Menu

Penyebab Motor Brebet

Diperbarui: 15 November 2019 oleh MotoMobi

Bagi anda yang pecinta motor, ketahuilah penyebab motor brebet yang dapat merusak motor tersebut.

Motor saat ini memang sangatlah populer digunakan, semua itu karena motor dianggap cukup praktis dengan harga yang masih terjangkau. Sehingga alternatif bepergian sehari-hari baik itu jarak dekat ataupun jauh kebanyakan orang memilih menaiki motor.

Namun kendala yang paling sering terjadi adalah motor mendadak brebet dan tentu saja mengganggu. Untuk itu perlulah dicari tahu terlebih dahulu penyebab motor brebet serta bagaimana cara merawat agar motor tidak brebet.

Penyebab Motor Brebet

Penyebab Motor Brebet

Penyebab Motor Brebet

Kendala yang paling sering dirasakan oleh pengendara motor adalah motor brebet yang tentu saja akan menghambat perjalanan. Apa lagi jika daerah motor mengalami kendala jauh dari bengkel tentunya akan sangat mengkhawatirkan. Sebenarnya apa saja yang menyebabkan motor brebet.

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab motor brebet yang harus diketahui pengendara motor:

1. Kemungkinan Bahan Bakar Tidak Cocok

Setiap motor memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dimana kekurangan dari setiap motor haruslah diketahui oleh pengendara motor.

Termasuk jika motor tertentu tidak cocok dengan bahan bakar tertentu juga, semua itu karena pabrik produksi motor memiliki standar yang berbeda-beda.

Sehingga setiap motor memiliki performa dan mesin yang berbeda juga cara kerjanya jika menggunakan bahan bakar tertentu.

Untuk itu bacalah buku panduan saat pembelian motor sehingga segala macam mengenai motor telah dipahami. Penyebab motor brebet ini termasuk yang paling umum dan paling diketahui pengendara. Namun kebanyakan memilih mengabaikannya dan berakhir dengan motor yang perlahan rusak hingga parah.

Pengendara lebih memilih bahan bakar dengan harga murah bahkan dibeli tidak pada tempatnya padahal itulah penyebab motor sering brebet.

2. Filter Udara Rusak Atau Tersumbat Kotoran

Filter Udara Rusak Atau Tersumbat Kotoran

Filter Udara Rusak Atau Tersumbat Kotoran

Tentu semua tahu bahwa filter udara memiliki fungsi untuk membuat ruang bahan bakar aman dari kotoran ataupun debu dengan menyaring setiap debu yang masuk.

Apa yang dilakukan filter udara akan membuat proses pembakaran mesin kendaraan terlaksana dengan sempurna dan motor akan berfungsi dengan semestinya. Namun terkadang banyak pengendara meremehkan dan sangat jarang memeriksa keadaan filter udara.

Padahal filter ini sering sekali mengalami penyumbatan serta kerusakan yang akhirnya mengakibatkan tarikan gas motor menjadi berat.

Permasalahan pada filter udara inilah yang membuat motor menjadi brebet bahkan kerusakan parah juga mengakibatkan motor akhirnya mati total.

Untuk itu sering-seringlah melakukan pengecekan serta jika ditemukan kerusakan ada baiknya diganti.

3. Busi Rusak Atau Kotor

Busi Rusak Atau Kotor

Busi Rusak Atau Kotor

Selain filter udara ada juga busi yang bertugas mengatur sistem pengapian pada motor yang bertugas memberikan sumber api yang berguna untuk pembakaran pada ruang mesin.

Penyebab motor brebet yang cukup sering terjadi adalah karena keadaan busi yang tidak terlalu baik, mulai dari kotor, renggang bahkan rusak. Renggang pada busi tidak boleh lebih dari 1 mm jika lebih ada baiknya mengganti busi.

Sehingga proses pengapian mesin motor tidak mengalami kendala dan mesin akan berfungsi sebagai mana mestinya. Untuk itu rajin-rajinlah mengecek keadaan busi sebelum menggunakan motor.

4. Setelan Klep Atau Valve Bermasalah

Setelan Klep Atau Valve Bermasalah

Setelan Klep Atau Valve Bermasalah

Motor memang memiliki cukup banyak komponen di dalamnya dan harus dipahami oleh setiap pengendara untuk menghindari permasalahan motor. Termasuk komponen yang memiliki pengaruh cukup besar yaitu setelah Klep atau Valve pada motor.

Komponen ini tidak boleh terlalu rapat namun juga tidak boleh terlalu longgar, harus benar-benar pas. Semua itu karena akan mengakibatkan proses pencampuran antara udara, bahan bakar dan pengapian tidak berjalan baik.

Permasalahan ini adalah yang cukup serius sehingga jika terlihat kendala ini ada baiknya motor harus langsung diperbaiki pada bengkel. Jika dibiarkan kerusakan ini akan menjalar dan berujung kerusakan pada komponen motor lainnya.

5. Putaran Stasioner Bermasalah

Banyak yang meremehkan putaran stasioner yang bermasalah padahal nyatanya komponen motor ini sangat mempengaruhi proses tarikan gas motor. Sehingga jika mengalami kendala pada putaran stasioner akan membuat tidak stabilnya tarikan gas.

Penyebab motor brebet ini tentu saja dapat diatasi yaitu dengan lebih peka jika putaran stasioner terasa mulai tidak sesuai. Sehingga nantinya dapat dibawa ke bengkel untuk diatur ulang.

Namun kenyataannya karena tidak terlalu fatal akhirnya pengendara lebih memilih mengabaikan putaran stasioner yang bermasalah.

Nyatanya jika dibiarkan terlalu lama bukan hanya mengakibatkan motor brebet namun juga dapat mengakibatkan kecelakaan.

6. Salah satu Penyebab Motor Brebet : Ada Air Masuk Tangki Bahan Bakar

Ada Air Masuk Tangki Bahan Bakar

Ada Air Masuk Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar yang merupakan tempat menampung bahan bakar kendaraan ini sangatlah riskan kemasukan air. Penyebabnya dapat karena hujan atau ketumpahan air yang mengakibatkan bahan bakar akan tercampur dengan air.

Hal itu akan mengakibatkan bahan bakar menjadi sedikit saat masuk dalam ruang pembakaran. Sehingga tentu saja motor akan menjadi brebet. Sering-seringlah membersihkan tangki bahan bakar agar tidak mengalami kendala ini.

7. Penyebab Motor Brebet : Sensor Injeksi Terkendala Atau Rusak

Berikutnya penyebab motor brebet adalah karena sensor injeksi yang bertugas menyemprotkan bahan bakar menuju ruang pembakaran mengalami kendala. Kendala ataupun kerusakan ini akan menyebabkan proses pembakaran bahan bakar menjadi tidak sempurna.

Penyebab kerusakan yang paling sering pada injeksi ini karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan panduan pabrik.

Maka dari itu seperti yang dijelaskan di atas bahwa pemilihan bahan bakar sangatlah penting sehingga motor tidak akan mengalami kendala. Selain itu jangan lupa memeriksa lubang injeksi dan membersihkannya. Sehingga kendala motor tidak akan terjadi dan motor akan selalu dalam keadaan prima.

8. Fuel Pump dalam Keadaan Kotor

Komponen motor berikutnya yang jika bermasalah akan mengakibatkan motor brebet adalah Fuel Pump yang memiliki fungsi memompa bahan bakar menuju ruang pembakaran.

Sehingga kebersihannya harus benar-benar dijaga jika tidak akan mengakibatkan tekanan bensin tidak stabil dan motor menjadi terkendala. Untuk itu sering-seringlah memeriksa keadaan Fuel Pump agar sesuai.

Jangan sampai Fuel Pum dalam keadaan kotor dan ada baiknya jika merasa tidak bisa membersihkannya lebih baik dibawa saja ke bengkel.

Semua itu karena kerusakan mesin dan komponen motor menjadi semakin parah karena ditangani bukan oleh ahlinya.

9. Filter Bensin Bermasalah

Selain filter udara ada satu komponen motor lagi yang berfungsi menyaring kotoran yang masuk pada motor dari tangki sehingga tidak masuk kedalam bak karbulator.

Sehingga harus dicek apakah filter bensin masih layak pakai dan jika sudah tidak layak ada baiknya diganti. Namun ingat jangan mengganti filter bensin dengan yang tidak sesuai pada panduan.

Semua itu karena setiap pabrik memang telah memiliki aturan untuk membuat keadaan motor tetap baik sehingga harus diikuti.

Cara Merawat Motor Agar Baik Dan Tidak Brebet

Perawatan motor memang sangatlah perlu untuk menghindari kendala motor karena penyebab motor brebet adalah keadaan komponen yang tidak baik. Untuk itu lakukanlah penggantian oli setidaknya 2 bulan sekali sehingga mesin motor akan dingin dan bekerja dengan baik.

Lalu rajinlah untuk mengecek aki motor dan pastikan air aki tidak berkurang sehingga motor tidak bermasalah.

Terakhir dan yang paling penting adalah dengan melakukan servis rutin motor sehingga performanya tetap baik. Pilihlah bengkel resmi untuk servis sehingga kendala motor akan jauh lebih terkendala dan permasalahan teratasi.

 

Share This Post
Kategori:
Tips Otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *