Menu

Honda Supra X 125 FI

Diperbarui: 10 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Dikenal sebagai salah satu pabrikan otomotif ternama di dunia, Honda kembali lagi memperkenalkan produk motor terbarunya bernama Honda Supra X 125 FI.

Ini merupakan motor Honda terbaik yang hadir dengan desain stripe terbaru di tahun ini.

Menjadi salah satu motor bebek andalan, Supra X 125 FI tersebut disebut-sebut sebagai motor yang cukup handal, sebab mampu memberikan grafis Chequrered Flag yang lebih tajam dan minimalis.

Honda sepertinya cukup percaya diri kalau produk motor terbarunya tersebut akan dicintai oleh pecinta motor bebek di Tanah Air.

Penyegaran yang dihadirkan pada Supra X 125 FI ini diharapkan agar mampu mengakomodasikan keinginan para konsumen pecinta motor bebek untuk memiliki motor yang lebih tangguh dalam menemani aktifitasnya sehari-hari.

Apalagi pada sektor dapur pacunya sendiri, Honda Supra X 125 FI sudah menyematkan mesin berteknologi mumpuni yang membuatnya selalu siap digunakan bermanuver di berbagai kondisi jalan.

Review Honda Supra X 125 FI, Motor Bebek Terbaik dengan Desain Stripe Terbaru

Berdiri sejak tahun 1997 silam, nama Supra di pasaran Indonesia memang cukup melegenda sebagai salah satu pabrikan otomotif terbaik.

Supra X 125 FI adalah salah satu jenis motor bebek andalannya yang dipasarakan baru-baru ini.

Jika dibandingkan dengan motor bebek pendahulunya, Supra X 125 FI ini ternyata memiliki sistem penyemprotan bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi, juga ada kapasitas mesin yang ditingkatkan menjadi 124.8 cc.

Salah satu penyegaran Supra X 125 FI yang cukup terlihat ada pada pilihan warnanya yang dibuat lebih baru, yakni Quantum Matte Black dan Energetic Red.

Meskipun Striping-nya dikurangi tetapi semakin membuat aura motor bebek ini tampak elegan.

Motor Supra X 125 FI tersebut bahkan sudah dilengkapi dengan fitur lampu rem belakang LED.

Honda bahkan sudah membekalinya dengan mesin satu silinder SOHC empat langkah.

Mesin ini diklaim akan mampu hasilkan torsi puncak 9.3 Nm pada putarn 4.00 rpm dan 9.96 Hp pada putaran 8.000 rpm.

Mesin ini kemudian dipadukan dengan transmisi empat percepatan. Lalu untuk segi harga, Supra X 125 FI untuk varian Spoke Wheel dibanderol sebesar Rp 16 juat rupiah, dan Rp 17 juta rupiah untuk varian Cast Wheel.

Honda Supra X 125 FI adalah salah satu merk premium di segmen bebek yang memang menjadi pilihan semua pecinta motor, sebab sesuai dengan kebutuhan konsumen yang ingin motor tangguh, kaya fitur fungsional, dan memiliki tampilan modern.

Fitur yang dibawanya lumayan lengkap, mulai dari bagasi yang bisa muat helm, dan gantungan helm di leher setang.

Selain itu dengan pilihan warna Matte maka akan menjadikan motor Supra X 125 FI ini tampak lebih berkelas. Oleh karena tidak heran kalau Honda Supra X 125 FI menjadi salah satu produk motor bebek paling laris dari Honda.

Fitur Unggulan Honda Supra X 125 FI

Tak seperti biasanya, kini jenis motor bebek besutan negara Jepang ini menghadirkan banyak fitur unggulan di dalamnya. Apa saja fitur terbaik yang dimiliki oleh Honda Supra X 125 FI ini, simak selengkapnya berikut  ini.

1. Modern Panel Meter

Fitur Instrument Cluster yang dibawanya bahkan cukup informatif, yang akan menginformasikan seputar Odometer, Speedometer, Malfunction Indicator Lamp, dan konsumsi bahan bakar.

Tapi sangat disayangkan sekali, tampilannya masih belum sepenuhnya digital, khususnya untuk Speedometer sehingga terlihat kurang modern.

Modern Panel Meter

Modern Panel Meter

2. Functional Hook

Foldable Hook adalah fitur lain yang turut disematkan Honda pada Supra X 125 FI.

Meskipun keberadaan fitur ini terlihat sepele, tetapi sangat berguna sekali, terutama pada saat pengendara harus membawa barang bawaan yang banyak, seperti kantong belanjaan.

Foldable Hook akan mampu membebaskan tanganmu dari tugas lain selain berkendara. Dengan begitu Anda akan lebih fokus pada jalan.

Soalnya berdasarkan pengalaman penulis, beberapa motor tidak dibekali pengunci barang, sehingga dapat membuat barang tersebut jatuh dan terlepas dari pengait yang nantinya dapat membahayakan pengemudi dan orang lain di jalanan.

Functional Hook

Functional Hook

3. Auto Secure Key Shutter with Seat Opener

Sistem penguncian bermagnet dengan penutup otomatis atau yang biasa disebut dengan Auto Secure Key Shutter, Fitur tersebut berfungsi untuk meningkatkan keamanan motor bebek dari pencurian.

Pada tempat yang sama juga dilengkapi dengan seat opener yang berguna untuk mempermudah anda membuka tempat duduk sehingga makin praktis.

Auto Secure Key Shutter with Seat Opener

Auto Secure Key Shutter with Seat Opener

4. Dual Keen Winker & Position Light

Desain lampu senja dan lampu sein ganda, dilengkapi dengan garis reflektor tajam yang ekslusif dan stylish. Sayangnya lampu bagian depan Honda Supra X 125 FI ini belum menggunakan LED.

 

Dual Keen Winker amp Position Light

Dual Keen Winker amp Position Light

5. Sporty Front & Rear Disc Brake

Sistem rem cakram pada roda depan maupun belakang yang menghasilkan kemampuan pegereman lebih optimal dan aman untuk semua kondisi jalan.

Dengan hadirnya sistem keamanan ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Sporty Front Rear Disc Brake

Sporty Front Rear Disc Brake

6. Utility Box (7 Liter)

Bagasi serba guna yan fungsional dengan kapasitas yang besar untuk kemudahan membawa dan menyimpan barang selama berkendara.

Anda dapat menyimpan barang apapun dengan mudah dan bebas karena bagasi yang ditawarkan sangat luas dan besar.

Utility Box (7 Liter) di Honda Supra X 125 FI

Utility Box (7 Liter)

7. Innovative Power Charger

Fitur selanjutnya yang hadir di Honda Supra X 125 FI adalah Power Charge. Fitur ini pastinya akan sangat memudahkan pengguna apabila ingin mengisi ulang daya baterai smartphonenya saat perjalanan.

Tanpa ragu rasakan perjalanan mudah dengan fitur charger yang aman dan praktis untuk pengisian daya gadget Anda.

Innovative Power Charger di Honda Supra X 125 FI

Innovative Power Charger

8. Sharp Led Tail Light

Menariknya, Honda Supra X 125 FI telah dibekali dengan lampu belakang yang sudah berjenis LED. Sebuah inovasi baru dari Honda untuk motor bebek yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa, penggunaan LED biasanya hanya dilakukan untuk lampu bagian depan.

Hadirnya lampu LED dibagian belakang ini akan menambah

Sharp Led Tail Light

Sharp Led Tail Light

Honda sudah membekali Supra X 125 FI dengan mesin berkapasitas 124.89 cc. Mesin satu silinder ini juga dipadukan dengan teknologi SOHC empat langkah dengan pendingan udara. Supra X 125 FI juga memiliki diameter silinder 52.4 x 57.9 mm dengan rasio 9.3 : 1.

Sehingga membuat Honda Supra X 125 FI mampu memuntahkan torsi pada puncak 9.3 Nm di putaran 4.000 rpm dan 9.96 Hp pada putaran 8.000 rpm.

Lalu dalam hal performa, Honda Supra X 125 FI sulit memang untuk membandingkannya dengan motor lain.

Karena motor bebek tersebut tidak memiliki kompetitor dari brand lain. Bisa dibilang saat ini Supra X 125 FI adalah rajanya bebek di Tanah Air.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Supra X 125 FI

Jika dilihat dari segi desain, Supra X 125 FI ini memang lebih unggul dari pendahulunya, sebab memiliki desain yang sporty. Desain body Supra X 125 FI dibuat lebih slim sehingga tampak garis yang tajam. Lalu untuk pilihan warnanya sendiri ada Quantum Matte Black dan Energetic Red.

Kesan mewah dan menawah juga dimunculkan lewat pengaplikasikan Headlamp yang berbentuk segitiga meruncing. Upaya modernisasi dilakukan dengan mengaplikasikan lampu belakang yang sudah mendapat dukungan teknologi LED dan dibuat menyatu dengan lampu sein.

Honda Supra X 125 FI dirancang khusus dengan dimensi 1.918 x 709 x 1.101 mm. Bobotnya hanya 106 kg sehingga membuatnya proporsional untuk digunakan berkendara di jalan beraspal. Ground Clearance yang dimiliki dibuat lebih tinggi, yakni 136. 5 mm sehingga membuat pengguna terasa lebih nyaman dan aman lagi saat melewati polisi tidur.

Tipe rangkanya sendiri adalah Backbone yang membuat Supra X 125 FI semakin nyaman saat digunakan berkendara di berbagai medan jalan.

Honda bahkan sudah menyematkan fitur teknologi mesin PGM-FI sehingga semakin membuat motor bebek tersebut mampu bertahan hingga kini. Fitur yang bisa optimalkan penggunan bahan bakar lebih irit.

Tentunya juga lebih ramah lingkungan. Pada Supra X 125 FI Anda juga akan menemukan mesin satu silinder SOHC empat langkah berkapasitas 124.89 cc.

Lalu untuk jantung mekanisnya sendiri mampu menghasilkan torsi pada puncak 9.3 Nm di putaran 4.000 rpm dan 9.96 Hp pada putaran 8.000 rpm di 10.1 Ps.

Dilengkapi pula dengan sistem transmisi empat percepatan manual. Mesin yang dibawanya tersebut diklaim lebih irit, bahkan mampu mencatat konsumsi bahan bakar hingga 57.2 km per liter.

Dibalik kelebihan, ada kekurangan Supra X 125 FI yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui. Kekurangan paling terasa ada pada performa mesinnya.

Ketika dibawa di jalanan yang menanjak, motor bebek ini terasa berat. Hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh ukuran gir-nya yang sangat kecil.

Lalu lampu depan yang dibuat menyala terus secara otomatis ketika motor dinyalakan tentu akan berpotensi menguras daya listrik lebih besar lagi.

Spesifikasi Honda Supra X 125 FI

Adapun spesifikasi dari Motor Honda Terbaru Supra X 125 FI adalah sebagai berikut.

Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal
Kapasitas Mesin124,89 cc
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah52,4 x 57,9 mm
Tipe Tranmisi4 Speed, Rotary
Rasio Kompresi9,3:1
Daya Maksimum7,40 kW (10,1 PS) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum9,30 Nm (0,95 kgf.m) / 4.000 rpm
Tipe StarterStarter Kaki dan Elektrik
Tipe KoplingMultiplate Wet Clutch with Coil Spring
Sistem Pendingin MesinPendingin Udara
Pola Perpindahan GigiN-1-2-3-4-N
Spesifikasi Rangka dan Kaki
Tipe RangkaTulang punggung
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan Ayun dengan Suspensi Ganda
Ukuran Ban Depan70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang80/90 – 17 M/C 44P
Rem DepanCakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem BelakangCakram Hidrolik dengan Piston Tunggal (CW)Tromol (SW)
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1.918 x 709 x 1.101 mm
Jarak Sumbu Roda1.235 mm
Jarak Terendah Ke Tanah136,5 mm
Curb Weight106 kg (CW)103 kg (SW)
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar4 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas0,7 Liter pada penggantian periodik
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki12V – 3.0 Ah
Sistem PengapianFull Transisterized
Tipe BusiNGK CPR6EA-9 / ND U20EPR9

Warna Honda Supra X 125 FI

Honda resmi meluncurkan Supra X 125 Fuel Injection dengan dua varian warna, dua varian keren tersebut adalah warna yang sangat elegan dan modern. Adapun varian warna honda supra x 125 adalah sebagai berikut.

1. Energetic Red

Varian warna  yang satu ini memiliki warna merah yang sangat mendominasi dengan campuran warna hitam yang membalut bagian belakangnya.

Energetic Red ini memberikan kesan energik dan membara bagi mereka yang menggunakan varian warna yang satu ini.

 

Energetic Red Honda Supra X 125 FI

Energetic Red

2. Quantum Matte Black

Varian warna yang satu ini mendominasi warna hitam sebagai warna dasarnya. Adapun beberapa aksen stiker berwarna merah disematkan untuk mempertegas rasa dari warna hitam yang dihasilkan.

Quantum Matte Black

Quantum Matte Black

Harga Honda Supra X 125 FI

Bicara soal harga memang ini yang paling ditungguin kan setelah pembahasan lainnya. Adapun harga lengkap dari honda supra x 125 FI untuk semua variannya adalah sebagai berikut.

Spesifikasi Mesin
Supra X 125 Spoke FI BaruRp. 17.680.000
Supra X 125 Spoke FI Bekas
Supra X 125 CW FI BaruRp 18.718.000
Supra X 125 CW FI Bekas
Daftar Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar Motor Bebek Honda Supra X 125 Fuel Injection Terbaru, nantikan informasi menarik lainnya hanya di Motomobi.id

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *