Menu

Honda PCX Hybrid

Diperbarui: 15 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Hadir dengan teknologi Smart Key System, sehingga membuat motor Honda PCX Hybrid mampu memberikan jaminan keamanan yang lebih baik lagi kepada para pengendaranya.

Oleh karenanya jangan heran jika pada akhirnya PCX Hybrid menjadi salah satu skutik paling laris, terutama untuk pasar Indonesia.

PCX Hybrid sebenarnya merupakan fenomena sebab skutik tersebut menjadi pelopor roda dua yang cukup sukses menggabungkan bensin dengan baterai Lithium Ion sebagai sumber tenaganya.

Jika dilihat sekilas, Honda PCX Hybrid memang tampak istimewa.

PCX Hybrid bahkan bisa dibilang sebagai motor matic paling canggih saat ini di Indonesia, tapi sayangnya harga Honda PCX Hybrid terlampau mahal.

Namun tak perlu khawatir, sebab skutik Honda ini memiliki mesin yang lebih bertenaga.

Kabar baiknya, ternyata motor listriknya tidak akan gantikan mesin konvesional, sebab memang hanya bertugas membantu pada saat proses akselerasi saja.

Selain itu, PCX Hybrid tersedia dalam tiga mode berkendara, yakni ‘S’ untuk mendapatkan performa maksimal, ‘D’ untuk berkendara santai, dan terakhir ada Idling Mode yang mirip ‘D’, tapi fitur Idling Start Stop-nya dinon-aktifkan.

Review Honda PCX Hybrid Istimewa dengan Teknologi Smart Key System

Fisik Honda PCX Hybrid memang tidak ada bedanya dengan versi konvensional, tapi bukan berarti motor skutik Honda tersebut sama sekali tidak memiliki sejumlah perubahan.

Skutik yang ditawarkan dengan kisaran harga Rp 27 juta rupiah ini memiliki Aksara Hybrid yang ada di bagian depan sehingga menjadi penanda bahwa ini bukan PCX versi konvensional.

Pun dengan aksen biru yang ada di bagian lampu senjanya.

Body motor matic tersebut bahkan masih mengusung format skutik Eropa yang super mewah dan istimewa.

Tidak ada grafis atau stiker yang menghiasinya.

Tidak hanya itu, riding position yang rileks dengan fleksibilitas optimal pun tetap dipertahankan pada PCX Hybrid. Lampu di bagian depan tetap mengandalkan tipe LED agar lebih hemat daya.

Kemudian pada bagian buritannya pun demikian, dengan bentuk lampu kombinasi yang mirip aksara X sehingga terlihat lebih keren. Stang telanjang yang tidak memiliki cover disatu sisi lebih mengesankan skutik bergaya touring.

Lalu di sisi lainnya ada pilihan warna krom yang tampak cukup mencolok sehingga mampu meningkatkan kesan mewah pada motor tersebut.

Lebih lanjut lagi mengenai dimensi body pada Honda PCX Hybryd, yang mana motor matic tersebut dibangun dari rangka Double Cradle berukuran 1923 x 745 x 1107 mm dengan jarak sumbu roda 1313 mm dan bobot 136 kg.

Lalu untuk tinggi tempat duduknya sendiri ternyata sudah dibangun dengan ukuran 764 mm.

Dengan begitu pengendara akan lebih nyaman lagi meski melakukan perjalanan jauh sekalipun.

Secara garis besar mesin yang dibawa Honda pada PCX Hybryd ini memang masih sama dengan varian standarnya.

Yang mana skutik tersebut membawa mesin SOHC empat langkah berpendingin cairan, juga memiliki kapasitas 149.3 cc (150 cc).

Untuk mendapatkan performa yang handal, Honda mengkawinkan mesin tersebut dengan sistem transmisi otomatis, yakni V-Matic modern.

Hal tersebut membuat motor skutik Honda ini diklaim mampu memberikan power maksimal hingga 10.8 kw pada putaran 8500 rpm dan 1.4 kw pada putaran 3000 rpm, serta torsi puncak 13.2 nm pada putaran 6500 rpm.

Tidak hanya itu saja, sektor dapur pacunya pun sudah dilengkapi pula dengan teknologi GM FI dan eSP yang diklaim akan membuat motor ini jauh lebih efisien dan pastinya juga lebih ramah lingkungan.

Fitur Unggulan Honda PCX Hybrid

Setiap motor tentu memiliki fitur unggulannya masing-masing, berikut ini adalah fitur keren yang ada di Honda PCX Hybrid Terbaru.

Sebelum kami membahas lebih jauh mengenai fitur unggulan Honda PCX Hybrid

1. Full Digital Panel Meter

Honda PCX Hybrid telah menggunakan sistem digital untuk bagian panel meter mereka.

Panel indikator full digital ini hadir dengan tampilan yang canggih dan informasi lengkap yang meliputi tambahan Smart Key Indicator, Oil Change Indicator dan ABS Indicator, Riding Mode, Assist, Charge Level, Level Stage of Charge (level baterai Lithium) dan Lithium Battery indicator.

Diharapkan dengan menggunakan panel meter yang sudah digital ini dapat mempermudah pengguna dalam membaca data dan informasi motor secara cepat, tepat dan akurat.

Full Digital Panel Meter di Honda PCX Hybrid

Full Digital Panel Meter

2. Riding Mode

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Honda PCX Hybrid adalah Riding Mode.

Jika diperhatikan fitur ini mirip dengan transmisi yang ada di mobil.

Ada dua Mode Riding yang dimiliki PCX Hybrid yaitu Drive Mode dan Sport Mode.

Sedikit informasi tentang Riding Mode yang terdapat di PCX Hybrid Terbaru.

  • D (Drive Mode): Performa mesin mendapat tenaga bantuan baterai untuk performa bertenaga namun hemat bahan bakar.
  • S (Sport Mode): Berkendara lebih menyenangkan dengan akselerasi lebih responsive dan performa lebih bertenanga dibandingkan Drive Mood.
  • Idling Mode : Berkendara tanpa mengaktifkan fitur Idling Stop. Performa sama seperti Drive Mood.

Hebatnya, tidak semua jenis motor memiliki mode berkendara seperti ini.

Riding Mode

Riding Mode

3. Power Charging

Memenuhi kebutuhan para pengguna yang selalu ingin on mobile dengan menghadirkan fitur power charging.

Fitur ini sangat membantu para penggunanya untuk melakukan pengisian dari smartphone.

Diharapkan dengan adanya power charging ini pengguna dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara dan tidak takut HP mereka akan mati ketika sedang berkendara.

Penggunaan daya maksimal untuk power charging ini adalah 12 W ( 12 V 1 A ).

Power Charging

Power Charging

4. Large Luggage

Hadir dengan bobot yang lebih besar dibanding motor matik lainnya, ternyata berdampak posisi ke bagian Bagasi.

Honda PCX Hybrid memiliki bagasi dengan kapasitas 23,3 L dan telah dilengkapi dengan seat stopper yang berguna untuk membuka jok motor langsung melalui panel kunci yang ada di depan.

Large Luggage

Large Luggage

5. Emblem Hybrid

Ini dia yang membedakan varian Honda PCX 150 dengan Honda PCX Hybrid, yaitu hadirnya emblem hybrid.

Emblem Hybrid ini cuma dimiliki oleh Honda PCX Hybrid.

Hal ini tentu menambah kesan mewah dan limited edition banget kan ya.

Emblem Hybrid

Emblem Hybrid

6. LED Tailight

Honda PCX Hybrid telah mengadopsi sistem pencahaan yang menggunakan LED untuk bagian lampu belakang (LED Tailight).

Efek pencahayaan menggunakan LED membuat motor menjadi lebih terang dan stylist.

LED Tailight

LED Tailight

7. Rear Disc Brake

Tak hanya mengutaman fitur dan teknologi modern, Honda PCX Hybrid terus melakukan pembaharuan di segala aspek termasuk aspek kenyamanan dalam berkendara.

Honda PCX 150 menggunakan sistem pengereman canggih (Rear Disc Brake) yang berfungsi untuk meningkatkan performa pengereman yang lebih nyaman dan stabil.

Rear Disc Brake

Rear Disc Brake

8. Anti Lock Braking System (ABS)

Sistem pengereman canggih ini meningkatkan kestabilan dan keselamatan dalam pengereman, terutama saat pengereman mendadak.

Sangat baik ketika harus melakukan pengereman ketika berada di jalanan yang licin.

Anti Lock Braking System ABS

Anti Lock Braking System ABS

9. Smart Key System

Sebuah teknologi canggih yang dikendalikan oleh remote, dimana pengguna tidak lagi membutuhkan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin dan mengunci stang.

Kunci ini sudah terintegrasi dengan Immobilizer, sistem keamanan Anti Theft Alarm dan Answer Back System untuk mempermudah mencari posisi motor di lokasi parkir.

Smart Key System

Smart Key System

10. LED Headlight

Penerangan Honda PCX Hybrid telah menggunakan Lampu LED, ini berdampak baik untuk lampu bagian depan.

Lampu depan PCX Hybrid telah menggunakan sistem pencahayaan LED sehingga lebih terang, menambah kesan canggih serta eksklusif dan lebih sporty.

LED Headlight Honda PCX Hybrid

LED Headlight

 

Selain fitur unggulan yang telah kita sebutkan sebelumnya, ada lagi loh fitur unggulan lainnya.

Perlu diketahui tentang kaki-kaki yang diusung motor matic Honda satu ini yang akan membawa suspensi handal.

Yakni, tipe suspensi Telescopic di bagian depan dan suspensi tipe Twin Shockbreasker di bagian belakang.

Kedua suspensi tersebut maka membuat keseimbangan motor ini jadi semakin maksimal, bahkan saat berkendara di medan jalan yang tidak rata atau bergeronjal.

Selain itu, di sektor kaki-kakinya juga sudah dilengkapi dengan rem cakram berteknologi khusus, yakni ABS, yang akan memberikan kualitas pengereman lebih baik dan pastinya juga anti selip ketika mengerem secara mendadak.

Di sisi lain ada fitur unggulan yang turut disematkan Honda pada PCX Hybrid, yakni panel indikator digital dengan layar LCD yang canggih dan informatif.

Menariknya, ada sedikit perbedaan antara Honda PCX Hybrid dengan versi standarnya yang terlihat pada fitur Honda Smart Key System dan Riding Mode, yang ternyata bisa dipilih pengguna sesuai kebutuhan lewat tombol Riding Mode. Berkat kedua fitur canggih di Honda PCX Hybrid tersebut maka kehebatan skutik matic ini tentu saja semakin terpancar.

Sementara itu di sisi lainnya, khusus untuk versi Hybrid Honda sudah menyematkan Emblem khusus yang berupa Hybrid Emblem.

Tujuannya, tidak lain untuk mempertegas kehandalan dari teknologi Hybrid yang disematkan di dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX Hybrid

Kelebihan pertama dari Honda PCX Hyrbrid adalah motor skutik ini ternyata jauh lebih bertenaga jika dibandingkan dengan PCX versi standar. Hal tersebut berkat disematkannya teknologi bernama Motor Assist yang berfungsi untuk mensuplai tenaga tambahan pada mesin skutik PCX Hybrid.

Gabungan tenaga antara Motor Assist dan mesin bensin tersebut ternyata mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 8500 PS. Lalu untuk torsinya sendiri mencapai 13.2 nm.

PCX Hybrid pastinya akan memberikan pengalaman dalam berkendara yang berbeda lewat performa unggulannya dan fitur-fitur berkelas.

Kabar baiknya, Honda juga sudah menyemat baterai Lithium berkapasitas 50.4 volt ampere pada PCX Hybrid. Tapi sayangnya, keberadaan baterai tersebut membuat kapasitas bagasi skutik ini menyusut dari semula 25 liter kini menjadi 23.3 liter.

Untungnya, Honda PCX Hybrid masih menyematkan pilihan mode berkendara, yakni Sport Mode dan Drive Mode.

Untuk menambah kesan mewah pada skutik Honda ini juga sudah ada lampu berteknologi LED di semua sistem pencahayaan, sehingga tampilan skutik tersebut akan sangat cantik saat malam hari.

Juga ada DC Socket untuk pengisian daya baterai smartphone, tidak hanya itu Honda bahkan sudah melengkapi motor skutiknya tersebut dengan Honda Smart Key System dan Answer Back System.

Tapi sayangnya, PCX Hybrid ternyata tidak seirit yang dibayangkan. Skutik tersebut dijanjikan berakselerasi 20-30 persen jauh lebih baik dari PCX standar atau konvensional.

Menggunakan Motor Assist membuatnya mampu memberikan sensasi awal ketika melakukan akselerasi jadi lebih bagus lagi, dan di sensasi kedua meskipun menggunakan mesin berkapasitas 150 cc tetapi ternyata tenaganya sama seperti ketika Anda mengendarai motor 200 cc.

Ada kaitannya dengan keiritan bahan bakarnya, PCX Hybrid tidak cukup mampu berbicara banyak. Kenaikannya hanya sekitar 2-3 persen saja jika dibandingkan PCX standar yang berbahan bakar minyak. Sungguh ini adalah perbedaan yang tidak signifikan.

Spesifikasi Honda PCX Hybrid

Setelah mengetahui review, fitur unggulan, kelebihan dan kekurangan dari Honda PCX Hybrid tidak ada salahnya kita bagikan spesifikasi lengkap dari motor matik honda yang satu ini.

Mesin
Tipe Mesin4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
Kapasitas Mesin149,3 cc
Diameter X Langkah57,3 x 57,9 mm
Tipe TranmisiOtomatis, V-Matic
Rasio Kompresi10,6:1
Daya Maksimum10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm (Mesin), 1,4 KW / 3.000 rpm (Motor)
Torsi Maksimum13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm (Mesin), 4,3 N.m / 3.000 rpm (Motor)
Tipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe RangkaDouble Cradle
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangTwin
Ukuran Ban Depan100/80 – 14 M/C (Tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang120/70 – 14 M/C (tanpa ban dalam)
Rem DepanCakram, Anti-Lock Braking Sistem
Rem BelakangCakram
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1.923 x 745 x 1.107 mm
Tinggi Tempat Duduk764 mm
Jarak Sumbu Roda1,313 mm
Jarak Terendah Ke Tanah137 mm
Curb Weight136 Kg
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar8L
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 L (penggantian periodik)
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki12 V – 3 Ah, tipe MF 50,4 V- 4Ah, Tipe Lithium- Ion
Sistem PengapianFull transisterized, baterai
Tipe BusiNGK MR8K-9

Varian Warna Honda PCX Hybrid

Bicara soal warna, Honda hanya mengeluarkan satu varian warna untuk motor matik terbaik mereka yang satu ini.

Hybrid Blue

Varian Warna Honda PCX Hybrid

Varian Warna Honda PCX Hybrid

Harga Honda PCX Hybrid Terbaru

Kaya akan fitur terbaik dan kekinian, ternyata ada harga yang harus dibayar untuk bisa mendapatkan motor matik keren yang satu ini loh. Berikut adalah harga terbaru Honda PCX Hybrid untuk skala Nasional.

TipeHarga
PCX HybridRp. 42.139.000
Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar Honda PCX Hybrid yang bisa anda jadikan sebagai salah satu referensi untuk memiliki motor matik terbaik di kelasnya.

Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Motomobi ya. Semoga Bermanfaat~

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *