Honda Super Cub 125

Berbicara mengenai Honda Super Cub 125, motor tersebut ternyata tidak hanya hadir dengan mesin yang modern dan seakan-akan menghidupkan kembali era motor bebek bergaya lawas, tetapi Honda juga sudah melengkapinya dengan berbagai fitur super canggih yang akan membuat pengendaranya lebih nyaman dan aman lagi dalam bermanuver.

Motor Honda Super Cub C125 pada dasarnya dibuat karena terinspirasi dari motor bebek Honda terbaik yang dulu sempat hip di era 1970-1980-an.

Selain unggul karena penggunaan lampu LED, motor Honda Super Cub 125 ini juga memiliki Speedometer Digital Injeksi terbaik dan terbaru.

Namun untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Honda Super Cub 125, mari simak rangkumannya di bawah ini.

Review Super Cub C125, Motor Berdesain Klasik Bergaya Modern

Meskipun desain yang diaplikasikan pada Honda Super Cub C125 ini bukanlah yang pertama kali digunakan Honda, desain asli motor tersebut pertama kalinya digunakan Honda Cub C70 pada rentang tahun 70-80-an.

Bisa dibilang, Honda Super Cub C125 merupakan versi reborn Super Cub C70. Tidak heran kalau pada akhirnya desain yang dibawanya sangat kental akan nuansa klasik.

Meskipun ada beberapa penyesuaian untuk mengikuti zaman. Lalu jika dilihat dari sisi lainnya, trend motor bergaya klasik sendiri memang kembali naik daun akhir-akhir ini.

Sehingga Super Cub C125 seakan-akan jadi jawaban terbaik bagi mereka yang menginginkan penampilan klasik tanpa harus meninggalkan kesan modern pada kendaraan roda duanya.

Meskipun menawarkan desain yang klasik, Honda Super Cub C125 ternyata juga memiliki beragam fitur yang terbaru dan modern.

Fitur paling kentara ada di bagian lampu-lampu, Honda sudah membenamkan teknologi LED pada semua bagiannya. Sehingga yang demikian membuat motor Honda terbaru tersebut tampil kekinian di sektor penerangan.

Tidak hanya itu, spesifikasi Honda Super Cub 125 terbaru ini juga tidak kalah menariknya jika melihat pada bagian Speedometer, yang selalu siap memikat dengan tampilan yang tidak kalah modernnya.

Menggantikan Speedometer yang memiliki model analog dan menggunakan jarum, pengguna tentu saja akan semakin dimanjakan lagi dengan tampilan digital.

Tidak hanya digunakan sebagai petunjuk kecepatan, ternyata keberadaan Speedometer digital yang disematkan pada Honda Super Cub C125 ini juga akan tampilkan beragam informasi tentang status motor.

Fitur yang semasam ini biasanya dikenal sebagai Multi Information Display (MID). Namun demikian, untuk membuatnya semakin menarik lagi Honda Super Cub C125 sudah dilengkapi dengan Speedometer digital bergaya klasik, sesuai genre yang dibawa motor tersebut pastinya.

Ditambah lagi sudah dibenamkan pula teknologi Smart Key yang memungkinkan motor Honda baru ini bisa digunakan secara Keyless.

Fitur Unggulan Honda Super Cub C125

Ada beberapa fitur unggulan yang disoroti oleh para pecinta motor antik dan klasik.

Dikatakan unggul karena memiliki tampilan yang klasik banget, Honda Super Cub C125 ini ternyata juga dilengkapi dengan berbagai fitur modern.

Adapun fitur-fitur unggulan yang ada di dalam Motor Honda Super Cub C125 adalah sebagai berikut.

1. Iconic Single Seat Design dan Electric Opener

Single seat yang dapat dibuka hanya dengan menekan tombol saja, dan terintegrasi dengan Honda Smart Key System sehingga lebih aman.

Fitur Keyless yang disematkan di dalamnya ternyata akan menggantikan anak kunci dengan remote pintar dan kenop.

Remote pintar Super Cub C125 ini terintegrasi juga dengan alarm dan Answer Back System.

Iconic Single Seat Design dan Electric Opener Honda Super Club 125

Iconic Single Seat Design dan Electric Opener

2. LED Headlight

Lampu dengan menggunakan sistem pencahayaan LED sehingga lebih terang, menambah kesan canggih serta eksklusif.

LED Headlight

LED Headlight

3. LED Tailight

Efek pencahayaan menjadi lebih terang dan stylish.

LED Tailight

LED Tailight

4. Combined Digital Panel Meter

Kombinasi panel meter analog dan digital kini hadir semakin canggih, membuat informasi berkendara lebih mudah terbaca dan sangat informatif.

Combined Digital Panel Meter

Combined Digital Panel Meter

5. V- Shaped Two Tone Wheel dan Tubeless Tire

Desain velg berbentuk V dengan efek Two-Tone berwarna chrome. Dilengkapi dengan ban tubeless memberikan rasa nyaman serta menunjang kepraktisan berkendara.

Sementara itu untuk ukuran roda bagian depan, yakni 70/90-17 inch dan belakang 80/90-17 inch. Untuk memberikan keamanan penuh pada pengendara, Honda sudah melengkapinya dengan rem depan yang sudah memakai cakram dan belakang masih teromol.

V Shaped Two Tone Wheel amp Tubeless Tire

V Shaped Two Tone Wheel amp Tubeless Tire

6. Smart Key System

Sebuah teknologi canggih yang dikendalikan oleh remote, dimana tidak lagi memerlukan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin dan mengunci stang. Terintegrasi dengan immobilizer sistem keamanan Anti Theft Alarm dan Answer Back System untuk mempermudah mencari posisi motor di lokasi parkir.

Alarm yang dimilikinya tentu saja sangat berguna sekali untuk mencegah maling. Alarm tersebut akan bekerja pada saat ada gerakan motor yang tak wajar, Super Cub C125 akan secara otomatis mengeluarkan suara dan lampunya menyala.

Fitur Answer Back System ini bahkan memudahkan pencarian kendaraan di tempat parkir.

Smart Key System

Smart Key System

7. Iconic Muffler dan Metal Rear Fender

Muffler dengan balutan warna chrome serta rear fender berbahan metal, memberikan ciri khas bebek retro / original yang kuat.

Iconic Muffler amp Metal Rear Fender

Iconic Muffler amp Metal Rear Fender

Meskipun memiliki tampilan yang jadul, mesin yang dibawa Super Cub C125 tersebut sudah menggunakan penyemprotan bahan bakar injeksi PGM-F1.

Sistem ini dipercaya jauh lebih presisi pada saat memberikan suplai ke ruang bakar. Selain hal itu juga akan semakin mudah beradaptasi dengan perbedaan tekanan udara.

Jika membahas lebih jauh lagi mengenai bagian jeroan pada Super Cub C125, Honda sudah melengkapinya dengan jantung mekanis 125 cc satu silinder SOHC.

Mesin ini diklaim akan sanggup memuntahkan torsi hingga puncak 9.79 Nm pada putaran 5.000 rpm, dan dengan tenaga maksimum 9.19 Ps pada putaran 7.500 rpm.

Sistem transmisi 4 percepatan manual. Total kapasitas tangki bahan bakarnya sudah lumayan cukup lega, yakni 3.7 liter.

Dimensi motor Honda Super Cub C125 ini adalah 1.910 x 71 x 1.002 mm, dan dengan jarak terendah ke tanah 136 mm. Motor Honda tersebut memiliki bobot sekitar 107 kg.

8. Light Handle Bar Design

Desain stang yang compact dan ringkas, memberikan aura modern dan dinamis yang lebih meningkatkan kesan premium di motor ini. 

Meskipun motor ini klasik tetapi tetap menghadirkan kesan modern dan ekslusif.

Light Handle Bar Design Honda Super Club 125

Light Handle Bar Design

Kelebihan dan Kekurangan Super Cub C125

Honda Super Cub C125 termasuk salah satu jenis motor yang hadir dalam segmen premium. Tidak heran jika pada akhirnya Honda membanderolnya dengan harga cukup mahal, yakni Rp 55 juta rupiah.

Mungkin hal tersebut yang pada akhirnya mengurungkan niat beberapa orang pada saat akan membeli sebuah motor Honda terbaru. Harga motor Honda yang mahal membuat sebagian orang dengan budget pas-pasan sedikit kesulitan untuk bisa memilikinya.

Tapi jika dibandingkan dengan produk Honda Super Cub yang sebelumnya, ternyata Supr Cub C125 ini telah hadir dengan fitur canggih dan modern. Salah satu fitur unggulan Honda Super Cub C125 adalah Smart Key System. Fitur ini telah terinetgrasi dengan alarm untuk mencegah terjadinya pencurian.

Tidak hanya itu, Super Cub C125 juga sudah dilengkapi dengan fitur Answer Back System, dimana indikator secara otomatis akan berkedip pada saat digunakan untuk memudahkan pencarian motor di lokasi parkir.

Selain itu, untuk kali pertamanya seri Honda Super Cub benamkan fitur lampu LED.

Jika dilihat dari sisi kenyamanan, motor Honda Super Cub C125 terbaru ini memang memiliki jok dengan komposisi satu orang dan memakai busa yang lebih tebal.

Meskipun ada perubahan dari segi fitur, sayangnya  Honda Super Cub C125 masih mempertahankan desain originalnya, seperti desain lampu yang berbentuk bulat.

Selain itu, untuk model knalpotnya sendiri dibuat memanjang dan tampak sangat ikonik, mendapat dukungan performa yang bisa diandalkan. Super Cub C125 terbaru ini mengkombinasikan antara teknologi canggih dengan Styling Super Cub tradisional.

Tidak lupa juga ada logo Super Cub yang tersemat di bagian depan, seperti pada Honda Super Cub pertama.

Kekurangan Honda Super Cub C125 yang lain adalah motor tersebut ternyata tidak bisa digunakan berboncengan. Dengan harga yang semahal itu Anda hanya bisa mendapatkan motor baru yang bisa digunakan sendiri.

Untungnya, Honda sudah melengkapinya dengan beragam fitur canggih dan terbaru.

Lalu untuk bagian rem-nya sendiri, Super Cub C125 memiliki rem depan yang menggunakan Disc Brake dengan satu piston, dan di bagian belakang masih teromol khas bebek klasik milik Honda.

Spesifikasi Lengkap Super Cub C125

Adapun spesifikasi lengkap adalah sebagai berikut ini.

Mesin
Tipe MesinPendinginan Udara, SOHC 4 langkah
Sistem Suplai Bahan BakarFuel Injection (PGM-FI)
Diameter X Langkah52,4 x 57,913 mm
Tipe TranmisiManual, 4 – kecepatan
Rasio Kompresi9,3 : 1
Daya Maksimum6,76 kW / 7.500 rpm
Torsi Maksimum9,79 Nm / 5.000 rpm
Tipe StarterElektrik
Tipe KoplingWet, Multiple With Coil Spring
Tipe PendinginanPendinginan Udara
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe RangkaBack Bone, Steel
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangSwing arm dengan suspensi ganda
Ukuran Ban Depan70/90-17 M/C 38P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang80/90-17 M/C 50P (Tubeless)
Rem DepanCakram Hidrolik
Rem BelakangMechanical Leading Trailing
Sistem PengeremanTromol
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1.910 x 718 x 1.002 mm
Tinggi Tempat Duduk780 mm
Jarak Sumbu Roda1.243 mm
Jarak Terendah Ke Tanah136 mm
Curb Weight107 Kg
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki12 V – 3 Ah, MF-Wet Type
Sistem PengapianFull Transisterized, Battery
Tipe BusiNGK CPR6EA-9 / DENSO U20EPR9
Lampu DepanHi 10,1 W x 1 (LED) , Low 5,1 W x 1 (LED)
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar3,7 liter
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 L (Penggantian Periodik)

Varian Warna Super Cub C125

Honda menyediakan berbagai macam warna untuk produk mereka yang bernama Super Cub C125 ini.

Terdapat tiga varian warna keren yang dapat anda pilih ketika ingin meminang motor klasik dengan style kekinian saat ini.

1. Pearl Shining Black

Varian pertama bernama Pearl Shining Black yang artinya untuk motor Honda Super Cub C125 ini memiliki dominan warna hitam dengan aksen campuran berwarna putih.

Kombinasi dua warna ini memberikan kesan retro dan klasik tetapi tetap mengikuti permintaan pasar yang kekinian.

Bagi anda yang suka dengan motor klasik, tidak ada salahnya memilih warna yang satu ini.

Pearl Shining Black Honda Super Club 125

Pearl Shining Black

2. Pearl Niltava Blue

Jika diperhatikan dengan seksama, varian warna Pearl Niltava Blue ini sekilas mirip dengan salah satu warna superhero yang bernama Captain Amerika.

Yaps, kombinasi warna antara warna biru dan merah ini ternyata memberikan kesan ekslusif bagi yang menggunakannya.

Pearl Niltava Blue

Pearl Niltava Blue

3. Pearl Nebula Red

Varian warna terakhir yang hadir di Motor Klasik ini bernama Pearl Nebula Red. Sesuai dengan namanya, varian warna ini di dominasi dengan warna merah menantang.

Kombinasi yang pas diselimuti oleh pihak Honda dengan menambahkan aksen campuran berwarna putih yang membuat motor honda klasik ini menjadi lebih elegan.

Pearl Nebula Red

Pearl Nebula Red

Harga Super Cub C125 Terbaru

Tentunya di segmen ini menjadi hal yang paling ditunggu karena semua tentu ingin tau berapa sih yang harus dibandrol untuk mendapatkan Motor Honda Klasik Super Cub C125 ini. Simak daftar harga motor klasik ini seperti tabel berikut.

TIpeHarga
Super Cub C125 BaruRp. 59.271.000
Super Cub C125 BekasRp. 50.271.000
Daftar Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar motor klasik Honda Super Cub C125, nantikan informasi lainnya hanya di motomobi.id

Leave a Reply