaDouble Cradle
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangTwin
Ukuran Ban Depan100/80 – 14 M/C (Tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang120/70 – 14 M/C (tanpa ban dalam)
Rem DepanCakram
Rem BelakangCakram
Sistem PengeremanCombined Brake System Hidrolis dengan 3 piston caliper (untuk tipe CBS), Anti-Lock Braking System (untuk tipe ABS)
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1.923 x 745 x 1.107 mm
Tinggi Tempat Duduk764 mm
Jarak Sumbu Roda1,313 mm
Jarak Terendah Ke Tanah137 mm
Curb Weight131 Kg (CBS); 132 kg (ABS)
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar8 L
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 L (penggantian periodik)
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki12 V – 5 Ah, tipe MF
Sistem PengapianFull Transisterized, baterai
Tipe BusiNGK MR8K-9

Varian Warna Honda PCX 150

Bicara soal warna, Honda telah resmi meluncurkan 5 varian warna untuk Honda PCX 150. Adapun varian warna keren dari Honda PCX ini adalah sebagai berikut.

1. Maginificent Matte Brown

Maginificent Matte Brown adalah varian warna yang pertama dikeluarkan oleh pihak Honda dengan warna dominan adalah map coklat jenis warna coklat ini didasari dengan balutan warna yang penuh dengan rasa elegan dan menakjubkan tak heran jika motor Honda PCX 150 ini menjadi salah satu motor matic raksasa yang paling banyak diburu oleh para pecinta motor matic

Warna Honda PCX 150 Maginificent Matte Brown

Maginificent Matte Brown

2. New Sophisticated Matte Silver

Varian warna Honda PCX 150 selanjutnya adalah New Sophisticated Matte Silver. Varian warna yang satu ini menggunakan matte silver sebagai warna utamanya.

Tidak ada aksen khusus yang diberikan di varian warna ini.

Bagi yang suka dengan konsep simpel dan sederhana, varian warna ini sangat cocok untuk dipilih.

New Sophisticated Matte Silver

New Sophisticated Matte Silver

3. Wonderful White

Wonderful White merupakan varian warna terbaru Honda PCX 150 yang menggunakan putih sebagai warna dominannya.

Warna putih memberikan kesan bersih, elegan dan ekslusif loh.

Hanya saja agar tetap terlihat elegan, bagi mereka yang menggunakan warna ini harus rajin mencuci dan membersihkan motor ini.

Wonderful White

Wonderful White

4. Majestic Matte Red

Varian warna selanjutnya menggunakan warna dasar Merah dengan kombinasi warna hitam di beberapa komponennya.

Majestic Matte Red merupakan varian warna lainnya yang dikeluarkan oleh pihak Honda untuk memuaskan para pecinta warna merah.

Tentunya warna ini memberikan rasa gagah dan berani ketika berada di jalanan.

Majestic Matte Red

Majestic Matte Red

5. Brilliant Black

Varian warna terakhir yang dikeluarkan oleh Honda adalah Brilliant Black. Varian warna yang satu ini di dominasi dengan warna hitam loh.

Jika varian warna yang lainnya terdapat kombinasi dua warna, khusus untuk varian yang satu ini tidak menggunakan campuran warna lagi.

Motor ini memiliki full body berwarna hitam. Tentunya ini menjadi kabar baik ya buat para pecinta warna hitam yang ingin terlihat menawan tanpa campuran warna lain.

Brilliant Black

Brilliant Black

Harga Honda PCX 150 Terbaru

Bicara soal harga, motor matik raksasa yang satu ini ternyata dibandrol dengan harga yang bervariasi.

Harga tersebut dibedakan berdasarkan jenis dan tipenya. Yuk simak langsung harga terbaru Honda PCX 150.

TipeHarga
PCX 150 – CBSRp. 28.933.000
PCX 150 – ABSRp. 31.934.000
PCX HybridRp. 42.139.000
Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar Honda PCX 150, nantikan ulasan terbaik lainnya hanya di MotoMobi.id ya

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *