Menu

Honda Vario 125 eSP

Diperbarui: 17 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Cari motor matic terbaik di 2019 yang di desain dengan body sporty? Honda Vario 125 eSP patut untuk Anda pertimbangkan.

Alasannya, motor matic Honda satu ini hadir dengan desain body yang tidak hanya mengusung gaya sporty, tetapi juga berbody ramping dan stripping.

Oleh karenanya, motor Honda tersebut akan mampu berjalan lebih lincah di berbagai aksi.

Sebagai salah satu pelaku di bidang otomotif dunia, Honda pastinya juga sudah menyempurnakan motor matic buatannya tersebut dengan berbagai teknologi canggih dan fitur lengkap.

Salah satunya ada ACG Starter, ini adalah teknologi canggih yang bakal memberikan sensasi kepuasan kepada para penggunanya ketika menghidupkan mesin motor tanpa suara.

Juga ada Combi Brake yang akan memudahkan saat melakukan pengereman.

Apabila Anda tertarik untuk memiliki motor matic Honda Vario 125 eSP, sebaiknya simak terlebih dulu beberapa ulasan selengkapnya yang akan kami rangkumkan di bawah ini.

Motor Honda Vario eSP

Motor Honda Vario eSP

Review Honda Vario 125 eSP, Matic Bergaya Sporty dan Lincah untuk Berbagai Aksi

Hadir dengan desain yang lebih eksklusif khas matic modern, sebenarnya jika ditelisik lebih jauh lagi perbedaan antara Honda Vario 125 standar dan Honda Vario 125 eSP ini memang tak terlalu mencolok. Namun meskipun demikian bukan berarti motor ini tidak layak dibeli di tahun ini.

Ada beberapa pembaharuan yang diaplikasikan Honda pada Vario 125 eSP sehingga membuat motor ini tampak lebih mewah, sporty, agresif, dan berkelas.

Jika dilihat dari bagian depan, maka akan terlihat Headlamp modern yang berteknologi LED. Dimana teknologi tersebut akan siap memancarkan cahaya yang cukup terang pada saat berkendara di malam hari.

Tidak cukup di situ saja, untuk bagian dashboardnya sendiri Honda sudah melengkapinya dengan beberapa fitur penunjang keamanan, seperti Smart Key System yang telah terintegrasi dengan Anti Theft Alarm dan Answer Back System.

Lalu untuk dimensinya sendiri Honda Vario 125 eSP tersebut memiliki ukuran yang sama dengan versi standar, yakni 1921 x 682 x 1096 mm dengan berat 109 kg.

Agar keseimbangan dalam berkendara lebih terjamin Honda melengkapi motor maticnya tersebut dengan suspensi yang handal dan kokoh.

Pada bagian kaki-kakinya telah tersemat velg berukuran 14 inch dan ban berjenis tubeless yang berukuran cukup besar, yakni 80/90 di bagian depan dan 90/90 di bagian belakang.

Berbicara mengenai dapur pacu Honda Vario 125 eSP, sebagai bentuk pembaharuan yang lebih modern dan andal, tentu saja pihak Honda hadirkan motor ini dengan akselerasi mesin berkapasitas 125 cc yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Pasalnya, kali ini mesin yang disematkan di dalamnya diklaim memiliki catatan waktu tempuh hingga 12.5 detik untuk jarak 0-200 m dan bisa mencapai top speed hingga 98 km per jam.

Motor matic Honda tersebut bahkan sudah dilengkapi pula dengan fitur ISS, dimana dengan mengaktifkan fitur ISS atau Idling Stop System tersebut maka bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit di kelasnya, yakni 51.7 km per liter.

Sementara itu untuk powernya sendiri, matic tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 8.3 kw pada putaran 8500 rpm dan dengan torsi maksimum 10.8 nm pada putaran 5500 rpm, jadi motor matic ini dirasa sudah cukup baik.

Fitur Unggulan Honda Vario 125 eSP

Honda Vario menjadi salah satu motor matik terbaik yang paling banyak diburu untuk pasar Indonesia. Hal ini dikarenakan ada banyak fitur keren di dalamnya.

Adapun fitur terbaik dari Honda Vario 125 eSP adalah sebagai berikut.

1. Compact Steering Design with Advance Full Digital Panel Meter

Full digital Panel Meter terbaru dan canggih memuat informasi konsumsi bahan bakar, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, smart key, indikator baterai dan tegangan aki.

Terlihat sepele, namun ini adalah sesuatu hal yang sangat penting.

Karena banyak dari para pengguna sepeda motor lupa akan kesehatan motor mereka karena tidak adanya informasi yang berhubungan dengan hal tersebut.

Compact Steering Design with Advance Full Digital Panel Meter

Compact Steering Design with Advance Full Digital Panel Meter

2. Double Inner Rack

Honda Vario 125 eSP menghadirkan dua rak yang terletak di bagian depan dengan ukuran yang lebih besar dan lebih luas.

Hal ini tentu sangat bagus, agar barang apapun yang ditaruh ke dalam rak tidak terjatuh ketika motor terkena lubang atau bahkan melintasi jalanan yang bebatuan.

 

Double Inner Rack

Double Inner Rack

3. 18 Litre U-Box Helm In

Bagasi serbaguna mampu menyimpan helm full-face maupun barang lainnya. Bagasi dengan kapasitas 18 liter ini dapat menyimpan lebih banyak barang bawaan mu yang teramat penting.

18 Litre U Box Helm In

18 Litre U Box Helm In

 

4. All LED Lighting System With Sport Style Winker

Sistem pencahayaan dengan teknologi LED berdesain futuristik yang memberikan image canggih dan mewah.

Ditemani dengan dua mode LED untuk bagian lampu utama dan led strip yang memberikan kesan agresif.

All LED Lighting System With Sport Style Winker

All LED Lighting System With Sport Style Winker

5. All LED Lighting System with Sport Style Winker and Rear Fender

Sistem pencahayaan lampu belakang dengan teknologi LED yang memberikan kesan sporty dan mewah.

Menggunakan lampu berwarna merah dengan dua lampu sein yang membantu pengendara memberikan informasi ketika ingin berbelok.

All LED Lighting System with Sport Style Winker and Rear Fender

All LED Lighting System with Sport Style Winker and Rear Fender

6. New Sporty Muffler

Honda Vario 125 eSP hadir dengan model knalpot yang lebih sporti dan energik.

Hal ini ditandai dengan adanya aksen silver dibagian ujung knalpot.

Tentunya dengan hadirnya knalpot model terbaru ini memberikan kenyaman dalam berkendara.

New Sporty Muffler

New Sporty Muffler

7. Anti Theft Alarm with Answer Back System

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Honda Vario 125 eSP adalah fitur Answer Back System. Melalui fitur inilah pengendara bisa tahu letak posisi motor ketika lupa menempatkannya di suatu tempat.

Alarm untuk menjaga Vario-mu dari resiko pencurian, Answer Back System mempermudah mencari posisi motor di lokasi parkiran.

Lalu selanjutnya ada fitur Ignition Key yang terintegrasi dengan sistem pengamanan kunci bermagnet atau Magnetic Key, sehingga membuat sistem pengunciannya lebih aman untuk mencegah terjadinya pencurian.

 

Anti Theft Alarm with Answer Back System

Anti Theft Alarm with Answer Back System

Seperti namanya, matic Honda terbaik ini juga mendapat dukungan fitur teknologi yang bernama eSP.

Fitur tersebut nanti akan meminimalisir terjadinya gesekan piston, dengan begitu bahan bakarnya pun tidak akan terbuang dengan percuma.

Ada pula fitur ACD Starter yang akan memudahkan pengguna untuk mengaktifkan atau menghidupkan mesin pada motor tersebut.

Honda Vario 125 eSP pada dasarnya dikenal sebagai salah satu motor matic terbaik yang bertabur fitur canggih.

Salah satunya ada Idling Stop System atau ISS yang akan membantu dalam menekan konsumsi bahan bakar, sehingga motor matic ini jadi lebih hemat.

Selain itu juga ada fitur Side Stand Switch yang akan membuat mesin otomatis tidak bisa dinyalakan jika standar samping masih ada di posisi menyangga.

Adanya fitur Brake Lock System pada motor matic Honda tersebut membuatnya mencegah skutik ini loncat ketika dinyalakan, dan membuat kondisi motor tetap diam di kondisi berhenti di jalanan yang menanjak atau pun menurun.

Terakhir ada fitur Combi Brake System atau CBS yang memberikan kemudahan dalam proses pengereman, sebab fitur ini akan seimbangkan pengereman di kedua ban.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125 eSP

Khususnya untuk produk motor matic terbarunya ini Honda memang sengaja merancangnya menyerupai desain atau model kakaknya yang berkapasitas mesin lebih besar, yakni Honda Vario 150 eSP.

Dengan body bongsor, Honda Vario 125 eSP memiliki garis menajam dan menggunakan velg agresif 10 spoke. Ditambahkan lagi dengan penggunaan dual Keen Eyes Headlight sehingga membuatnya berhasil memiliki aura yang mewah.

Adapun pilihan warna untuk matic satu ini cukup beragam, ada Vigor Black, Titanium Black, Bionic Red, dan Sonic White Red.

Salah satu kelebihan utama Honda Vario 125 eSP dibanding kompetitornya, bagasinya ternyata lebih luas, yakni mencapai 18 liter. Lalu untuk bagian mesinnya sendiri Vario 125 eSP menggunakan kapasitas 124.8 cc yang mampu memuntahkan torsi hingga 10.8 nm pada putaran 5500 rpm.

Selain itu, Honda juga membekalinya dengan teknologi Idling Stop System yang berfungsi menon-aktifkan mesin ketika motor berhenti lebih dari 3 detik.

Tujuannya, agar bahan bakar tidak terbuang secara sia-sia. Vario 125 eSP memang dikenal sebagai motor matic dengan banyak fitur canggih, salah satunya adalah lampu depan LED yang hemat daya.

Kemudian ada pula ACG Starter yang sanggup membuat mesin tetap aktif tanpa berisik.

Jika diteliti lebih jauh lagi dari sektor keselamatannya, matic ini sudah menggunakan Combi Brake System atau CBS, sehingga membuatnya sanggup membuat pengereman jadi lebih optimal dengan cara menekan satu tuas rem di sebelah kiri saja, sehingga rem depan dan belakang akan bekerja secara bersamaan.

Sayangnya, dengan berbagai kelebihan tersebut ternyata membuat motor matic Honda ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni Rp 18.1 juta rupiah untuk varian tanpa fitur ISS dan Rp 18.7 juta rupiah untuk varian terlengkap.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Yamaha Soul GT, harga yang ditawarkan Honda untuk motor matic-nya tersebut tergolong mahal.

Spesifikasi Honda Vario 125 eSP

Setelah membaca review, fitur unggulan hingga kelebihan dan kekurangan Vario 125, sekarang waktunya kita bagikan informasi lengkap tentang spesifikasi motor matik terbaik yang satu ini.

Mesin
Tipe Mesin4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah52,4 x 57,9 mm
Tipe TranmisiOtomatic , V – Matic
Daya Maksimum8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm
Tipe StarterElektrik
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
Frame
Tipe RangkaUnderbone
Tipe Suspensi DepanTelescopic
Tipe Suspensi BelakangSwing Arm dengan suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan80/90 – 14M/C 40P Tubeless
Ukuran Ban Belakang90/90 – 14M/C 46P Tubeless
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1919 x 679 x 1062 mm
Tinggi Tempat Duduk769 mm
Jarak Sumbu Roda1.280 mm
Jarak Terendah Ke Tanah132 mm
Curb Weight111 kg
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar5,5 liter
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 liter pada Penggantian Periodik
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau AkiMF 12V-5 Ah
Sistem PengapianFull transisterized
Tipe BusiNGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9
Lampu DepanLED 2,2W x 2 (low), 4,4W x 2 (high)

Varian Warna Honda Vario 125 eSP

Melihat antusias masyarakat Indonesia akan motor Honda Vario 125 eSP yang satu ini, perusahaan asal Jepang ini menghadirkan 5 varian warna keren yang dapat anda pilih sesuai selera.

1. Advance Matte Blue CBS-ISS Type

Varian pertama yang digadangkan oleh Honda sebagai salah satu varian cukup langka yaitu Advance Matte Blue CBS-ISS Type.

Varian yang satu ini hanya tersedia di tipe CBS-ISS. Bisa dikatakan limited edition karena tidak ada di semua tipe.

Matte Blue di dominasi dengan warna biru sebagai dasarnya dengan kombinasi warna hitam yang mewarnai beberapa komponen didalamnya.

Warna hitam digunakan untuk dashboard, velg, jok dan knalpot.

Bagi anda yang suka simpel, varian warna yang satu ini sangat cocok untuk anda miliki.

Advance Matte Blue CBS ISS Type

Advance Matte Blue CBS ISS Type

2. Advance Matte Black CBS-ISS Type

Varian warna selanjutnya sama seperti yang sudah kita singgung diawal. Yaps, Advance Matte Black hadir sebagai varian warna best seller.

Sebagian orang memilih varian ini agar tidak terlihat mudah kotor.

Ungkapan ini dikatakan oleh banyak pengguna Motor Hoinda Vario 125.

Varian warna untuk motor ini menggunakan matte black sebagai warna utamanya.

Tak heran jika disemua komponen motor Honda Vario 125 eSP menggunakan warna hitam.

Advance Matte bLACK CBS ISS Type

Advance Matte bLACK CBS ISS Type

3. Advance Matte Brown

Varian warna terakhir untuk motor Honda Vario 125 tipe CBS-ISS adalah Advance Matte Brown.

Sama seperti varian warna sebelumnya, motor ini menggunakan warna utama matte cokelat dengan kombinasi warna hitam sebagai aksen untuk beberapa bagian motor ini.

Bagi anda yang ingin terlihat elegan, varian warna ini sangat direkomendasikan.

Advance Matte Brown CBS ISS Type

Advance Matte Brown CBS ISS Type

4. Advance Black Metallic CBS Type

Varian warna yang satu ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Jika sebelumnya warna yang digunakan berjenis matte, berbeda halnya dengan varian warna yang satu ini karena lebih kilat dan glossy.

Motor dengan varian warna ini menggunakan warna hitam yang sangat dominan dengan aksen stiker berwarna merah yang menjadikan motor ini sebagai jagoan jalanan.

Advance Black Metallic CBS Type

Advance Black Metallic CBS Type

5. Advance Red

Varian warna Advance Red hanya tersedia untuk motor Honda Vario 125 eSP dengan tipe CBS.

Menggunakan warna merah sebagai warna dasar dengan kombinasi warna hitam untuk dibalut ke beberapa bagian yang ada di motor.

Kombinasi 2 warna ini memberikan kesan sporty, anggun dan mewah bagi siapa saja yang membawanya.

Varian Warna Honda Vario 125 eSP - Advance Red CBS Type

Advance Red CBS Type

Harga Honda Vario 125 eSP Terbaru

Terdapat perbedaan harga yang harus anda ketahui ketika harus membeli Honda Vario 125.

Perbedaan harga tersebut mengacu ke tipe dan jenis motor Honda yang akan dibeli. Berikut adalah tabel harga honda vario terbaru saat ini.

TipeHarga
Vario 125 CBSRp. 20.146.000
Vario 125 CBS-ISSRp. 20.935.000
Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita seputar Motor Honda Vario 125 eSP, nantikan informasi menarik lainnya hanya di Motomobi ya.

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *