Honda Supra GTR 150

Honda Supra GTR 150 – Beberapa waktu yang lalu, pasar otomotif dunia memang lagi ramai dengan kehadirannya Yamaha MX King 150.

Dan sepertinya hal tersebut membuat Honda tak mau kalah dengan kompetitornya tersebut dan bersiap untuk melahirkan produk motor terbarunya, yakni Supra GTR 150 Facelift.

Ini adalah salah satu motor Honda terbaik dan terbaru yang pastinya sudah siap melenggang di jalanan. Honda Supra GTR 150 Facelift digadang-gadang sebagai penyegaran motor bebek, karena memang memiliki tampilan yang lebih modern dan keren.

Tidak hanya unggul dari segi desain, motor Honda Supra GTR 150 Facelift tersebut pastinya juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur terkini dan teknologi canggih.

Sehingga membuat Supra GTR 150 Facelift benar-benar pas diandalkan untuk bermanuver setiap harinya. Mau tahu informasi lebih detailnya mengenai review Supra GTR 150 Facelift? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Review Supra GTR 150 Facelift, Motor Terbaik Honda yang Punya Panel Instrumen Full Digital

Jika dilihat dari sisi desain, Supra GTR 150 Facelift ini digadang – gadang akan memiliki tampilan yang berbeda.

Bagaimana tidak, desainnya akan dibuat menyerupai Honda Vario 150 yang mana lampu utamanya tidak diletakkan di bagian kepala motor, akan tetapi di bagian body motor.

Tidak hanya itu, tampilan knalpotnya pun direvisi sehingga mirip milik Honda CBR 150R yang lebih sportif.

Knalpot yang dimiliki Supra GTR 150 Fecelift pastinya akan berdesain hexagonal dan diberi balutan cat silver.

Meskipun demikian, ternyata dari sisi mesin Honda masih mengandalkan kapasitas 150 cc DOHC satu silinder yang berpendingin cairan.

Mesin ini bisa memuntahkan torsi hingga 14.2 Nm pada putaran 6.500 rpm, dan dengan tenaga maksimum 16.3 Ps pada putaran 9.000 rpm.

Untungnya, Honda Supra GTR 150 Facelift memiliki fitur Panel Instrume Digital. Ini adalah salah satu jenis komponen yang sekaligus akan gantikan panel instrumen kombinasi yang terdapat pada model lama.

Panel Instrumen yang disematkan pada Supra GTR 150 Facelift memiliki desain yang serupa dengan Honda CBR 150R. Desainnya yang sportif, pengguna akan mendapatkan data seperti kecepatan, putaran mesin, jam, bahan bakar, posisi gigi transmisi, dan lain-lain.

Bocoran spesifikasi Honda Supra GTR 150 Facelift yang selanjutnya adalah motor tersebut juga diberi sistem pencahayaan Full LED. Ini tentunya menjadi kabar baik, karena sebelumnya hanya lampu depan yang mendapatkan LED.

Fungsi lampu LED pada Supra GTR 150 Facelift adalah untuk meningkatkan visibilitas dalam bermanuver saat malam hari.

Fitur ini bahkan bisa menghemat konsumsi daya aki, sehingga kelistrikan motor akan jadi lebih stabil dibandingkan ketika menggunakan lampu jenis bohlam.

Fitur Unggulan Honda All New Supra GTR150

Adapun fitur unggulan Supra GTR 150 Facelift yang digadang-gadang membuat motor Honda terbaru tersebut semakin garang saat digunakan bermanuver memang ada banyak sekali.

Lebih lengkapnya akan kita list agar lebih mudah untuk dipahami.

1. Digital Panel Meter

Berbeda dari versi sebelumnya, di Honda All New Supra GTR150 ini ada sesuatu yang baru yaitu terletak di bagian Panel Meter.

Jika umumnya motor bebek seperti ini hanya memiliki panel meter berbentuk analog, lain ceritanya dengan yang ada di Honda Supra GTR150 karena panel yang digunakan oleh motor jenis ini sudah menggunakan full digital futuristik yang memberikan sensasi lebih modern dan sporty.

Apabila dilihat dari sisi desain, motor Honda terbaik ini pastinya akan hadir dengan banyaknya perubahan. Pembaharuan yang bakal Anda temukan pada Supra GTR 150 Facelift tersebut adalah penggunaan Panel Instrumen Full Digital dan sistem pencahayaan yang Full LED.

Kedua fitur ini tentu saja akan semakin membuat pengendara lebih nyaman lagi saat melakukan perjalanan baik itu ketika malam hari.

Dengan kecepatan tinggi karena anda akan mendapatkan sensasi 6 kecepatan jadi lebih seru.

Digital Panel Meter Terbaru di Honda Supra GTR 150
Digital Panel Meter

2. Big Front Suspension

Suspensi bagian depan lebih besar untuk kestabilan bermanuver. Dibuat untuk memberikan kenyamanan penuh saat berkendara di segala kondisi hingga ke medan yang penuh lubang dan jalanan yang tidak mulus.

Big Front Suspension
Big Front Suspension

3.  Front Wide Tubeless Tire  & Disc Brake

Salah satu faktor yang memberikan kenyamanan dalam berkendara adalah dengan pemilihan Ban yang tepat. Pemilihan ban tubeless diyakini memberikan kenyamanan lebih baik, lebih tangguh dengan karena dimensi ban tubeless yang lebih lebar dengan sistem keamanan yang memukau dengan adanya rem cakram depan dan belakang.

Front Wide Tubeless Tire amp Disc Brake
Front Wide Tubeless Tire amp Disc Brake

4. New Generation DOHC 6 Speed- Engine

Meskipun demikian, soal mesin motor Honda Supra GTR 150 Facelift tersebut masih mengandalkan yang lama. Pabrikan yang berlambang sayap tersebut masih mempercayakan penggunaan mesin 150 cc DOHC dengan satu silinder berpendingin cairan.

Lalu untuk jantung mekanisnya masih sama seperti yng digunakan pada Honda CBR 150R, Honda Sonic 150R, dan Honda CB150R Streetfire.

Rasakan 6 sensasi kecepatan mesin DOHC yang superior saat melesat di jalanan. Tarikan bertenaga di setiap perpindahan gigi dengan mesin sportbike generasi terbaru DOHC 6-speed memberikan kebebasan akselerasi tanpa batas.

New Generation DOHC Speed Engine Honda Supra GTR 150
New Generation DOHC Speed Engine Honda Supra GTR 150

5. Rear Wide Tubeless Tire & Disc Brake

Ternyata penggunaan ban tubeless memberikan kenyamanan dan menjadikan motor lebih tangguh di segala bidang, hal ini dikarenakan ukuran ban tubeless yang lebih lebar.

Tak lupa memikirkan aspek keamanan, motor ini telah dilengkapi dengan rem cakram depan dan belakang.

Fitur ini bisa dikatakan sebagai Anti Lock Braking System (ABS).

Fitur ABS ini berguna untuk mencegah roda terkunci pada saat pengendara melakukan pengereman secara dadakan.

Dengan begitu pengendara diharap masih bisa tetap mengendalikan motor serta menghindari dari potensi terjadinya kecelakan di depan.

Apabila memang benar fitur ABS ini dihadirkan pada Supra GTR 150 Facelift, maka fitur tersebut pastinya akan menjadi pembeda paling tegas dengan kompetitor.

Sebab sampai sekarang Yamaha MX King 150 ternyata masih belum diberi ABS.

Namun demikian, adanya fitur ABS tersebut membuat harga Supra GTR 150 Facelift semakin melambung tinggi.

Rear Wide Tubeless Tire amp Disc Brake
Rear Wide Tubeless Tire amp Disc Brake

6. Tail Light &  Seperated Rear Winker

Desain baru lampu belakang yang slim dan sporty dikombinasikan dengan rear winker terpisah memberikan kesan motor sport yang nyata.

Tail Light and Seperated Rear Winker
Tail Light and Seperated Rear Winker

7. Layered Body Cover with Aggressive Striping

Jadikan sensasi melesat di jalan menjadi lebih seru ditambah dengan tampilan yang lebih agresif & tangguh lewat desain warna dan striping baru New Honda GTR150.

Layered Body Cover with Aggressive Striping
Layered Body Cover with Aggressive Striping

Kelebihan dan Kekurangan Supra GTR 150 Facelift

Biasanya kebanyakan konsumen pada segmen ini melihat desainnya terlebih dulu sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan. Lalu pertimbangan berikutnya baru mengenai performa mesin dan disusul fitur – fitur yang dibawanya. Desain motor Honda GTR 150 Facelift ini memang tampak sangat proporsional.

Memiliki garis lekukan yang tajam dan membentuk karakter sporty dan dinamis, motor tersebut tidak kalah dengan Yamaha MX King.

Supra GTR 150 Facelift dibangun dengan body berukuran 2.025 x 725 x 1.102 mm dan memiliki ukuran ban serta pelek yang cukup besar.

Ban depan pada motor Honda tersebut berukuran 90/80-17 46P, dan untuk ban bagian belakangnya sendiri memiliki ukuran 120/70-17 58P.

Dengan ukuran tersebut maka akan membuat laju motor jadi semakin stabil dan nyaman, terutama ketika digunakan bermanuver di jalanan yang tak terlalu rata.

Jantung mekanisme motor ini berkonfigurasi pada satu silinder DOHC. Mesin tersebut diklaim akan mampu hasilkan torsi hingga 14.2 Nm pada putaran 6.500 rpm dan dengan tenaga maksimum 16.3 Ps pada putaran 9.000 rpm.

Mengeluarkan daya yang lebih tinggi dibandingkan MX King, Honda Supra GTR 150 Facelift ini benar-benar pas dan layak banget untuk Anda miliki.

Keunggulan Supra GTR 150 Facelift yang lainnya adalah adanya transmisi enam percepatan. Rasio dan jangkauan penyaluran tenaga jadi lebih rata. Sementara itu pada rivalnya sendiri hanya lima speed.

Kemudian untuk urusan efisiensinya juga tidak perlu diragukan lagi. Berdasarkan pengujian, konsumen yang didapatkan mencapai 47.41 km/1. Metode yang digunakan adalah ECE R40 Euro 2. Motor ini benar – benar irit bahan bakar mengingat kapasitas mesin motor 150 cc.

Lalu jika berbicara mengenai kekurangan Supra GTR 150 Facelift sendiri ada pada ukuran bagasinya yang sangat kecil sekali. Apabila menginginkan kapasitas ditingkatkan lagi maka Anda harus membeli bagasi tambahan dari aftermarket. Kemudian di bagian Cluster Meter motor ini ternyata masih belum full digital.

Putaran mesinnya masih menggunakan analog, untuk sisanya lagi sudah menggunakan digital. Sehingga pada sektor tersebut MX King masih lebih baik. Sebenarnya secara fungsi tak terlalu jadi masalah, hanya saja kurang mengikuti trend.

Meskipun sudah menggunakan lampu depan LED, tetapi pada kenyatananya lampu sein dan belakang masih bohlam biasa.

Dan yang paling penting di sini adalah soal kenyamanan, pada saat digunakan tanpa berboncengan ternyata bantingan suspensi belakang terasa cukup keras. Memang untuk berseluncur kencang, Supra GTR 150 Facelift masih sangat stabil, tetapi sedikit mengorbankan kenyamanan di bagian belakang.

Perbedaan Supra GTR 150 vs Supra X 125 FI

Jika berbicara mengenai perbedaan antara Supra GTR 150 dengan Supra X 125 F1 tentu saja ada beberapa hal yang membedakan diantara kedua motor tersebut. Misalnya saja mengenai harga, Honda Supra GTR 150 dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 22-23 juta rupiah.

Sementara itu harga Honda Supra X 125 FI sendiri adalah Rp 17-18 juta rupiah. Lalu secara spesifikasi, Supra GTR 150 yang tampil lebih sporty ini memiliki mesin 149.16 cc, lalu untuk Supra X 125 FI spoke F1 tersebut hanya memiliki mesin berkapasitas 124.89 cc.

Warna Honda Supra GTR 150

Setelah merilis Motor Honda Supra GTR 150, honda meluncurkan beberapa varian warna terbaik mereka untuk Honda Supra GTR 150. Adapun beberapa varian warna tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sporty Spartan Red

Sporty Spartan Red merupakan varian warna jagoan dengan konsep laki banget nih.

Hadir dengan kombinasi warna hitam dan merah menjadikan varian warna ini banyak diburu oleh para lelaki.

Tak heran jika menggunakan varian warna ini menambah kesan maskulin dan sporti bagi yang menggunakannya.

Warna Honda Supra GTR 150 - Sporty Spartan Red
Sporty Spartan Red

2. Exclusive Matte Silver

Varian warna selanjutnya yaitu Exclusive Matte Silver dengan perpaduan warna hitam dan putih.

Warna ini lebih di dominasi dengan warna hitam dengan aksen tambahan berwarna putih dibagian depannya.

Bagi yang ingin terlihat elegan dan simpel, varian warna ini sangat direkomendasikan.

Exclusive Matte Silver
Exclusive Matte Silver

3. Sporty Gun Black

Varian warna selanjutnya yang gak kalah hebat adalah Sporty Gun Black yang warna dominannya benar-benar hanya berwarna hitam.

Tapi jangan takut, karena ada tambahan stiker berwarna merah yang akan memberikan kesan menantang dan sporty.

Sporty Gun Black
Sporty Gun Black

4. Exclusive Matte Red

Varian warna terakhir adalah Exclusive Matte Red dengan kombinasi warna merah dan hitam.

Kombinasi dua warna ini ternyata memberikan kesan ekslusif dan mewah.

Kombinasi dua warna ini terlihat di body bagian depan. Tak heran jika warna matte red ini menjadi salah satu warna favorit.

Exclusive Matte Red
Exclusive Matte Red

Spesifikasi Honda Supra GTR 150

Bicara soal motor memang gak ada habisnya, tapi tahukah anda bahwa sebelum memutuskan membeli sebuah motor kita juga harus tau spesifikasi lengkap Honda Supra GTR150.

Berikut adalah spesifikasi lengkap Honda Supra GTR 150 yang akan kita bahas.

Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, DOHC, 4 Katup
Kapasitas Mesin 149,16 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter X Langkah 57,3 x 57,8 mm
Tipe Tranmisi Manual, 6 Kecepatan
Rasio Kompresi 11,3:1
Daya Maksimum 12,0 kW (16,3 PS) / 9.000 rpm
Torsi Maksimum 14,2 Nm (1,45 kgf.m) / 6.500 rpm
Tipe Starter Elektric & Kick Starter
Tipe Kopling Wet Multiplate with Coil Springs
Sistem Pendingin Mesin Liquid Cooled with Auto Fan
Pola Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Kerangka dan Kaki-Kaki
Tipe Rangka Twin Tube Steel
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan 90/80-17 46P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 120/70-17 58P (Tubeless)
Rem Depan Cakram Hidrolik
Rem Belakang Cakram Hidrolik
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi 2.025 x 705 x 1.105 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Sumbu Roda 1.284 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 150 mm
Curb Weight 119 kg
Radius Putar 1.900 mm
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki MF 12V – 5.0 Ah
Sistem Pengapian Full – Transistor
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4.5 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas 1,1 Liter (Penggantian Periodik)

Harga Honda Supra GTR 150 Terbaru

Pembahasan terakhir tentunya yang paling ditunggu yaitu : HARGA. Tentu menjadi sebuah pertanyaan besar, berapa sih harga yang harus dibayar untuk mendapatkan motor ini.

Yuk simak tabel harganya berikut ini.

Harga Honda Supra GTR Terbaru
Honda Supra GTR 150 Sporty Baru Rp. 23.435.000
Honda Supra GTR 150 Sporty Bekas
Supra GTR 150 Exclusive Baru Rp. 23.685.000
Supra GTR 150 Exclusive Bekas
Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar Honda Supra GTR 150, nantikan artikel menarik lainnya seputar motor hanya di motomobi.id yaa

Leave a Comment