Menu

Honda Vario eSP

Diperbarui: 19 Oktober 2019 oleh MotoMobi

Kehadiran Honda Vario eSP sepertinya jadi warna baru di dunia skutik Indonesia.

Bagaimana tidak, Vario eSP tersebut menjadi andalan Honda di kelas skutik. Alasannya, selain membawa mesin yang mumpuni, fitur unggulan, juga desain sporty yang edgy, Honda Vario eSP pastinya cocok untuk digunakan semua kalangan.

Apabila Yamaha selalu mengandalkan Mio untuk pasar skutik matic-nya, Honda ternyata mengandalkan Vario sebagai penantang yang siap menggeser posisi Mio di pasaran.

Di beberapa waktu lalu, skutik matic memang tengah dikuasai Yamaha dengan Mio-nya.

Tapi untuk kali ini Honda sepertinya tidak mau kalah dengan Vario-nya yang tentu saja tidak bisa dianggap remeh.

Ditawarkan dengan harga lebih ramah di kantong, Vario eSP ini pastinya tidak akan membuat siapa pun kesulitan untuk memilikinya.

Mau tahu apa saja yang ditawarkan skutik buatan pabrikan asal Jepang tersebut? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Review Motor Matik Honda Vario eSP

Jika dilihat dari sisi luarannya, Honda sepertinya tidak main-main dalam memproduksi skutik terbarunya tersebut.

Nuansa baru dengan Dual Keen Eyes LED plus Striping yang dibuat lebih elegan akan terlihat pada Vario eSP.

Hal demikian menjadi satu bukti kalau Honda benar-benar menciptakan produk skutik yang bagus dan handal juga siap menjadi penantang berat kompetitornya, Yamaha dengan Mio-nya.

Lalu pada bagian Speedometer-nya sendiri, Honda telah melengkapinya dengan dua buah Cluster di atas dan bagian bawahnya.

Kemudian untuk Fuel Meter ternyata ada pada Cluster kecil yang diletakkan di bagian bawah Cluster utama dengan berbentuk kotak.

Tidak lupa, untuk memperindah penampilan desain panel Dashboard pada skutik ini ditutup menggunakan cover Speedometer yang beraksenkan Silver.

Vario eSP juga memiliki dimensi berukuran 1888 x 679 x 1091 mm dengan bobot 96 kg.

Sementara itu untuk urusan mesinnya sendiri, meskipun kubikasinya masih sama dengan pendahulunya, tetapi Vario eSP tetap memiliki sejumlah pembaharuan, salah satunya adalah dengan dibekalinya teknologi eSP.

Tidak hanya itu, Honda juga sudah membekalinya dengan mesin CVT empat langkah SOHC yang berpending cairan dengan kapasitas 108.2 cc (110 cc).

Penggunaan mesin transmisi otomatis yang disematkan di dalamnya berguna untuk membuat penggerakan mesinnya tetap stabil.

Kabar baiknya, mesin yang ada pada Vario eSP ini mampu memuntahkan daya hingga 8.7 ps pada putaran 7500 rpm dan dengan torsi maksimum 0.93 kgf.m pada putaran 6000 rpm.

Fitur Unggulan Honda Vario eSP

Salah satu aspek penting yang tidak boleh diabaikan ketika memilih sebuah motor adalah Fitur.

Fitur unggulan apa saja yang ada dalam sebuah motor. Oleh sebab itu kita akan bahas fitur terbaik yang ada di Honda Vario eSP.

1. New Sporty Cast Wheel with Tubeless Tire

Ban merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dianggap sebelah mata.

Nyatanya pemilihan ban yang tepat memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Honda Vario eSP telah dilengkapi dengan ban tubeless yang akan memberikan keaman dan kenyaman saat berkendara di berbagai macam kondisi dan situasi.

New Sporty Cast Wheel with Tubeless Tire

New Sporty Cast Wheel with Tubeless Tire

2. Side Stand Switch

Sebagian besar, kecelakaan terjadi ketika kelalaian pengendara. Sederhananya seperti standar samping yang tidak dinaikkan ketika berkendara.

Resiko terbesar ketika standar samping tidak dinaikkan ketika motor jalan dapat membuat pengguna terjatuh.

Hal tersebut yang diminimalisir oleh Honda dengan menghadirkan side stand switch dimana mesin tidak bisa dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun.

Side Stand Switch Honda Vario eSP

Side Stand Switch Honda Vario eSP

 

3. ACG Starter

Teknologi canggih yang memberikan sensasi kepuasan menghidupkan mesin tanpa suara.

Teknologi seperti tidak banyak digunakan oleh motor matik.

Hanya sebagian kecil motor matik yang menggunakan teknologi ACG Starter ini dan untungnya Honda Vario eSP masuk ke dalam bagian tersebut.

ACG Starter

ACG Starter

 

4. Bigger U-Box

Honda Vario eSP hadir dengan kapasitas bagasi besar hingga 13L, lebih luas untuk membawa lebih banyak barang bawaan anda.

Tak perlu khawatir hujan ataupun panas, anda bisa simpan barang penting ke dalam jok bagasi anda dengan mudah dan nyaman.

Bigger U Box

Bigger U Box

 

5. Functional Hook

Pengait dengan desain fungsional yang dapat dilipat. Lebih praktis dan mudah digunakan.

Terlihat sepele, tetapi tahukah anda banyak barang bawaan pengendara yang terjatuh karena pengait barang yang tidak aman.

Functional Hook Honda Vario eSP

Functional Hook Honda Vario eSP

6. Integrated Key Shutter with Seat Opener

Kombinasi kunci kontak berpengaman magnet dengan tombol pembuka tempat duduk

Integrated Key Shutter with Seat Opener

Integrated Key Shutter with Seat Opener

7. Brake Lock

Rem tangan yang mencegah motor loncat saat menghidupkan mesin

Brake Lock

Brake Lock

 

8. Combi Brake System

Pengereman lebih mudah dan nyaman. Fitur canggih yang memudahkan keseimbangan pengereman roda belakang dan depan, lebih praktis serta nyaman di semua kondisi

Combi Brake System Honda Vario eSP

Combi Brake System Honda Vario eSP

 

9. Idling Stop System

Fitur premium yang otomatis mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan mesin menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini bantu mencegah bahan bakar terbuang percuma, lebih irit dan ramah lingkungan. Performa mesin dan aki tetap otomatis. (Khusus tipe CBS – ISS)

Idling Stop System Honda Vario eSP

Idling Stop System Honda Vario eSP

 

10. Dual Keen Eyes LED HeadLight

Lebih berkelas, lebih terang, tahan lama serta bebas perawatan

Dual Keen Eyes LED HeadLight

Dual Keen Eyes LED HeadLight

11. Answer Back System

Sebuah tombol remote untuk memidahkan mencari posisi motor di tempat parkir. *Khusus tipe CBS-ISS

Answer Back System

Answer Back System

 

Fitur unggulan yang disematkan Honda pada Vario eSP tidak lain untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi pengendara.

Nah, salah satu fitur unggulan tersebut adalah penggunaan ban tubeless di bagian depan dan belakang.

Ada fitur Dual Keen Eyes LED Headlights, fitur ini nanti akan memberikan penerangan yang jauh lebih baik dan tahan lama.

Fitur Answer Back System juga tidak luput pada Honda Vario eSP tersebut. Fitur ini berguna untuk memudahkan pengendara saat mencari kendaraannya di lokasi parkir.

Kemudian ada Combi Brake System atau CBS, fungsinya tidak lain untuk memberi keseimbangan yang berarti pada saat proses pengereman roda depan dan belakang, juga membuatnya lebih praktis serta nyaman di semua kondisi.

Fitur canggih Vario eSP lain yang tidak kalah menariknya adalah Side Stand Switch, Parking Brake Lock, dan Magnetic Key Shutter atau pengamanan kunci yang bermagnet efektif.

Selain itu Anda juga akan menjumpai fitur Idling Stop Sytem atau ISS, fitur tersebut nanti akan menon-aktifkan mesin motor secara otomatis saat motor dalam keadaan berhenti dalam beberapa detik.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario eSP

Selain menawarkan tampilan yang lebih modern dengan desain sporty yang edgy, Honda Vario eSP ini ternyata juga menawarkan beberapa kelebihan, salah satunya adalah karena motor tersebut diklaim lebih gesit dan lincah.

Selain itu, untuk memberikan penerangan yang maksimal apalagi buat pengendara yang sering bermanuver saat malam hari Honda telah membekali Vario eSP miliknya tersebut dengan lampu berteknologi LED.

Adapun kelebihan lainnya, yakni penggunaan fitur Combi Brake System yang berfungsi untuk memberikan kinerja pengereman yang maksimal, dan Idling Stop System yang berfungsi pada penghematan konsumsi bahan bakarnya.

Menariknya, Vario eSP ternyata sudah menggunakan ban dengan ukuran yang ideal, 80/90 – 14 m/c 40p untuk bagian depan dan 90/90 – 1 m/c 46p untuk bagian belakang.

Penggunaan ukuran ban tersebut tentu saja semakin meningkatkan berkendara di berbagai kondisi jalan.

Tapi sayangnya, Honda Vario eSP ternyata juga tidak luput dari kekurangan.

Misalnya saja pada penggunaan Shockbeker belakang yang cukup keras sehingga kurang nyaman bagi pengendara, apalagi ketika harus melakukan perjalanan jauh dalam waktu lama.

Kekurangan lainnya yang patut dipertimbangkan pada saat Anda akan membeli motor skutik terbaru Honda tersebut adalah dari segi harga yang terbilang cukup mahal, jika dibandingkan dengan jenis skutik matic bermesin 110 cc lain.

Perbedaan Honda Vario eSP vs Honda Vario 125 eSP vs Honda Vario 150 eSP

Misalnya saja untuk Honda Vario eSP yang merupakan varian paling murah jika dibandingkan dengan Vario 125 eSP maupun Vario 150 eSP.

Alasannya adalah karena unit mesin yang dibawanya memiliki kapasitas lebih kecil, yakni 110 cc dan body compact berdesain sporty yang edgy untuk menunjang mobilitas dalam kota.

Selain itu, kubikasi jantung mekanisnya pun lebih kecil guna memastikan motor agar tetap hemat konsumsi bahan bakar meksipun digunakan bermanuver di jalanan yang padat.

Honda Vario eSP ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan.

Salah satunya adalah Combi Brake System atau CBS yang akan sanggup melakukan pengereman dengan optimal, sebab sudah terintegrasi dengan rem depan maupun belakang.

Skutik matic ini bahkan sudah dibekali dengan lampu depan LED dan integrated Key Shutter untuk memberikan kenyamanan yang maksimal saat berkendara.

Honda Vario 125 eSP adalah tipe menengah yang tidak kalah menariknya untuk dimiliki. Jika dibandingkan dengan Vario 110 eSP di atas, maka Vario 125 eSP ini sudah pasti lebih unggul dari segi kapasitas mesin yang dibawanya, 125 cc.

Tidak hanya itu, skutik matic Honda tersebut bahkan pas banget diandalkan untuk melewati berbagai medan, tak terkecuali untuk jalanan yang menanjak sekalipun.

Meskipun demikian, konsumsi bahan bakarnya masih cukup irit dengan 59.5 kpl karena dilengkapi dengan fitur ISS. Jika dibandingkan dengan Vario eSP, Vario 125 eSP ini mencapai 5.5 liter.

Efeknya pengendara jadi tidak perlu sering-sering melakukan pengisian bahan bakar. Kelebihan lain, Honda Vario 125 eSP jauh lebih agresif dan sporti dari Vario eSP bermesin 110 cc.

Terakhir ada Honda Vario 150 eSP yang merupakan varian tipe tertinggi dari skutik Honda.

Perbedaan yang paling jelas terlihat jika dibandingkan dengan Vario eSP standar, Vario 125 eSP ada pada sisi mesin yang diusungnya.

Vario 150 eSP ini membawa mesin berkapasitas cukup besar, yakni 150 cc dan sanggup melaju hingga 102 kpj.

Terkait fitur, semua yang melekat pada Vario eSP dan Vario 125 eSP sudah ada di sini.

Ditambah lagi ada fitur Answer Back System yang berfungsi untuk memudahkan pemilik menemukan motornya saat di lokasi parkir.

Spesifikasi Honda Vario eSP

Bicara soal motor tidak pernah lepas dari yang namanya spesifikasi. Oleh sebab itu, motomobi bagikan spesifikasi lengkap motor honda yang satu ini.

Mesin
Tipe Mesin4 Langkah, SOHC Pendingin Udara, eSP
Volume Langkah108,2 cc
Sistem Suplai Bahan BakarInjeksi(PGM-FI)
Diameter X Langkah50 x 55,1 mm
Tipe TranmisiOtomatis, V-Matic
Rasio Kompresi9,5 : 1
Daya Maksimum6,4 kW (8,7 PS / 7.500 rpm)
Torsi Maksimum9,1 Nm (0,93 kgf.m / 6.000 rpm)
Tipe StarterPedal & Elektrik
Tipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Frame
Tipe RangkaTulang punggung
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ukuran Ban Depan80/90 – 14 M/C 40P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang90/90 – 14 M/C 46P (Tubeless)
Rem DepanCakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
Sistem PengeremanCombi Brake System
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi1.888 x 679 x 1.091 mm
Tinggi Tempat Duduk734 mm
Jarak Sumbu Roda1.256 mm
Jarak Terendah Ke Tanah140 mm
Curb Weight96 kg
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar3,7 liter
Kapasitas Minyak Pelumas0,7 liter Pada Penggantian Periodik
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau AkiBaterai 12V – 3Ah (Tipe CBS) / Baterai 12V – 5Ah (Tipe CBS-ISS)
Sistem PengapianFull transisterized, Baterai
Tipe BusiNGK MR9C-9N / DENSO U27EPR-N9

Varian Warna Honda Vario eSP

Honda Resmi meluncurkan 4 varian warna terbaru untuk motor matik mereka yang satu ini. Yuk kepoin warna apa saja yang hadir mewarnai motor matik di Indonesia.

1. Grande White

 

Grande White

Grande White

2. Grande Red

 

Grande Red

Grande Red

3. Estilo Black

 

Estilo Black

Estilo Black

4. Advance Matte Grey

 

Advance Matte Grey

Advance Matte Grey

Harga Honda Vario eSP Terbaru

Bicara soal harga, Honda memberikan beberapa varian harga yang dibedakan antara tipe dari masing-masing motor. Adapun harga resmi honda vario yang telah resmi beredar di Indonesia adalah sebagai berikut.

TipeHarga
Vario 110 CBSRp. 17.343.000
Vario 110 CBS AdvancedRp. 17.443.000
Vario 110 CBS – ISSRp. 18.143.000
Vario 110 CBS – ISS AdvancedRp. 18.243.000
Harga Motor Honda Lainnya

Demikian ulasan kita seputar Honda Vario 110 eSP, nantikan informasi menarik lainnya hanya di MotoMobi.id yaa

Share This Post
Kategori:
Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *